Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih?

Apa sih yang menjadi pembeda antara traveler zaman sekarang dan dahulu? Apakah hanya dari faktor teknologinya saja? Daripada bingung, langsung cek saja informasinya di bawah ini!

Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih?

Hari ini memang semua bergantung kepada teknologi, ambil contoh saja deh ketika lo bangun di pagi hari, pasti hal pertama yang lo cari ialah smartphone serta membuka social media untuk melihat beragam informasi. Dengan begitu tentunya perilaku dari traveler juga berubah dari zaman dahulu serta zaman sekarang. Nah, penasaran enggak sih lo mengenai perbedaan tersebut?

 

Segala sesuatu seakan sangat dimudahkan hari ini, mulai dari berkomunikasi hingga bagaimana cara lo berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa membawa kendaraan pribadi. Bahkan, tempat wisata yang lo hampiri ternyata juga cukup berbeda bila dibandingkan dengan zaman dahulu.

 

 

Apa saja sih pembeda dari perilaku traveler hari ini dengan zaman dahulu, daripada lo semakin bertanya-tanya mengenai hal tersebut, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Seru aja enggak sih kalau lo bisa melihat ke belakang sedikit serta membandingkannya dengan hari ini. Harusnya sih lo lebih bersyukur yaa. Semoga informasi di bawah ini bisa membuka mata lo lebih luas lagi yaa.

 

Ciri-Ciri Traveler Zaman Sekarang

 

Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih?

Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih? Credit: phocuswire.com

 

Tentunya hal pertama yang patut untuk lo ketahui terlebih dahulu ialah dengan perilaku seperti apa dari seorang traveler hari ini. Yaap, tanpa disadari kalau generasi millennial sudah menjadi pelauk utama yang menghidupkan kembali industri travel di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

  • Bepergian Bersama Teman Ketimbang Travel Agent

 

Banyak dari para traveler zaman sekarang yang sudah melupakan travel agent. Tentunya dengan banyak alasan, ingin lebih bebas untuk mengeksplorasi tanpa adanya batasan. Karena memang segala perencanaan bisa dilakukan sendiri.

 

Tak heran apabila travel agent sendiri sudah mulai dilupakan. Memilih mengajak teman terdekat untuk menelusuri beragam tempat wisata memang sudah menjadi aktivitas yang menyenangkan serta comfort zone pun selalu terasa ketika melakukan perjalanan.

 

  • Backpacking

 

Kalau memang bisa lebih murah, kenapa enggak? Hal ini sering sekali menjadi pemikiran yang muncul ketika ingin melakukan perjalanan. Tak heran apabila backpacking pun menjadi pilihan utama bagi banyak traveler hari ini.

 

Tidak bisa dipungkiri juga kalau beberapa generasi millennial sendiri belum memiliki mata pencaharian sendiri atau belum stabil dalam pekerjaannya, namun tetap ingin melakukan petualangan. Tentunya trend ini bisa menjadi solusi paling mudah serta realistis untuk dilakukan.

 

  • Teknologi

 

Siapa sih yang masih tidak paham dengan teknologi hari-hari ini atau “gaptek”? Karena lo sudah hidup serta terlahir dengan peradaban teknologi yang sudah maju. Hanya dengan sentuhan layar, semua kesulitan ketika berpetualang sudah dapat teratasi dengan segala kemudahan.

 

Belum lagi dengan kehadiran social media yang seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang, sehingga teknologi pun selalu hadir di tengah-tengah kehidupan. Semuanya sekarang benar-benar dilakukan melalui gadget.

 

Ciri-Ciri Traveler Zaman Dahulu

 

Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih?

Perbedaan antara Traveler Zaman Sekarang dan Dahulu! Cukup Berarti Enggak sih? Credit: travelfreak.com

 

Perbedaan perilaku bisa menjadi hal yang cukup siginifikan bila ingin membandingkan dengan traveler zaman sekarang. Uniknya banyak kemampuan yang lebih dikuasai oleh traveler zaman dahulu loh, namun ada juga beberapa batasan atau tembok. Walaupun begitu, ada baiknya untuk lo bisa melihat ke belakang seputar perilaku tersebut yaa.

 

  • Lebih Mudah Tersesat

 

Yaap, traveler zaman dahulu memang lebih mudah untuk tersesat, hal tersebut pun karena banyak faktor yang bisa menyebabkan. Secara kasat mata, memang masalah teknologi. Kalau zaman sekarang kan dipermudah dengan adanya GPS dan lain sebagainya.

 

Walaupun begitu, ada kemampuan yang lebih menonjol bila dibandingkan dengan traveler hari ini loh. Yaitu lebih memiliki insting untuk bertahan lebih kuat, bayangkan saja ketika ingin mendapatkan petunjuk arah, traveler zaman dahulu akan senantiasa untuk bertanya kepada masyarakat sekitar.

 

Secara tidak langsung, selain dari insting bertahan, kemampuan dalam hal sosialisasi tentu lebih handal. Bayangin saja, untuk memecahkan sebuah masalah yang rumit, orang zaman dulu tidak bergantung atau bersandar kepada teknologi loh.

 

  • Tidak Mampu Berekspektasi Tinggi

 

Jangankan membuat itinerary, untuk mendapatkan informasi mengenai tempat tujuan saja merupakan hal yang sulit untuk di lakukan pada zaman dahulu. Karena memang belum ada tuh, review mengenai tempat wisata, seperti apa yang sudah didapatkan di internet seperti hari ini.

 

Tak heran apabila traveler zaman dahulu tidak bisa memiliki ekspektasi cukup tinggi mengenai perjalanan mereka. Namun ada hal positif di balik hal tersebut loh, lebih bersyukur serta mampu mendapatkan momen kejutan dalam setiap perjalanan.

 

  • Membawa Uang Tunai dalam Jumlah Banyak

 

Bila dibandingkan dengan hari ini, memang segala sesuatunya lebih dipermudah. Sama halnya dengan uang. Sekarang lo enggak butuh mengambil uang tunai dalam jumlah banyak, karena sebagian sudah bisa dilakukan secara digital atau banyaknya ATM.

 

Jangankan digital, mesin ATM saja bisa dibilang masih sedikit pada zaman dahulu. Tak heran apabila kalau ingin melakukan traveling pada zaman dahulu dibutuhkan tempat penyimpanan uang cukup besar, tentunya keamanan menjadi ancaman. Cukup rumit bukan traveling pada zaman dahulu.

 

**

 

 

Dengan begitu, tentunya lo sudah bisa menemukan perbedaan antara traveler zaman sekarang dengan dahulu bukan? Yaap, teknologi memang menjadi hal pembeda paling besar, namun ada banyak kemampuan lainnya yang tentu dimiliki oleh generasi dahulu bila dibandingkan dengan sekarang bukan?

 

Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan pemikiran lo agar bisa membedakan apa yang terjadi pada zaman dahulu serta sekarang, tentunya seputar dunia traveling. Semangat selalu dan kalau lo memiliki pemikiran lainnya langsung tumpahkan saja di kolom komentar yaa!

 

Source:

 

- .hipwee.com

 

- travel.dream.co.id/

 

- karirkawanlama.com

 

 

Featured Image: videoblocks.com

 

In Depth Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Jelas berbeda spiritnya.
Yumna Aditya Prakoso
nice info gan
Hilman rusdiyanto
Tujuannya sebenarnya sama
Suleman
Mantap infonya
Hari Tristiyanto
Baru tauuu heheheheeh
Ricko Pratama Putra
Nice Info
arief
karna kemajuan jaman dan tehnologi pasti bergeser cara dan polanya tp intinya sama tujuanya sama
eNeS
Tetep harus mengikuti kemajuan teknologi. Jika tidak akan repot sendiri.
Hari Tristiyanto
good info