Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Instagram kini tak hanya berfungsi sebagai wadah interaksi antarsesama manusia saja. Lo juga bisa memanfaatkannya untuk mencari ide seputar liburan, entah itu hotel atau destinasi wisata. Perubahan apa saja yang sudah dibuat Instagram terhadap pariwisata? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Media sosial saat ini tak hanya digunakan sebagai sarana interaksi saja. Lo juga bisa memanfaatkannya untuk menggali inspirasi atau ide unik yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Sebagai contoh, pelancong dapat menemukan referensi tempat liburan baru lewat postingan instagram salah seorang travel influencer ternama.

 

Salah satu media sosial populer yang penggunanya berasal dari berbagai belahan dunia adalah Instagram. Jumlah postingan foto yang tersebar di situs jejaring sosial ini mencapai puluhan juta per harinya. Fenomena tersebut menggambarkan banyak orang terpikat akan keindahan produk visual. Selain indah, postingan di media sosial ini pun kerap memengaruhi keputusan pelancong ketika traveling.

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya. Photo Credit: travelcenter.uk

Peran Instagram dalam Pertumbuhan Pariwisata

Ketertarikan ini ternyata tak jarang memengaruhi seseorang dalam memutuskan destinasi liburan lho. Tak heran media sosial kerap dilibatkan dalam strategi untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata lokal oleh sejumlah pihak. Contoh instansi yang pernah menerapkan strategi ini adalah dewan pariwisata kota Wanaka di Selandia Baru.

 

Dilansir dari nationalgeographic.com, mereka diketahui mengundang sejumlah influencer ternama dengan jumlah pengikut besar pada tahun 2015. Dewan pariwisata Wanaka menyuruh para influencer tersebut untuk memposting petualangan di akun media sosial masing-masing. Hasilnya pun tak main-main, pertumbuhan pariwisata kota ini sukses meningkat sebesar 14 persen.

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya. Photo Credit: thatanxioustraveller.com

Contoh keberhasilan di atas menggambarkan efektivitas instagram sebagai alat promosi pariwisata. Jumlah orang terlibat di Instagram kabarnya 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan facebook. Data ini dianggap menjadi alasan mengapa instagram menjadi “rumah” bagi 48,8 persen merek di AS pada tahun 2015.

 

 

Persiapan Melibatkan Influencer dalam Promosi Pariwisata

Ada harga yang mesti dibayar untuk meningkatkan sektor pariwisata di sebuah daerah. Badan pariwisata atau hotel lokal tentu harus rela mengeluarkan uang untuk membiayai perjalanan dan petualangan influencer. Intinya, semua kebutuhan mereka harus terpenuhi secara baik.

 

Lokasi penginapan yang ditempati travel influencer juga harus diperhatikan. Setiap tempat diketahui punya harga sewa yang berbeda-beda. Bila influencer hendak bermalam di Marina Bay Sands, badan pariwisata setempat harus siap menyiapkan biaya 720 dollar AS per malam.

 

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya. Photo Credit: travelandleisure.com

Besarnya anggaran yang dikeluarkan untuk influencer untuk tentu tak bisa dianggap sepele. Badan pariwisata tentu harus piawai memilih influencer agar pesan yang ingin disampaikan benar-benar relevan. Terlebih jika tujuan pemasaran ini adalah untuk memberikan eksposur dari media sosial secara real time.

 

“Kami menganalisis setiap profil untuk memastikan mereka (influencer) benar-benar orang yang tepat,” ujar Florencia Grossi selaku Direktur Internasional Promosi untuk Visit Argentina, dikutip dari cnn.com, (2/9/2019).

 

“Kami mencari konten dengan kisah dinamis dan menarik yang mampu membawa pengikut turut hanyut dalam pengalaman,” sambungnya.

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya. Photo Credit: journeyera.com

Dilansir dari cnntraveler.com, salah satu tantangan terbesar badan pariwisata adalah memilah influencer yang asli dan palsu. Mereka harus memeriksa umpan balik audiens untuk tanggapan yang berlawanan dengan pengikut otomatis secara manual. Pasalnya saat ini kehadiran blogger nakal sudah semakin diwaspadai banyak pihak.

 

Mengubah Gaya Pelancong dalam Merasakan Pengalaman Traveling

Berdasarkan laman cntraveler.com, instagram memiliki aneka fitur yang mampu memudahkan traveler untuk menggali informasi tempat liburan. Salah satunya adalah fitur geotag. Lewat fitur ini, pengguna Instagram dapat menadai lokasi di postingan atau story mereka. Lo tentu bisa memanfaatkan hal ini untuk menggali berbagai informasi, mulai dari tempat wisata, restoran, dinding ukiran, hotel, dan lain-lain.

 

Fitur instagram lainnya yang bisa lo pakai untuk menentukan tujuan wisata adalah hashtags atau tagar. Lewat tagar, pelancong juga bakal lebih terbantu dalam menggali elemen-elemen perjalanan yang lebih bernuansa sesuai keinginan. Momen liburan tentu bakal terasa lebih memuaskan.

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya

Bagaimana Instagram Mengubah Dunia Pariwisata dan Traveling Selama-lamanya. Photo Credit: getyourguide.com

Sebagai contoh, lo merencanakan liburan ke tempat bernuansa alam. Cobalah untuk mengetik #sustaianabletravel atau #ecotravel di kolom pencarian instagram terlebih dahulu. Penulisan tagar yang benar tentu akan membawa pelancong ke berbagai postingan yang diharapkan. Setuju ‘kan?

 

Selain itu, pelancong juga bisa menyimpan postingan dengan cara menekan ikon bookmark di kanan bawah gambar apapun. Satu-satunya orang yang bisa melihat postingan-postingan simpanan ini adalah diri lo sendiri. Gambar-gambar tersebut tentu dapat dijadikan referensi untuk rencana liburan selanjutnya.

 

Tahun 2017 silam, Instagram merilis fitur collection untuk memudahkan penggunanya dalam mencari postingan simpanan. Fitur ini sebenarnya memiliki manfaat penting bagi pelancong. Sayangnya, tidak semua pengguna Instagram belum mampu menggunakan fitur collection secara maksimal.

 

Fitur collection bisa dimanfaatkan pelancong untuk mengatur simpanan secara lebih teroganisir. Sebagai contoh, lo dapat mengelompokkan gambar dalam banyak kategori. Entah itu nama kota, liburan impian, daftar makan siang yang wajih dicoba, atau destinasi selanjutnya.

 

 

Demikian informasi seputar instagram yang telah memengaruhi dunia pariwisata dan traveling. Semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan pengetahuan lo tentang wajah pariwisata di era digital. Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur instagram supaya perjalanan liburan lo jadi berkesan! Selamat liburan dan jangan lupa berhati-hati ya bro!

 

Feature Image - theboar.org                           

In Depth Beginner solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Peran Instagram dalam Pertumbuhan Pariwisata
Hilman rusdiyanto
Nice info
Hari Tristiyanto
nice info
Suleman
Nice infonya
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
arief
makasih infonya