5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

Berbicara mengenai motovlog, banyak orang tertarik membuat konten ini namun tak tahu harus memulai dari mana. Apa saja hal yang perlu diingat motovlogger saat hendak membuat konten? Cek jawabannya di bawah ya bro!

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

Saat ini, banyak content creator menggunakan youtube sebagai media untuk berkreasi. Lo bisa menyalurkan beragam ide menarik dalam bentuk konten video unik nan positif. Jika video lo sukses menyedot perhatian banyak orang, lo tentu bisa menghasilkan pendapatan dari sini.

 

Salah satu jenis konten yang dibuat para youtuber saat ini adalah motovlog. Sesuai namanya, motovlog menampilkan kegiatan yang dilakukan seseorang dengan motor. Entah itu aktivitas di atas motor, tutorial memperbaiki motor, atau cara mengemudi motor. Semuanya masuk dalam kategori motovlog.

 

Konten motovlog biasanya disaksikan pencinta motor atau penggemar otomotif. Para motovloger kerap menggunakan motor besar atau Moge ketika beraksi. Tak jarang, motor-motor ini menyita perhatian para penonton karena memiliki tampilan elegan.

 

Berbicara mengenai motovlog, banyak orang tertarik membuat konten ini namun tak tahu harus memulai dari mana. Apa saja hal yang perlu diingat motovlogger saat hendak membuat konten? Berikut adalah 5 hal di antaranya. Silakan dicek ya bro!                 

 

1. Helm Motor

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog. Photo Credit: wahanaritelindo.com

Bila hendak membuat motovlog, traveler perlu menyiapkan helm motor untuk menambah keamanan. Kehadiran alat ini amat diperlukan pengendara motor untuk mengantisipasi risiko kepala terbentur di perjalanan. Lo juga membutuhkannnya untuk melindungi kepala dari cahaya matahari dan hujan.

 

Helm motor tak hanya berfungsi untuk mengamankan kepala. Vlogger juga memerlukan helm untuk dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan video. Dengan kata lain, alat ini juga bakal mempengaruhi kualitas gambar di dalam vlog lo nanti.   

 

Kebanyakan motovlogger biasanya menaruh action camera di bagian atas dan samping. Ada juga yang meletakknya di moncong helm. Melihat hal tersebut, satu-satunya model helm yang cocok untuk  kegiatan motovlog adalah full face.                

 

2. Komputer atau Laptop yang Mumpuni

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog. Photo Credit: gondesmotovlog.com

Pembuatan motovlog tak selesai usai lo merekam video. Usai mengambil video, lo perlu merapihkan dan menyunting hasil rekaman agar tampilannya menjadi lebih menarik. Penonton pun bisa menikmati apa yang lo tampilkan dalam video serta menontonnya hingga habis.

 

Proses penyuntingan video tentu tak bisa dilakukan di sembarang komputer atau laptop. Lo memerlukan komputer dengan spesifikasi lengkap. Komputer yang menunjang tahap penyuntingan video biasanya dijual dengan harga lebih dari 6 sampai 7 jutaan.

 

Selain itu, motovlogger kini juga bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi edit video di smartphone. Aplikasi-aplikasi tersebut tentu dapat lo gunakan untuk membuat tampilan video jadi lebih menarik. Jangan lupa untuk menggunakannya selagi sempat ya bro!

 

 

3. Action Camera

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog. Photo Credit: gizmodo.com.au

Perlu diingat, jenis konten yang dtampilkan motovlog adalah video bergerak. Lo tentu membutuhkan alat perekam yang memiliki kualitas mumpuni. Nah, kamera yang cocok dipakai untuk kegiatan motovlog adalah action camera.

 

Ada banyak action camera yang pas digunakan motovlogger saatberkendara. Contohnya seperti Drift Ghost 5, SJCam SJ5000, Go Pro Hero 4, Brica B-PROS Alpha Plus, dan Xiaomi Yi. Kelima kamera ini diketahui mampu menampilkan kualitas video yang baik.

 

Oleh sebab itu, pilihlah action camera yang mampu mencukupi kebutuhan lo saat motovlogging. Pastikan spesifikasinya gahar agar proses rekaman video dapat berjalan lancar dan sukses. Jangan lupa untuk memerhatikan posisinya agar kamera lo tetap aman di sepanjang perjalanan.

 

4. Interkom Sena

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog. Photo Credit: bukalapak.com

Kegiatan motovlog bakal menjadi lebih seru dan hidup ketika lo melakukan berkelompok? Bila meyakil ini, maka lo membutuhkan alat bernama Interkom Sena saat bepergian. Barang ini bakal menjaga proses komunikasi lo dengan rekan pengendara motor lainnya secara lancar.

 

Penggunaan interkom sena akan memudahkan motovlogger untuk berinteraksi tanpa ponsel. Saat memakai alat ini, lo tak perlu lagi repot-repot mengambil ponsel ketika berkendara. Hal ini bakal membantu pengendara untuk tetap fokus pada situasi di perjalanan.

 

Oleh sebab itu, lo perlu menyiapkan interkom sena untuk berkomunikasi secara praktis. Pengguna motor cukup menempelkannya di helm. Setelah itu, lo hanya perlu menyambungkannya ke ponsel. Cukup praktis bukan? Jangan lupa membawanya sebelum berangkat ya bro!

 

5. Sepeda Motor

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog

5 Hal yang Perlu Lo Ingat saat Bikin Motovlog. Photo Credit: reddit.com 

Seperti yang sudah lo ketahui, perangkat yang wajib muncul dalam konten motovlog adalah motor. Motovlogger hendaknya menyiapkan kendaraan terbaik untuk melakukan proses rekaman. Untuk merekam motovlog, lo tidak harus menyiapkan motor gede atau motor sport.

 

Motovlogger juga bisa beraksi dengan motor matic jika tidak mempunyai motor besar atau sport. Selain itu, lo juga dapat motovlogging bermodalkan motor sport kecil atau motor bebek. Intinya semua kendaraan bisa dijadikan konten motovlog asalkan lo melakukannya secara sungguh-sungguh.

 

Jadi, jangan terlalu pada jenis motor tertentu bila hendak memulai motovlog. Gunakan motor yang ada asalkan kendaraan tersebut aman dan punya spesifikasi mumpuni. Gunakan kreativitas lo untuk membuat konten motovlog yang menarik dan seru. Semoga sukses ya bro!

 

Demikian 5 hal yang perlu diingat traveler bila hendak membuat motovlog. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang tengah menggarap motovlog. Jangan lupa untuk mengingat kelima aspek ini agar video yang dihasilkan berhasil memuaskan penonton. Semoga berhasil melakukanya ya bro!

 

 

Source: tribunnews.com

Feature Image - wboy.com     

Tips Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
asyik kayaknya pake Interkom.
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
overknown..tq
ditra nugraha
nice info gan
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan mantap
Reno Kuncoro
Terima Kasih Banyak
Agung Sutrisno
Dengan Motovlog, kita bisa menyalurkan beragam ide menarik dalam bentuk konten video unik nan positif.
Cecep Jajang
Tetap berhati hati dan salelu seafty