Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Umumnya destinasi wisata adalah tempat untuk melepas lelah. Tapi bagaimana kalau destinasi wisata tersebut mempunyai khasiat seperti bisa membuat lo awet muda? Penasaran? Selengkapnya di bahasan kali ini!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

 

Hidup selalu soal pergantian. Ada yang muda dan ada yang tua. Tapi buat lo yang melakukan traveling untuk menolak tua, di Indonesia sendiri ternyata ada lima destinasi wisata yang konon katanya bisa membuat lo awet muda!

***

 

Mistis, klenik, dan misteri tentu tidak akan lekang dari tiap cerita di setiap destinasi wisata. Percaya atau tidak, pasti selalu ada saja sisi ‘gelap’ dari destinasi terkait. Namun, boleh percaya atau tidak – tergantung dan kembali ke masing-masing individu ya.

 

Indonesia sendiri cukup banyak mempunyai destinasi yang seperti itu. Yang paling gampang adalah deretan pegunungan di Indonesia yang sudah cukup terkenal dengan cerita-cerita mistiknya. Sebut saja seperti Gunung Merapi dengan Pasar Bubrahnya. Cerita tersebut cukup membuat detak jantung berdebar.

 

Namun uniknya para traveler dalam negeri – terkadang juga mancanegara, sih – malah berlomba untuk mencari hal-hal misteri yang penuh klenik tersebut. Tidak heran dengan begitu tren traveling dark tourism berkembang dengan pesat.

 

Tapi di bahasan kali ini – lo tidak menemukan spot-spot yang seram, sih. Namun tetap dengan cerita klenik yang penuh misteri, seperti deretan destinasi di bawah ini yang konon katanya bisa membuat lo awet muda!

 

 

Wah menolak tua nih bro! Penasaran di mana saja spot tersebut dan apa saja yang ada di dalamnya? Daripada makin penasaran – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Destinasi Wisata Bikin Awet Muda: Taman Narmada

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda! credit: ksmtour.com

Oke perjalanan bahasan kali ini akan dimulai dari salah satu spot yang berkembang dengan baik menjadi Kawasan Ekonomi Kreatif di Indonesia: Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terkenal dengan Pantai Pink, penangkaran Naga Komodo, sampai ke Taman Narmada.

 

Taman Narmada adalah salah satu spot yang bisa lo kunjungi saat berada di NTB. Konon katanya di taman tersebut terdapat tiga kolam air yang dipercaya memiliki khasiat awet muda. Siapapun yang berani mencuci muka atau meminumnya.

 

Hal ini terkait dengan sejarah tempat tersebut yang ternyata dibangun oleh Raja Mataram. Tidak berhenti sampai di situ saja – taman ini juga sering menggelar upacara ritual rutin di bulan Oktober dan November.

 

Destinasi Wisata Bikin Awet Muda: Candi Jolotundo

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda! credit: goodnewsfromindonesia.id

Berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur – tepatnya di Desa Belahan Jowo, Wonosunyo, Kecamatan Gempol, ternyata candi ini adalah salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang dibangun pada tahun 1049. Di kompleks candi tersebut terdapat dua patung dewi.

 

Dua patung dewi tersebut adalah Dewi Laksmi dan Dewi Sri yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Nah, di bawah patung tersebut ada sebuah kolam yang kurang lebih berukuran 4x5 meter persegi yang dialiri air dari Candi Sumber Tetek.

 

Air yang mengalir dan ditampung di kolam tersebut konon katanya mempunyai khasiat buat lo agar tetap muda. Tetap segitu-gitu saja tanpa mengalami penuaan. Wah boleh cuci muka di sana tidak ya?

 

Destinasi Wisata Bikin Awet Muda: Taman Wisata Air Wendit

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda! credit: infobudayaindonesia.com

Masih berada di kawasan Jawa Timur, tepatnya di Kota Malang – di sana terdapat tempat wisata air pemandian yang konon katanya menjadi salah satu tempat mandi dari Raja Majapahit beserta selir-selirnya zaman dahulu.

 

Kolam tersebut dipercaya mempunyai khasiat awet muda. Ditelisik lebih dalam, sumber air tersebut ternyata berasal dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi. Tidak hanya awet muda, konon katanya air di sana juga dipercaya membawa berkah dan keberuntungan.

 

Destinasi Wisata Bikin Awet Muda: Gua Pindul

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda! credit: tirto.id

Nah pindah ke tengah nih bro – di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, Gua Pindul sudah cukup populer sebagai destinasi wisata yang menantang. Karena di sana lo bisa mencoba river tubing yang seru. Keseruannya bisa dilihat ketika sungai yang lo telusuri mengarahkan lo masuk ke sebuah gua.

 

Gua Pindul adalah gua yang dimaksud. Terlepas dari river tubing atau cave tubing yang lo lakukan di sana, ada satu hal yang konon katanya tidak banyak orang mengetahuinya. Aliran air yang berada di Stalagit Gua Pindul katanya berkhasiat untuk awet muda.

 

Namun ada mitos lain yang menyatakan hanya perempuan berani saja yang bisa mendapatkan khasiat tersebut. Sampai sekarang belum ada penjelasan yang lebih detil mengapa hal tersebut bisa saja terjadi.

 

Destinasi Wisata Bikin Awet Muda: Air Terjun Sedudo

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda!

Menolak Untuk Tua: Ini 5 Destinasi Wisata yang Konon Bisa Bikin Awet Muda! credit: travelingyuk.com

Kembali lagi ke kawasan Jawa Timur, tepatnya di Nganjuk – terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Sedudo. Berdasarkan kepercayaan serta pengetahuan masyarakat sekitar, air terjun ini adalah buatan orang-orang Kerajaan Majapahit.

 

Air terjun ini konon katanya mempunyai khasiat untuk menolak bala, membuat awet muda, sampai menyembuhkan penyakit kulit. Sama seperti destinasi wisata lainnya – khasiat tersebut belum bisa dijelakan dengan detil.

 

Terlebih pada malam suro atau Bulan Suro – air terjun ini akan didatangi banyak orang yang percaya dengan khasiat-khasiat tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai destinasi wisata yang konon katanya bikin awet muda – apakah ada yang membuat lo tertarik untuk didatangi? Atau di daerah lo sendiri terdapat jenis destinasi wisata seperti ini? Kalau ada, sila tambahkan informasinya di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – Kumparan

Feature Image – kompasiana.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
dephy
kenapa kebanyakan di daerah jawa timur ya???
Panjul nikilos
Jolotundo dekat ama arwa saya paking 9 km
Asep Hilman Purnama
Langsung Dicoba Bro!
Firgiawan
Pada dasarnya Memang Kalau Kita sering jalan" ga banyak pikiran bisa awet muda
Agus Sungkawa
Biar awet muda mari berkunjung ke spot yg tertera di atas,khusus buat barisan menolak tua heheheh
Cecep Jajang
Wajib d coba nih????
Suleman
Nice ya infonya
Agung Sutrisno
Aboleh percaya atau tidak – tergantung dan kembali ke masing-masing individu
Resatya Oktafitullah SAV
Gua pindul mantaps
AMBO SOLLE
Indonesia hanya jawa