6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

Usai naik motor dan melepas helm di kepala, sejumlah pelancong terkadang mendapati rambut mereka lepek. Adakah cara terbaik untuk mengatasi risiko rambut lepek saat berkendara dengan motor? Cek jawabannya di bawah ya bro!

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

Sebagian besar masyarakat Indonesia sering bepergian dengan motor. Kendaraan ini disebut-sebut mampu meminimalisir risiko macet karena ukurannya lebih kecil dibandingkan mobil.  Ada yang menggunakannya untuk mempercepat waktu sampai, ada pula yang memakainya untuk traveling ke tempat jauh.

 

Usai naik motor dan melepas helm di kepala, sejumlah pelancong terkadang mendapati rambut mereka lepek. Adakah cara terbaik untuk mengatasi risiko rambut lepek saat berkendara dengan motor? Berikut adalah 6 tipsnya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Menggunakan Ikat Rambut dan Jaket

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor. Photo Credit: youtube.com/TheLonghairs 

Poin satu ini wajib diperhatikan pengendara motor yang punya rambut panjang. Dengan ikat rambut, lo bisa menata rambut secara lebih mudah selama perjalanan berlangsung. Traveler pun dapat fokus berkendara tanpa terganggu kehadiran rambut kusut. Setuju ‘kan?

 

Selain itu, pengendara motor juga dianjurkan memakai jaket setelah mengikat rambut. Hal ini ditujukan supaya rambut lo yang sudah terikat tidak kembali berantakan akibat tertiup angin. Penampilan lo pun bisa tetap terjaga hingga sampai ke tempat tujuan.

 

Jadi ikatlah rambut lo terlebih dahulu sebelum memulai keberangkatan. Jangan sampai kondisi rambut kusut menganggu konsentrasi lo selama berkendara karena ini berakibat fatal. Pokoknya tetap utamakan keselamatan ya bro!

 

 

2. Menyiapkan Sisir sebelum Berangkat

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor. Photo Credit: needpix.com 

Barang lainnya yang tak boleh dilupakan traveler pengguna motor adalah sisir. Meski ukurannya kecil, benda ini dapat memengaruhi penampilan lo selama berkendara. Pelancong bakal membutuhkannya untuk merapikan kondisi rambut yang mungkin berantakan di tengah perjalanan.

 

Jika hendak menyisir rambut, pengguna motor sebaiknya memerhatikan situasi dan kondisi demi alasan keamanan. Hindari aktivitas ini selama lo masih berada di tengah perjalanan. Jadi, cobalah menepi ke tempat aman terlebih dahulu untuk kemudian mengaca di hadapan kaca spion.

 

Gunakanlah sisir untuk menata rambut lo sesuai keinginan pribadi. Keberadaan alat ini akan membantu pengguna motor tampil rapi di sepanjang perjalanan. Jangan lupa mempersiapkannya sebelum pergi ya bro!

 

3. Sering Keramas dan Memakai Conditioner

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor. Photo Credit: mensjournal.com 

Saat touring dengan motor, pelancong bakal menempuh perjalanan dengan kondisi cuaca beragam. Kondisi cuaca yang panas biasanya mudah membuat rambut lepek. Rambut lo juga bakal kotor akibat terkena debu atau kotoran yang bertebaran di sepanjang jalan.

 

Hampir semua orang tentu tahu bahwa shampoo dan conditioner berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Nah, dua barang ini juga baiknya rutin dipakai traveler yang sering bepergian dengan motor. Keduanya bakal menjaga kebersihan dan kelembaban rambut lo setiap hari deh.

 

Jadi, pesan penting yang perlu diingat pengendara motor adalah jangan malas berkeramas. Rajinlah menggosok rambut lo dengan keramas dan conditioner agar kebersihannya tetap terjaga. Pemakaian dua alat ini juga bakal menjaga kelembaban rambut lo di setiap waktu.

 

4. Memakai Pelindung Rambut

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor. Photo Credit: istockphoto.com 

Bandana tidak hanya cocok dikenakan perempuan saja, bro. Pria juga bisa menggunakannya dalam banyak kegiatan dan situasi tertentu. Salah satu contohnya adalah ketika bepergian dengan motor ke tempat jauh.    

 

Pemakaian bandana bakal melindungi bagian atas rambut lo selama berkendara. Pelancong bisa mengurangi risiko rambut lepek sehingga perjalanan terasa lebih nyaman. Dengan menggunakan bandana, lo juga bakal menghindari kontak langsung antara rambut dan helm.

 

Setiap orang lahir dengan jenis rambut berbeda. Jika memiliki tipe rambut berminyak, lo dianjurkan mengenakan bandana yang tidak terlalu tebal. Hal ini dimaksudkan supaya lo tetap merasa nyaman saat menatap jalan di depan. Oke bro?

 

5. Memilih Helm dengan Kualitas Ventilasi Baik

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor

6 Tips Jitu Hindari Rambut Lepek Saat Berkendara dengan Motor. Photo Credit: gearpatrol.com 

Salah satu komponen pengaman yang wajib disediakan pengendara motor adalah helm. Sebelum berangkat, ceklah kondisi helm yang bakal dikenakan. Periksa apakah helm tersebut mempunyai ventilasi yang baik atau tidak.

 

Setiap pengendara motor hendaknya memakai helm dengan ventilasi baik. Tujuannya agar lo bisa menghirup udara dengan mudah selama berkendara. Konsentrasi lo pun tidak terganggu selama perjalanan berlangsung.

 

Harga helm yang disertai ventilasi memang biasanya lebih mahal dari helm pada umumnya. Meski begitu, lo tak akan merasa rugi membelinya karena helm ini bakal menjaga penampilan selama berkendara. Traveler pun bisa menyusuri jalan dengan perasaan percaya diri.

 

 

6. Menggunakan Serum Rambut

Siapapun takkan menikmati kondisi rambut yang mudah lepek. Saat mengalami hal ini, produksi minyak diketahui meningkat. Oleh sebab itu, para pelancong dianjurkan memakai serum atau spray rambut sebelum mengenakan helm dan menempuh perjalanan panjang.

 

Lo bisa menjumpai banyak pedagang serum rambut di toko swalayan atau pusat perbelanjaan. Saat ini jumlah pilihannya sangat beragam. Traveler hendaknya memilih serum yang paling cocok dengan jenis rambut.  Semoga menemukan yang cocok ya bro!

 

Demikian 6 tips agar rambut tidak mudah lepek saat berkendara dengan motor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pelancong yang sering menempuh jalur darat dengan motor. Jangan lupa untuk mengingat enam hal di atas bila hendak berangkat ke suatu tempat jauh. Selamat jalan-jalan dan bersenang-senang ya!

 

Sourcr: msn.com

Feature Image - loversofmoto.com

Tips Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Makasih min info ny
Yuniarto ( Tato )
Bagus banget nih infonya
Kristian Mustafa
Thanks Infonya Min.
dephy
tips bagi pemerhati rambut saat motoran ini cukup membantu
ditra nugraha
bisa dicoba nih
Hengky  kik
sebagai bikers yang suka touring info ini sangat bermanfaat
Hari Tristiyanto
Over known tq
Hilman rusdiyanto
Info bagus
faris
thanks info nya
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat buat saya yg slu menggunakan motor saat berpergian