Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Selain indah, ternyata pantai juga sering didatangi oleh beberapa hewan berbahaya loh. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Pantai memang sering menjadi destinasi pilihan apabila lo ingin melepaskan penat, apalagi di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali pilihan pantai dengan bentangan alam indah yang sangat menarik. Belum lagi dengan suasananya yang sangat menenangkan mampu menghipnotis pikiran. Walaupun begitu, lo harus tetap waspada terhadap hewan berbahaya di pantai yaa.

 

Yaap, selain menyimpan keindahannya, hewan yang berada di pantai dan sekitarnya ternyata cukup berbahaya loh. Jangan pernah tertipu akan bentuknya, lebih baik lo ketahui terlebih dahulu, adakah akibat buruk yang akan terjadi apabila lo bersentuhan dengan hewan – hewan tersebut.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilhan hewan di pantai yang berbahaya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Lagipula siapa sih yang ingin waktu untuk melepaskan penat bisa menjadi momen paling tidak mengenakkan di dalam hidup. Sehingga bekali diri lo sendiri mengenai pilihan hewan berbahaya yang ada di pantai yaa.

 

Hewan Berbahaya yang Hidup di Pantai – Bulu Babi

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini! Credit: backpackerjakarta.com

 

Perlu untuk diketahui kalau Bulu Babi itu patut untuk diwaspadai ketika lo berada di pantai. Bentuknya memang unik dan rasanya ingin sekali memegangnya. Namun, jangan pernah membuat niat lo tersebut terlaksana yaa, sebab hewan ini cukup berbahaya.

 

Percayalah kalau hewan ini bisa membuat liburan lo sedikit berantakan, karena ketika masih hidup dan lengkap dengan durinya racun di dalam tubuhnya pun bisa menjadi senjata untuk melindungi dirinya. Bulu babi sendiri merupakan hewan yang cukup sering ditemui di pantai perairan Indonesia.

 

Walaupun hewan ini bisa dimakan dan terasa enak, namun ketika lo tidak sengaja menginjak durinya, tidak lama lagi racunnya pun akan segera masuk ke tubuh dan seketika akan membuat tubuh lo gatal. Percaya atau tidak salah satu pengobatannya ialah dengan menggunakan air seni/ obat antiseptik.

 

Hewan Berbahaya yang Hidup di Pantai – Kutu Laut

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini! Credit: dictio.id

 

Ternyata kutu bukan hanya terdapat di daratan saja loh, ketika lo berlibur ke pantai atau sekitarnya, tentunya harus waspada terhadap kutu laut yaa. Kutu laut/ Sea Lice merupakan hewan cukup berbahaya, bahkan di Austalia pernah terjadi sebuah kasus di mana seorang remaja sedang merendamkan kakinya dengan waktu cukup lama, namun kemudian kakinya berdarah.

 

Sebenarnya kutu laut sendiri tidak akan menyerang manusia karena target mereka adalah bangkai ikan. Sehingga ketika di sekitar lo terdapat bangkai ikan, sangat disarankan untuk tidak merendamkan kaki lo ke dalam laut dalam waktu cukup lama yaa.

 

Hewan Berbahaya yang Hidup di Pantai – Ikan Batu

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini! Credit: phinemo.com

 

Ketika lo memutuskan untuk lebih masuk lagi ke dalam lautan, ada satu hewan yang patut untuk lo awasi yaitu Ikan Batu. Berbicara mengenai bentuknya memang sangat menarik, namun jangan salah sangka terlebih dahulu, ikan ini memiliki racun yang bisa membuat lo dalam kondisi bahaya.

 

Ikan yang hidup di antara karang-karang dan akan berkamuflse seperti batu berwarna cokelat semburat kuning akan menyulitkan penglihatan. Ketika lo tidak sengaja menginjaknya, efek yang langsung dirasakan ialah shock maupun kelumpuhan. Hal tersebut dikarenakan di punggung ikan ini terdapat duri tajam dan mengandung racun.

 

Tenang ada kok cara paling ampuh untuk menetralisir racunnya, yaitu dengan merendam bagian tubuh yang terkena durinya dengan air hangat. Namun sangat disarankan untuk melakukannya secepat mungkin setelah terkena yaa, agar racunnya tidak menyebar.

 

Hewan Berbahaya yang Hidup di Pantai – Ubur-Ubur

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini! Credit: id.wikipedia.org

 

Siapa bilang lo tidak bisa bertemu ubur-ubur di pantai? Yaap, hewan ini ternyata sangat sering loh berenang di kawasan pantai. Walaupun terlihat tidak berbahaya, namun ketika lo bersentuh dengannya maka lo akan terkena racun.

 

Ubur-ubur dengan tubuhnya yang bening terkadang membuatnya sulit untuk terdeteksi. Namun sangat disarankan untuk berhati-hati ketika bertemu dengannya, jangan sekali-kali memegangnya. Karena hewan ini memiliki bagian yang dapat menyengat dan mampu membuat kulit lo gatal-gatal.

 

Memang bentuknya sangat unik, sehingga sering juga menjadi objek foto. Tak heran apabila tak sedikit orang yang penasaran untuk melihatnya secara langsung di alam bebas. Namun kembali lagi untuk lebih berhati-hati yaa ketika sudah melihat penampakan dari hewan ini.

 

Hewan Berbahaya yang Hidup di Pantai – Bulu Seribu

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini!

Sering Berkunjung ke Pantai? Harap untuk Lebih Peka Terhadap 5 Hewan Berbahaya Ini! Credit: .idntimes.com

 

Bulu Seribu merupakan hewan berikutnya yang patut untuk lo awasi ketika berkunjung ke pantai. Bukan tanpa alasan, namun hewan ini sendiri cukup berbahaya apabila lo berkontak langsung dengannya. Nah, Bulu Seribu sendiri merupakan satu keluarga dengan bintang laut dan hewan ini juga masuk ke dalam jajaran bintang laut terbesar.

 

Yaap, memang sesuai dengan namanya, hewan ini memiliki duri-duri beracun di sekucur tubuhnya. Hewan lazimnya berwarna cokelat muda ataupun abu-abu dan di beberapa tempat ada pula yang berwarna mencolok sebagai tanda peringatan.

 

Uniknya lagi hewan ini sebenarnya tidak akan menyengat ataupun juga tidak menusukkan racun, namun ketika lo tidak sengaja menyentuhnya, akan terasa nyeri selama beberapa jam, diikuti dengan pendarahan dan mual-mual.

 

Untuk menghilangkan duri-duri yang menempel di kulit, salah satu caranya ialah melakukan pembedahan untuk membuat duri yang masih menempel tidak menimbulkan efek lebih fatal. Sehingga kalau lo sedang bermain-main di pantai, jangan lupa untuk menghindarinya yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar hewan berbahaya yang berada di pantai? Semoga bisa membuat lo lebih peka lagi, apalagi buat lo yang sering main ke pantai. Teruslah berhati-hati dan jangan berhenti mengeksplorasi alam Indonesia lebih luas lagi!

 

Source: phinemo.com/

 

 

 

Featured Image: phinemo.com

 

Trending Beginner pantai

13 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yumna Aditya Prakoso
nice info gan
SRI YAYA ASTUTI
kecil tapi berbahaya
Yuniarto ( Tato )
Wajib Waspada
Suleman
Terimakasih infonya admin
Firgiawan
Emang Perlu Diperhatikan Ketika Kita Traveler Ke pantai
nugraha
nice info , harus diwaspadai
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Wah jadi serem ya,kalau berenang
ihza
Thanks minn