Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

Lima hal ini mesti lo ingat dulu nih sebelum berangkat traveling ke Samosir bro! Ada jadwal buat main ke Danau Toba bro?

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

 

Sebagai Bali Baru yang sebentar lagi akan kedatangan banyak traveler dari mancanegara – Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata yang mempunyai potensi tinggi. Makanya digadang-gadang akan jadi Bali Baru. Hal ini juga jadi salah satu langkah antisipasi untuk overtourism di Bali Pulau Dewata.

 

Danau Toba adalah salah satu danau paling besar di Asia Tenggara. Saking besarnya, jika lo sedang berada di sana, tidak seperti sedang berada di danau, bro – berasa seperti di pinggir pantai dan di depannya adalah lautan luas!

 

Salah satu yang menandakan kalau Danau Toba ini adalah masih bentukan danau adalah sebuah pulau yang berada di tengah-tengahnya. Pulau Samosir adalah pulau yang dimaksud. Berdasarkan sejarah serta budaya setempat, keberadaan Pulau Samosir berasal dari cerita legenda yang cukup menarik lho.

 

 

Eits ada yang ingat tidak bagaimana proses terjadi keberadaanya Pulau Samosir ini? Kalau ada yang masih ingat – sila tuliskan ceritanya di kolom komentar ya! Nah di bahasan kali ini – lo tidak diajak untuk membahas Pulau Samosir dari sisi sejarahnya, tapi bagaimana caranya lo mesti bisa sampai ke sana.

 

Mengingat keberadaanya yang ada di tengah-tengah danau paling besar di Asia Tenggara ini, kira-kira bagaimana ya caranya ke sana? Dan apakah sudah ada penginapan serta fasilitas dan akomodasi lainnya?

 

Daripada bertanya-tanya sendiri dan makin penasaran, lebih baik lo simak bahasan kali ini sampai habis! Jika sudah paham nantinya – sila siapkan waktu serta jadwal khusus untuk berpetualang ke sana ya!

***

 

Pilihan Transportasi ke Pulau Samosir: Jalur Udara

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya! credit: indonesia.go.id

Salah satu cara untuk bisa sampai ke Pulau Samosir – salah satu pulau yang eksotis ini adalah dengan menempuh jalur udara. Jika menggunakan jalur udara atau naik pesawat terbang – lo harusnya mendarat di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.

 

Bandara internasional ini berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Dibandingkan dengan Bandara Internasional Kualanamu – Bandara Internasional Sisingamangaraja XII mempunyai jarak yang lebih dekat. Jika lo berangkat dari Kualanamu – kurang lebih perjalanan lo ke Pulau Samosir bisa sampai enam dan tujuh jam.

 

Nah kalau dari Bandara Internasional Sisingamangaraja XII – setidaknya ada tiga jalur darat yang lebih cepat. Kurang lebih, jika lo berangkat dari sana – perjalanan darat lo ke Pulau Samosir hanya memakan waktu tiga jam saja.

 

Apa Saja Maskapai Penerbangannya?

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya! credit: blog.airpaz.com

Buat lo yang berada di Jakarta – cukup variatif maskapai yang ternyata membuka jalur penerbangan ke sana. Eits, supaya dapat tiket pesawat yang cukup murah – sila pesan dari jauh-jauh hari atau lo bisa menggunakan promo yang ada.

 

Jalur penerbangannya dari Jakarta ke Silangit. Untuk maskapai – kurang lebih ada Batik Air, Citilink, Sriwijaya, ada Wings Air dari Medan – jika lo berada di Malaysia, lo bisa menggunakan Air Asia untuk bisa langsung ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.

 

Nah kalau lo akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII kurang lebih ongkos perjalannya yang golongan low cost carrier berkisar di harga Rp 1 jutaan. Jadi kalau lo beli two ways tickets – tentu kurang lebih juga Rp 2 jutaan.

 

Transportasi ke Pulau Samosir

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya! credit: travel.dream.co.id

Ada dua pilihan yang cukup jelas untuk bisa sampai langsung ke Pulau Samosir. Pertama adalah jalur darat dan yang kedua adalah jalur air. Buat lo yang memilih jalur darat lo bisa menyusuri Jalan Tele. Jalan ini adalah penghubung antara Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

Di jalur tersebut – ada kemungkinan lo bisa menikmati pemandangan alam khas Sumatera Utara. Lo bisa menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian. Lalu jalur kedua adalah jalur air atau penyebrangan menggunakan kapal feri.

 

Setidaknya ada empat dermaga yang menyediakan jalur penyebrangan ke Pulau Samosir. Pertama jalur ambarita-ajibata, di jalur ini kapal ferinya berangkat tiga jam sekali. Lalu ada jalur Simanindo-Tigaras – di sini keberangkatan kapal ferinya lebih banyak.

 

Kemudian ada dermaga Onan Runggu-Balige, dan ada dermaga Sipinggan-Muara. Kurang lebih dari dua dermaga tersebut ada tiga sampai lima keberangkatan dengan masing-masing kapal feri.

 

Penginapan di Pulau Samosir

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya!

Traveling ke Samosir? 5 Hal Ini Mesti Lo Perhatikan Dengan Baik dan Benar Ya! credit: cnnindonesia.com

Banyak sekali lho sekarang penginapan di Pulau Samosir. Selain hotel, terdapat guesthouse, homestay – dan masih banyak lagi yang lainnya. Buat harga juga sangat variatif. Mulai dari yang Rp 100 ribu semalam, sampai ada yang Rp 1 juta semalam.

 

Tergantung fasilitas yang bisa lo nikmati di penginapan tersebut sih. Berdasarkan ketersediaannya – sudah banyak sekali kok penginapan di Pulau Samosir. Mulai dari daerah Tomok-Silimalombu, Tuktuk Ringroad dan juga Sianjur Mula-Mula dan lainnya.

 

Spot Keren di Pulau Samosir

Masih bingung mau ke mana saja jika sudah berada di Pulau Samosir? Tenang bro – di sana banyak sekali lho destinasi wisata yang seru. Sebut saja seperti Pantai Parbaba, Pantai Indah Situngkir, Pantai Batu Hoda dan Pantai Languat.

 

 

Selain itu ada juga air terjun Effrata, air terjun Naisogop dan pemandian air panas Pintu Batu. Lalu buat lo yang suka banget kulineran, jangan upa untuk mencoba kuliner khas Batak di Pulau Samosir ya!

 

Source – Kompas

Feature Image – pegipegi.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

15 COMMENTS

SHARE
dephy
sejauh mata memandang hamparan alam yang cantik
SRI YAYA ASTUTI
Danau Toba adalah salah satu danau paling besar di Asia Tenggara
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Suleman
Nice infonya
arief
makasih infonya
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke samosir
wildan
keren kapan waktunya perlu juga nih gw singgahin
makasih infonya
agung
tq info ya
Allink
Mantappp
Allink
Makasih infonya