Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike?

Konon katanya sportbike tidak bisa digunakan untuk turing? Dengan beberapa pengaturan ulang sementara serta rasa berani keluar dari zona nyaman - siapa bilang turing tidak bisa pakai sportbike?

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike?

 

Kalau ada yang bilang tidak bisa touring dengan menggunakan sportbike, berarti belum berani keluar dari zona nyamannya!

 

Di dunia traveling para riders setidaknya ada tiga jenis kendaraan bermotor roda dua yang senang mereka gunakan. Enduro bike untuk touring, sportbike untuk mencari kesenangan dalam kecepatan luar biasa, dan dirt bike atau trail bike untuk keluar masuk gunung dengan mudah.

 

Bicara soal touring, tentu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, Enduro Bike adalah jenis motor yang paling tepat untuk menemani lo melakukan perjalanan jauh. Hal ini tentu terkait dengan segala hal teknis yang ada di motor tersebut, memang memadai untuk keinginan lo itu.

 

Tapi itu zona nyaman, bro. Bagaimana kalau turing dengan sportbike? Mungkin sebagian besar dari lo yang membaca pernyataan di atas akan bingung dan menertawakan karena tidak mungkin turing menggunakan sportbike.

 

 

Bro, sebelum lo berkata seperti itu – ada baiknya lo menyimak bahasan kali ini yang setidaknya, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui dan bisa membuktikan kalau turing bisa sekali menggunakan sportbike. Masih tidak percaya? Sila simak bahasan kali ini!

***

 

Turing Pakai Sportbike: Why not?

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike?

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike? credit: motorcycledealers.ca

Dengan segala kemajuan teknologi yang terus beradaptasi dengan keinginan serta tujuan manusia, apapun sepertinya sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah, termasuk untuk turing dengan menggunakan sportbike.

 

Wah pasti pegal bro, punggung pasti panas dan kaki cepat kram!

 

Mungkin ini yang ada di dalam pikiran lo. Tidak apa-apa, semua orang bebas untuk berpendapat. Tapi, semua orang juga bebas untuk berani keluar dari zona nyamannya dan mencoba turing dengan sportbike.

 

Percaya atau tidak ya bro – di luar sana, di berbagai belahan dunia, turing dengan sportbike adalah hal yang biasa dan wajar. Sepertinya di sini masih bertumpu kepada enduro bike yang memang diperuntukan untuk turing.

 

Sportbike atau superbike memang diperuntukan untuk satu hal – mendapatkan serta merasakan kecepatan yang luar biasa. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk turing bro. Hal ini terkait dengan adanya adjustment di sportbike lo sebelum lo mulai untuk turing.

 

Turing Pakai Sportbike: Some Adjustments

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike?

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike? credit: motorplus-online.com

Sportbike atau superbike identik sekali dengan posisi duduk yang konon katanya kurang nyaman jika digunakan untuk jarak jauh. Hal ini tentu terkait dengan posisi grip stang pada yog yang cukup rendah sehingga diri lo seperti membungkuk ketika mengendarainya.

 

Tapi hal ini bisa diatur ulang bro. Helibars adalah salah satu jawabannya. Sila ganti sementara stang dengan under yog tersebut dengan menggunakan Helibars. Dengan helibars, posisi duduk lo tidak akan begitu nunduk atau membungkuk sehingga mengurangi ‘rasa pegal’ yang ada pada punggung.

 

Stang Helibars ini akan membuat posisi duduk lo berubah beberapa derajat sehingga tidak perlu lagi takut untuk punggung pegal selama perjalanan.

 

Selain stang atau bars – yang bisa lo atur kembali adalah jok. Superbike atau sportbike terkenal dengan joknya yang tipis dan tidak begitu nyaman untuk dibawa perjalanan panjang. Lo bisa ganti dengan jok yang lebih empuk.

 

Kemudian hal yang mesti lo ubah sedikit dari sportbike lo adalah menambahkan bracket untuk menaruh box, atau langsung taruh tas lo di sana. Tentu, turing akan memakan waktu setidaknya dua sampai tiga hari. Di hari-hari tersebut, lo bisa menaruh atau membawa segala peralatan yang lo butuhkan di tas tersebut.

 

Tidak direkomendasikan lo menggunakan tas punggung dengan beban bawaan yang berat ya bro. Lebih baik jika tidak ingin menggunakan bracket dengan alasan estetika – tas punggung lo bisa diikatkan di tail belakang saja.

 

Tapi ingat bro – jangan sampai tas lo di belakang itu mengganggu stop lamp serta lampu sein ya.

 

Dari berbagai hal teknis di atas – ada satu hal lagi yang bisa lo atur dari sportbike tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan kekuatan motor lo dari cruise control atau drive mode yang ada. Biasanya, kode di sportbike lo adalah normal, A, dan B, atau sampai C. Biasanya ada di Yamaha R1 yang masih cross-plane pengaturan yang banyak tersebut.

 

Sila gunakan yang normal saja bro. Hal ini terkait dengan kekuatan yang akan dikeluarkan motor tidak terlalu besar seperti pada saat race mode. Hal ini juga akan membuat ketahanan motor lo lebih lama. Tapi walau begitu, tidak semestinya enam jam terus menerus lo geber ya.

 

Sila atur waktu juga untuk perjalanan lo agar bisa menyisipkan selingan istirahat per tiga sampai empat jam saja, lalu istirahat. Hal ini juga mesti diatur terkait dengan pengisian bahan bakar. Rata-rata tanki pada sportbike hanya muat 17 liter, kurang lebih ya.

 

Dengan jumlah tampungan bahan bakar tersebut – lu juga mesti mengetahui seberapa jauh akan bertahan dan kapan lo mesti mengisi bahan bakar lagi. Bro, ingat – jangan sampai kehabisan bahan bakar di jalan ya. Karena kalau sampai kehabisan, sportbike biasanya langsung bermasalah.

 

Jadi satu hal lagi yang bisa lo persiapkan, riset untuk keberadaan pom bensin di jalur turing yang akan lo lewati. Tandai di mana saja dan sila hitung kembali dengan kebiasaan isi bensin lo tersebut. Jika sudah setengah dari jumlah utuh, lebih baik langsung isi saja bro!

 

Memang Membutuhkan Keberanian!

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike?

Berani Keluar Dari Zona Nyaman: Siapa Bilang Turing Tidak Bisa Pakai Sportbike? credit: cycleworld.com

Percaya atau tidak – memang turing menggunakan sportbike mempunyai resiko yang cukup besar. Oleh karena itu, butuh keberanian yang memang besar untuk melakukannya. Lalu, saat turing menggunakan sportbike – rasanya lo juga tidak usah membawa barang terlalu banyak – terkait tas yang lo bawa di motor tersebut.

 

Kemudian, jangan lupa outfit nya bro – jas hujan satu setel dan tidak ponco adalah salah satu gear yang tidak bisa lo lupakan juga. Terus untuk wearpack – pastikan lo menggunakan pakaian yang sesuai ya. Gunakan rompi tambahan jika memang perjalanan lo cukup panjang. Lumayan bisa menahan angin bro!

 

 

Nah, bagaimana nih bro? Dengan segala adjustment yang ada – bisa dong turing dengan sportbike. Kalau bicara soal bisa sih pasti bisa bro. Yang pasti, lo berani dulu untuk mencoba keluar dari zona nyaman seperti turing pakai sportbike!

 

Feature Image – motorcyclenews.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

10 COMMENTS

SHARE
dephy
safety ridding sangat penting
Suleman
Nice infonya
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yumna Aditya Prakoso
lagi-lagi zona nyaman
Kristian Mustafa
Siapkan Fisik dan nyali loh.
Ricko Pratama Putra
Semua Jenis Motor R2 tentunya bisa dipakai buat touring
Agus Sungkawa
Touring memaki mtr sportbike bikin semakin keren ajh heheheheh
Hari Tristiyanto
keren2 motor nya
arief
mantappp keren infonya
Allink
Nantappp