5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

Reli Dakar jadi salah satu event yang paling ditunggu oleh hampir semua kalangan, termasuk traveler! Kenapa begitu? Nih ada lima hal menariknya bro di bahasan kali ini!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

 

Sudah ada yang pernah mencoba balapan mobil versi Rally Dakar? Reli adalah salah satu balapan mobil yang mempunyai aturan cukup berbeda dari kompetisi balapan lainnya. Menjunjung tinggi enduranceRally Dakar punya tantangan besar tersendiri.

 

Reli Dakar cukup berbeda dari reli-reli yang sempat diselenggarakan di Indonesia atau negara lainnya. Pada umumnya, balapan reli adalah balapan yang mengharuskan mobil-mobil sport melintasi trek yang sangat panjang.

 

 

Tantangannya bukan hanya di trek yang panjang saja bro, tapi apapun yang ada di dalam trek tersebut. Misalnya, trek tanah basah yang licin, kubangan lumpur – sampai melintasi sungai yang deras. Oleh karena itu, balapan reli bukan balapan kaleng-kaleng.

 

Terlebih reli Dakar nih bro. Reli Dakar adalah salah satu event atau kompetisi balapan yang ditunggu banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan oleh derajat balapan yang satu ini cukup tinggi. Prestise adalah salah satu alasannya.

 

Tapi terlepas dari hal tersebut – apakah lo sudah tahu beberapa hal menarik dari Reli Dakar? Kalau belum tahu, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Sempat Dibatalkan Pada Tahun 2008

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah! credit: ngbrakedisc.com

Percaya atau tidak – balapan yang sudah berlangsung cukup lama ini dan mesti diselenggarakan pada tahun-tahunnya, pada tahun 2008 silam; Deli Dakar sempat dibatalkan karena alasan keselamatan para driver dan navigator yang berkompetisi.

 

Saking berbahayanya hal tersebut – mau tidak mau, seluruh kelas balap di Reli Dakar 2008 kemarin semuanya tidak ada yang dijalankan. Alhasil pada tahun tersebut tidak ada juara yang keluar dari tiap kelas balapannya.

 

Diketahui pembatalan balapan tersebut dikarenakan oleh serangan serius yang kerap terjadi pada tahun tersebut. Hal ini benar-benar membahayakan para pembalap. Kondisi politik yang panas pada saat itu membuat Reli Dakar akhirnya dibatalkan.

 

Rute Menantang Untuk 2020 Ini!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah! credit: ecdhr.org

Nah untuk tahun 2020 ini – trek yang sudah ditentukan untuk para pembalap Reli Dakar cukup menantang. Berada di Timur Tengah, tepatnya di tanah Saudi Arabia – balapan tersebut dimulai dari Jeddah dan titik pertama ada di Al Wajh. Lalu lanjut ke Neom, Al Ula, Ha’il, Riyadh dan melewati kurang lebih 5 titik selanjutnya sebelum selesai di Qiddiya.

 

Sudah dipastikan kalau trek yang akan dilalui para pembalap didominasi oleh padang pasir. Oleh karena itu, salah satu resiko atau tantangan yang kerap terjadi pada trek padang pasir tersebut adalah badai pasir.

 

Badai pasir adalah sebuah badai yang terdiri dari angin super kencang yang bisa menggulung pasir sedemikian rupa. Bahkan, efek dari badai pasir ini kerap membingungkan para pembalap karena trek bisa saja berubah. Sebuah bukit pasir bisa berpindah lho bro karena terjadinya badai pasir.

 

Mengusung Tema Balapan yang Ramah Lingkungan

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah! credit: bangkokpost.com

Walau Reli Dakar adalah salah satu balapan yang cukup menantang bagi siapapun terutama para pembalap sendiri serta navigator-nya – konsep balapan reli kali ini adalah ramah lingkungan. Penentuan trek itu sendiri juga mengikut sertakan warga lokal.

 

Hal ini terkait dengan Reli Dakar yang menjadi perhatian para traveler di dunia yang suka dengan balapan penuh tantangan. Mereka pasti mendatangi balapan ini untuk menonton. Hal tersebut terlihat menjadi sebuah potensi tersendiri untuk memajukan ekonomi wilayah yang dilewati oleh Reli Dakar.

 

Jadi dengan alasan tersebut serta konsep balapan yang seperti itu – Reli Dakar termasuk ke kompetisi yang beristilahkan an eco-responsible event sehingga hal ini semakin membuat Reli Dakar disenangi banyak kalangan, terutama traveler.

 

Walau Berbahaya, Keamanan Tetap yang Utama

Menjadi salah satu aksi ekstrem petualangan yang cukup punya resiko keselamatan yang tinggi, Reli Dakar tetap menjunjung tinggi keamanan untuk jadi yang utama. Segala skenario sudah diperhitungkan oleh pihak penyelenggara.

 

Keamanan yang dimaksud adalah untuk semua kalangan yang ada di Reli Dakar tersebut, mulai dari para pembalap serta navigator nya, seluruh anggota tim sampai ke para penonton yang ingin mengetahui bagaimana Reli Dakar berlangsung.

 

Oleh karena itu, tentu untuk datang ke Reli Dakar dan menontong langsung balapan tersebut. Ada beberapa hal yang mesti lo ketahui dan ditaati. Beberapa peraturan juga dijunjung tinggi demi keselamatan bersama.

 

Reli Dakar Juga Ada Kelas Untuk Motor!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah!

5 Hal Menarik dari Rally Dakar: Balapan Paling Menantang Dari Timur Tengah! credit: bikersnote.co.id

Kalau sementara ini lo hanya tahu jika Reli Dakar ada karena balapan mobil saja – kurang tepat nih bro, Reli Dakar juga mempunyai kelas balapan untuk motor. Motor yang digunakan juga tidak tanggung-tanggung. Rata-rata ber-cc besar serta endurance yang sangat tinggi.

 

Sebut saja seperti motor-motor keluaran Ducati, KTM, BMW, Triumph, Royal Enfield dengan spek endurance yang luar biasa siap berlaga untuk trek yang sudah ditentukan oleh penyelenggara Reli Dakar. Balapan ini juga jadi salah satu ajang pembuktian para produsen kendaraan kalau produknya bisa menaklukan segala tantangan yang ada di Reli Dakar.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari segala hal menarik di atas yang sudah disebutkan dan dijelaskan – apakah ada yang mau lo tambahkan bro?

 

Source – Dakar.com

Feature Image – rallystar.net

Extreme Action Extreme solo traveling solo backpacker

16 COMMENTS

SHARE
dephy
balaapan yang raman lingkungan karena di alam langsung
SRI YAYA ASTUTI
kecepatan alam dan tantangan
Agung Sutrisno
Aksi ekstrem petualangan yang cukup punya resiko keselamatan yang tinggi, Reli Dakar tetap menjunjung tinggi keamanan untuk jadi yang utama.
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Rally Yang benar-benar Rally.
Iksan
ini baru rally mantap
Cecep Jajang
Kalau ajah d Indonesia ada,pasti seru
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Agus Sungkawa
Relly Dakar hrus mempunyai sklil yg mumpuni
AMBO SOLLE
Keren gila