Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Bagaimana cara terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis ketika liburan di Islandia? Hal-hal apa sajakah yang harus disiapkan? Cek jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Salah satu kegiatan yang direkomendasikan untuk pelancong di masa liburan adalah mengamati cahaya utara atau Aurora Borealis secara langsung. Banyak pihak mengaku takjub dengan keindahan alami yang ditawarkan cahaya ini. Menghabiskan waktu liburan dengan melihat Auroa Borealis tentu wajib dicoba traveler ketika berlibur di Islandia.

 

Akan tetapi, menyaksikan Aurora Borealis di Islandia tidak semudah yang lo bayangkan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pelancong yang gagal melihat cahaya ajaib ini meski sudah jauh-jauh datang ke Islandia. Beberapa orang diketahui tak berhasil merasakan momen ini sekalipun sudah datang ke tempat kemunculan Aurora Borealis.

 

Untuk itu, bagaimana cara terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis ketika liburan? Hal-hal apa sajakah yang harus disiapkan pelancong untuk melihat cahaya utara ini? Berikut adalah informasi seputar Aurora Borealis serta tips sukses menyaksikan cahaya utara ini. Silakan dibaca ya bro!   

 

Apa itu Aurora Borealis?

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro! Photo Credit: iceandnaturally.com 

Istilah Aurora Borealis sebenarnya merujuk pada nama lain dari cahaya utara atau Nothern Light. Banyak orang tergila-gila akan penampakan cahaya ini yang begitu indah dan memukau. Aurora Borealis kabarnya lebih mudah dilihat dengan mata telanjang ketimbang Aurora Australis atau cahaya selatan.

 

Aurora Borealis dan Aurora Australis memiliki banyak kemiripan antara satu sama lain. Berdasarkan informasi dari laman Tourradar, faktor yang membedakan dua cahaya ini hanya terletak pada lokasinya saja. Lokasi Aurora Borealis berada di kutub utara, sementara Aurora Australis di kutub selatan. Cukup simpel kan?

 

Akan tetapi, mengapa banyak orang lebih menyukai panorama Aurora Borealis ketimbang Aurora Australis? Salah satu alasannya adalah lokasinya yang mudah lebih terjangkau. Wisatawan diketahui harus mendatangi daerah terpencil terlebih dahulu untuk melihat Aurora Australis. Akses menuju ke sana juga cukup sulit sehingga masyarakat lebih senang bertandang ke Aurora Borealis.

 

 

Tips Sukses Melihat Aurora Borealis di Islandia

 

1. Berlibur ke Islandia antara bulan September hingga April

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro! Photo Credit: travelandleisure.com 

Panorama langit biasanya akan lebih gelap pada bulan September hingga April. Pada masa ini, intensitas awan yang menghalangi langit juga relatif sedikit dari biasanya. Pelancong pun bisa menyaksikan pemandangan aurora secara lebih jelas.

 

Ada keuntungan bagi pelancong yang menyambangi Islandia pada saat terjadinya titik balik matahari di Desember. Pasalnya, lo bakal menjumpai Aurora Borealis pada waktu siang hari. Suhu Islandia pada bulan September hingga April memang lebih dingin, namun penampakan aurora akan menjadi lebih jelas.

 

Aurora Borealis akan sulit disaksikan wisatawan pada musim panas. Oleh sebab itu, lo dianjurkan datang ke Islandia pada musim dingin demi mendapatkan panorama mengesankan. Semoga sukses menyaksikan cahaya langit tersebut secara langsung ya bro.

 

2. Mengecek Aplikasi Peramal Cuaca

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro! Photo Credit: wakeupreykjavik.com

Langit yang tertutup awan kelabu diketahui dapat menjadi alasan mengapa Aurora Borealis tidak nampak. Pelancong hendaknya menerapkan strategi khusus untuk mengetahui apakah cuaca cerah atau buruk. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi prakiraan cuaca dan aplikasi perakiraan Aurora Borealis.

 

Proses pengecekan ini baiknya lo lakukan sebelum mengelilingi pedesaan Islandia. Tujuannya agar lo dapat segera mengambil keputusan untuk berangkat atau tidak pada malam hari. Pelancong yang sudah mendapat informasi cuaca cerah disarankan segera beralih ke aplikasi peramal aurora borealis. Contohnya seperti My Aurora Forecast Pro.

 

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan pelancong untuk mengetahui prediksi kemunculan Aurora Borealis yang diunggh dan diperbarui ilmuwan. Dengan begitu, lo bisa menjumpai cahaya langit indah ini secara lebih mudah dan menikmatinya hingga puas. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam kamera ya bro!

 

3. Memasuki Daerah Pedesaan dan Menjauh dari Wilayah Perkotaan

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro!

Tips Jitu Menyaksikan Aurora Borealis di Islandia, Langsung Dicoba Bro! Photo Credit: iceandtravel.is

Berburu Aurora Borealis sejatinya tak jauh berbeda dengan berburu bintang. Lo perlu mendatangi tempat-tempat gelap untuk bisa menyaksikan keindahannya secara puas. Kunjungilah tempat-tempat yang bebas dari polusi cahaya bila lo tertarik melihat Aurora Borealis secara jelas.

 

Polusi cahaya diketahui bakal memengaruhi kepuasan lo saat melihat fenomena unik ini. Jika langit sudah terkena polusi cahaya, pelancong bakal kesulitan menyaksikan aurora borealis lantaran cahayanya mulai redup. Polusi cahaya juga tak jarang membuat aurora borealis tak terlihat sama sekali. Momen liburan lo tentu akan kurang terasa seru jika hal ini terjadi.

 

Oleh sebab itu, lo direkomendasikan pergi ke pedesaan untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Pelancong sebenarnya juga dapat melirik cahaya Aurora Borealis dari Reykjavik. Akan tetapi, cahaya langit yang nampak relatif lebih sedikit.

 

Contoh tempat yang disarankan bagi pelancong untuk melihat aurora borealis adalah Pulau Grimsey. Daerah ini bisa dicapai traveler dengan menaiki maskapai Air Iceland dari Reykjavic atau Akureyri. Lo juga dianjurkan mencari informasi seputar Pulau Grimsey terlebih dahulu agar tak kebingungan. Oke bro?

 

Demikian tips melihat Aurora Borealis di Islandia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat terutama untuk lo yang berencana menyambangi Islandia sebentar lagi. Jangan lupa untuk menerapkan 3 tips ini supaya pengalaman liburan lo terasa menyenangkan dan seru. Semoga sukses melihat keindahan cahaya ajaib ini secara langsung ya bro!

 

 

Source: kompas.com

Feature Image - wildernesstravel.com

Tips Beginner solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Kalo di indo ada bro ,namae aura kasih haha
mutochir jufri
Waooooo....kejauhan bro.....
Asep Hilman Purnama
Langsung Dicoba Bro!
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
view nya keren bgt
Reno Kuncoro
mantap sekali tips nya
eNeS
jauhh. biaya gede..
Kristian Mustafa
Sangat Indah.
SRI YAYA ASTUTI
FENOMENA ALAM YANG SANGAT INDAH CIPTAAN SANG MAHA KUASA
Suleman
Terimakasih infonya