Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

Buat lo yang bosan dengan zona nyaman dan butuh tantangan lebih - 4 jenis balapan offroad ini bisa lo pilih untuk memuaskan adrenalin lo nih. Kalau mau mulai, mulai dari yang jenis keempat dulu ya bro!

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

 

Balapan offroad adalah salah satu balapan yang gemari banyak kalangan, terutama untuk para millennials. Buat mereka yang bosan dengan zona nyaman, balapan offroad jadi pelampiasan untuk adrenalinnya. Tapi apakah lo sudah tahu kalau balapan offroad punya 4 kelas yang menantang?

 

Jika dilihat dengan detil, mini jurnal dari Julian ‘Jejelogy’ Johan – salah satu offroader Indonesia yang sudah go international menuliskan di sini setidaknya ada lebih dari 4 jenis balapan offroad yang menantang. Semua itu jika dirangkum adalah turunan dari kata offroad itu sendiri.

 

Namun, di bahasan kali ini – setidaknya ada 4 jenis balapan offroad yang menantang dan tentunya populer. Popularitas 4 jenis balapan offroad ini tentunya tidak lepas dari animo millennials yang suka dengan tantangan di dalam masing-masing balapan tersebut.

 

 

Selain itu, popularitas dari 4 jenis balapan offroad yang akan disebutkan di bawah ini juga tidak lepas dari berbagai pihak penyelenggara dan pengelola. Beberapa di antaranya bahkan mempunyai event dengan taraf internasional.

 

Eits, sudah semakin penasaran ya – apa saja jenis balapan offroad tersebut? Daripada semakin penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Jenis Balapan Offroad – Rally

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro! credit: fiaerc.com

Gabungan dari berbagai jenis balapan – sebenarnya, namun lebih terkenal dengan sisi offroadnya: Rally. Reli adalah salah satu balapan yang digandrungi banyak anak muda dari berbagai belahan dunia. Hal ini terkait dengan konsepnya yang benar-benar menantang.

 

Yang menjadi daya tarik tersendiri serta tantangan yang ada di dalamnya, Reli menggunakan jalan umum untuk menjadi salah satu bagian dari keseluruhan trek balapannya. Hal ini terkait dengan suka berubahnya kondisi trek di bagian-bagian tertentu.

 

Tidak hanya melintasi jalanan aspal serta beton – mobil-mobil balap reli juga mesti siap untuk menerjang jalanan tanah berdebu, jalan tanah basah yang licin, kubangan lumpur, pasir bahkan sampai tumpukan salju.

 

Belum selesai sampai di situ bro – trek balapan offroad reli juga dihiasi dengan banyaknya belokan tajam, tanjakan serta turunan yang kerap membuat seperti terbang dan lompat tinggi. Dengan keadaan seperti ini, tidak heran mobil reli perlu pengaturan khusus.

 

Selain membutuhkan kondisi mobil yang sangat tangguh, konsentrasi para pembalap serta navigator juga mesti tetap terjaga. Walau tidak sejauh reli Dakar – tapi reli di kelas ini juga tetap membutuhkan fokus yang tinggi.

 

Oh iya, Kejuaraan reli interasional yang populer adalah World Rally Championship yang sudah digelar sejak tahun 1973.

 

Jenis Balapan Offroad – Rallycross

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro! credit: otomania.gridoto.com

Apa bedanya dengan reli di atas? Perlu lo ketahui nih bro – kalau reli yang di atas, sistem balapannya adalah mobil satu per satu maju untuk melawan waktu. Bedanya – Rallycross dilakukan secara beramai-ramai.

 

Oleh karena itu, tidak heran dengan trek yang sangat menantang, pada awal start banyak mobil yang jumpalitan dan kerap menghasilkan tabrakan yang masif. Berbahaya? Jelas. Mengasyikan? Itu pasti. Maka dari itu popularitas rallycross ini juga tidak kalah dengan reli biasa.

 

Oh iya, dalam satu mobil, hanya terdapat si pembalap saja dan tidak ada navigator untuk rallycross. Nah untuk rallycross setidaknya ada dua kompetisi yang sudah sangat populer yaitu World Rallycross Championship dan European Rallycross Championship.

 

Jenis Balapan Offroad – Rally Dakar

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro! credit: ecdhr.org

Kalau rallycross menggunakan sirkuit besar dalam setiap kompetisinya – balapan offroad yang satu ini lebih liar lagi dan lebih ganas lagi bro. Siapa yang tidak kenal dengan balapan offroad model Reli Dakar. Reli Dakar adalah kejuaraan offroad internasional yang sangat bergengsi.

 

Hal ini berkaitan dengan sebuah pembuktian dari mobil yang bisa juara di Reli Dakar, tentu bukan mobil sembarang dan kaleng-kaleng. Reli Dakar adalah kejuaraan offroad yang sangat besar. Biasanya diadakan di negara-negara timur tengah seperti 2020 ini di Saudi Arabia.

 

Reli Dakar tidak selesai dalam satu hari bro. Bisa berhari-hari. Oleh karena itu, dalam satu hari bisa beratus-ratus kilometer jarak yang ditempuh oleh pembalap serta navigatornya.

 

Jenis Balapan Offroad – Urban Offroad, Monster Road

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro!

Jenis Balapan Offroad: 4 Mode Balapan Ini Mesti Lo Ketahui Nih Bro! credit: Tim Super Adventure

Dari berbagai balapan offroad yang ekstrem di atas – ada satu lagi jenis balapan offroad yang sekarang ini jadi tren di Indonesia. Apalagi kalau bukan Super Adventure Urban Offroad – Monster Road! Tahun 2020 ini adalah tahun ketiga gelaran nasional ini akan diadakan.

 

Mengusung konsep urban yang lebih muda, modern dan millennials – Monster Road hadir di tengah-tengah kota besar. Bahkan kerap diadakan di tengah mall, lho. Bagaimana bisa? Bisa bro, dalam sirkuitnya, para pembalap serta navigator mesti menyelesaikan satu lap penuh dengan obstacle serta mesti tetap jadi yang paling cepat.

 

Dengan sistem poin, para pembalap serta navigator tidak boleh menjatuhkan bendera tertentu dekat dengan obstacle agar tidak kekurangan poin. Di dalam gelaran Monster Road, lo tidak hanya bisa menikmati balapan mobil offroad saja bro, tapi juga bisa menikmati berbagai entertainment yang ada.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari empat balapan offroad yang ada di atas – yang mana dulu nih yang mau lo coba? Rekomendasinya adalah sila coba Monster Road dulu bro!

 

Source – be quiet n drive

Feature Image – fia.com

Extreme Action Extreme offroad solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
rally dakar ekstrim banget
dephy
sangat menambah informasi dan wawasan tentang offroad
Cecep Jajang
Sungguh olahraga yang extrime
SRI YAYA ASTUTI
ternyata banyak jenis-jenis dari offroad yang saya tau cuma offroad Urban Offroad, Monster Road
Agung Sutrisno
Bosan dengan zona nyaman, balapan offroad jadi pelampiasan untuk menantang
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Reno Kuncoro
mantap, terima kasih
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Firgiawan
ekstreem Banget Nihhh
Yuniarto ( Tato )
Owh gitu ya