6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

Saat memesan tiket pesawat, banyak pelancong kerap melakukan kesalahan sehingga mereka harus merogoh kocek lebih dalam. Hal ini juga sering membuat perjalanan mereka terhambat. Kesalahan apa sajakah yang sering dilakukan traveler saat memesan tiket pesawat? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

Ada banyak cara yang bisa dicoba traveler untuk mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah. Lo juga bisa menjajal strategi khusus untuk memudahkan jadwal perjalanan. Sayangnya, masih banyak pelancong yang melakukan kesalahan saat memesan tiket pesawat. Hal ini tak jarang membuat mereka harus membayar uang lebih serta terlambat sampai ke tempat tujuan.

 

Kesalahan apa yang sering dilakukan traveler ketika memesan tiket pesawat? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan dicoba ya bro!

 

1. Mencari Tiket tanpa Memakai Browser Incognito

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat. Photo Credit: shortmotivation.com

Aktivitas traveler dikatakan mampu memengaruhi harga tiket pesawat. Informasi ini mengacu pada sejumlah rumor yang terpapar dalam situs smartertravel. Menurut mereka, pelancong bakal mendapat harga tiket pesawat lebih mahal bila sebelumnya pernah mencari tiket tersebut.

 

Sebagai contoh, ada pelancong berencana memesan tiket pesawat dari Bali ke Singapura. Pelancong tersebut diketahui rutin mengecek harga tiket dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu. Nah, situs yang dikunjungi pelancong tersebut nantinya menyimpan preferensi ini hingga kemudian mengeluarkan varian harga lebih tinggi dari sebelumnya.

 

Hingga sampai saat ini belum ada penelitian atau bukti yang mampu memastikan kebenaran hal ini. Meski begitu, lo disarankan tetap berjaga-jaga dengan memakai browser incognito saat mencari tarif tiket pesawat. Tujuannya agar pencarian lo tidak terdeteksi atau terlacak oleh pihak manapun. Lo pun bisa mendapat tiket dengan harga termurah.

 

2. Memilih Penerbangan di Hari Jumat atau Minggu

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat. Photo Credit: wilderlyman.com

Biasanya, sebagian maskapai penerbangan bakal menaikkan harga tiket pesawat untuk penerbangan di hari Jumat atau Minggu. Salah satu alasannya adalah meningkatnya jumlah wisatawan yang berlibur pada hari-hari tersebut. Alhasil lo harus merogoh kocek lebih dalam.

 

Jumlah penumpang pada hari Jumat juga biasanya naik lantaran banyak orang pulang dari urusan bisnis. Jika ingin menghemat ongkos, pelancong juga tak disarankan pergi pada hari Senin. Pasalnya jumlah penumpang yang berangkat untuk urusan bisnis juga terbilang banyak. 

 

Jadi, jauhi penerbangan di hari Jumat atau Minggu bila lo berniat menghemat pengeluaran. Pelancong baiknya memilih terbang pada hari Selasa dan Rabu karena tiket biasanya dijual lebih murah untuk hari-hari ini. Usahakan juga tidak menjajal penerbangan pada hari Kamis dan Sabtu karena harga tiket juga akan sedikit lebih mahal. Oke bro?

 

 

3. Membeli Tiket Pesawat dengan Durasi Transit Pendek

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat. Photo Credit: forbes.com

Terdapat sejumlah hal yang perlu diingat traveler saat memesan tiket pesawat dengan rute transit. Salah satu contohnya adalah durasi transit untuk tiket internasional yang disertai rute transit domestik. Mengapa hal ini begitu penting?

 

Sejumlah penerbangan diketahui mewajibkan penumpang pesawat untuk melakukan beberapa hal. Contohnya seperti pemeriksaan imigrasi, pengambilan tas, serta mengantre di bagian pemeriksaan keamanan. Proses ini tentu memakan waktu yang tidak sebentar.

 

Oleh sebab itu, pelancong dianjurkan tidak mengambil rute transit dengan durasi transit kurang dari satu jam. Hal ini dimaksudkan supaya lo terhindar dari risiko terkena halangan saat menjalani proses transit. Pelancong juga perlu mengingat risiko tersasar bila bandara yang didatangi memiliki ukuran besar.

 

Lo bisa saja kesulitan menjalani proses transit karena kebingungan saat melihat banyak gate di siatu bandara. Untuk itu, pelancong baiknya memilih durasi transit minimal dua jam untuk berjaga-jaga. Oke bro?

 

4. Tidak Mencari Bandara Alternatif

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat. Photo Credit: aci.aero

Saat ini, lo bisa menemukan lebih dari satu bandara berukuran besar di banyak kota dunia. Pelancong baiknya mencari bandara alternatif di kota tujuan agar mampu mendapat tiket pesawat murah secara mudah. Setuju ‘kan?

 

Di Jakarta, pelancong bisa menemukan dua bandara besar, yakni Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. Cek rute dan harga penerbangan yang ditawarkan dua bandara ini. Dengan begitu, lo bisa memilih bandara yang cocok dengan kebutuhan secara mudah.

 

Jika masih kesulitan mencari bandara tujuan, pelancong dapat menggunakan opsi “All Airports” yang tersedia di berbagai aplikasi Online Travel Agent (OTA). Aplikasi ini nantinya memunculkan pilihan bandara usai lo memasukkan nama kota atau provinsi tujuan.

 

5. Tidak Mengecek Harga Tiket di Situs Lain

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat

6 Kesalahan yang Perlu Dijauhi Traveler saat Pesan Tiket Pesawat. Photo Credit: born2invest.com

Strategi lainnya untuk mendapat tiket murah adalah dengan mengunjungi beberapa situs OTA atau maskapai penerbangan. Bandingkan harga di setiap situs OTA untuk melihat harga termurah. Jangan lupa untuk menerapkan hal ini sebelum lo benar-benar yakin memesan tiket pesawat. Oke bro?

 

6. Memesan Tiket saat Harga tengah Melambung Tinggi

Sebagian maskapai penerbangan biasanya mengumumkan harga tiket pesawat di awal minggu. Hal ini mengacu pada laporan yang ditampilkan Airfarewatchdog. Oleh sebab itu, lo dianjurkan memesan tiket pada hari Selasa dan Rabu supaya mendapatkan harga termurah.

 

Menurut informasi dalam situs FaceCompare yang dikutip smartertravel, waktu terbaik bagi pelancong untuk membeli tiket pesawat domestik di Amerika Serikat adalah Selasa. Lo dianjurkan memesan pada pukul 15.00 waktu area timur Amerika Serikat.

 

Sementara itu, penerbangan internasional punya waktu berbeda saat mengumumkan harga tiket Sebagian maskapai biasanya merilis harga tiket mengikuti pola yang berubah-ubah. Dengan kata lain, lo harus bersungguh-sungguh dalam mencari tiket pesawat murah.

 

Perlu diingat, harga tiket pesawat di menit-menit terakhir akan selalu lebih tinggi dibandingkan dengan harga awal. Untuk itu pelancong dianjurkan memesan tiket enam minggu sebelum naik penerbangan domestik. Jika berencana naik penerbangan internasional, lakukan pemesanan lebih awal. Oke bro?

 

 

Demikian 6 kesalahan yang perlu dijauhi traveler saat pesan tiket pesawat. Cobalah untuk menjauhi lima kesalahan di atas agar perjalanan lo terasa lebih nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hendak naik pesawat dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk berhati-hati!

 

Source: kompas.com

Feature Image - krreddy.com

Tips Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
eNeS
hmm nice info..
Suleman
Terimakasih infonya
Hilman rusdiyanto
Info bagus
SRI YAYA ASTUTI
cara mudah pesan tiket dengan cara yang praktis
Hari Tristiyanto
over known
dephy
TIPS DAN INFORMASI YANG SANGAT MEMBANTU
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat
Agung Sutrisno
Jauhi penerbangan di hari Jumat atau Minggu bila berniat menghemat pengeluaran
Allink
Hmmmm bagu infonya