5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

Saat musim hujan tiba, pengguna sneakers hendaknya mengetahui cara merawat sepatu yang baik dan benar. Seperti apakah itu? Silakan cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

Para pengguna sneakers hendaknya mengetahui cara merawat sepatu yang baik dan benar kala musim hujan. Mereka juga perlu mencari metode terbaik untuk melindungi sepatu dari hujan atau genangan air. Intinya persiapan harus benar-benar matang untuk menghadapi situasi ini.

 

Saat musim hujan tiba, beberapa daerah di Indonesia sangat rawan terkena banjir. Kondisi ini tak jarang membuat sepatu sneakers mudah kotor. Hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi sneakers dari air hujan dan banjir? Berikut adalah tips merawat sneakers yang sudah terendam banjir atau terkena hujan. Silakan disimak bro!  

 

1. Trik Membersihkan Yeezy atau Flyknit

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir. Photo Credit: aneakerfreaker.com

Ada banyak teknik yang bisa lo gunakan untuk membersihkan sepatu. Kebanyakan orang biasanya membawa sabun dan air saat melakukan hal ini. Akan tetapi, metode ini baiknya tidak diterapkan ke semua jenis sepatu.

 

Beberapa jenis sneakers diketahui terbuat dari bahan khusus, contohnya seperti tipe Flyknit dan Yeezy. Lo perlu merawatnya dengan metode tertentu. Apabila sneakers terkena lumpur, cobalah untuk membersihkannya dengan lembut. Pilihan alternatif lainnya adalah memakai pembersih berbasis air agar bahannya tak rusak.

 

Pokoknya hindari pemakaian pemutih saat membersihkan sneakers tipe Yeezy dan Flyknit. Selain itu, lo juga sebaiknya tidak membersihkan dua sepatu ini di mesin cuci. Trik lainnya untuk membuat sneakers ini tahan lama adalah tidak menerapkan panas dan uap pada sepatu. Harap diingat ya bro!

 

2. Mencuci Tali Sepatu secara Berkala

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir. Photo Credit: insider.com

Kebersihan tali sepatu juga akan mempengaruhi penampilan lo ketika beraktivitas. Untuk itu, lo perlu mencuci barang ini secara rutin agar rupanya tetap terlihat bersih di sepanjang waktu. Tali sepatu yang bersih tentu bakal menambah rasa percaya diri pemakainya.

 

Cara membersihkan tali sepatu sebenarnya cukup mudah. Lo hanya perlu menyiapkan air suam-suam kuku dan sabun pembersih lembut. Jika tali sepatu lo terlalu kotor, cobalah untuk merendamnya dalam air selama beberapa jam terlebih dahulu. Hal ini bakal membuat noda pada tali sepatu lebih mudah dibersihkan dan dihilangkan lho.

 

 

3. Merawat Sneakers dengan Semprotan Pelindung Khusus

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir. Photo Credit: sneakerfreaker.com

Hampir semua penyuka sneakers sejati tentu sudah tahu keberadaan semprotan pelindung sepatu. Lo bisa memanfaatkan benda ini untuk melindungi sepatu dari kotoran dan lembab. Nah, beberapa jenis sepatu kemungkinan dibekali semprotan pelindung khusus.

 

Pemakaian semprotan ini tentu akan membuat usia sepatu lo lebih panjang. Gunakan alat ini tepat setelah sepatu dikeluarkan dari kotak penyimpanan. Penyemprotan baiknya dilakukan minimal setiap dua minggu sekali agar kulitas sepatu terjaga baik.

 

Pengguna sneakers perlu ingat bahwa semprotan ini tidak mampu membuat sepatu lo terlindung dari lumpur setelah menginjaknya. Meski begitu, lo tetap bisa memakainya untuk menjaga sepatu dari percikan air atau hujan ringan. Cukup bermanfaat bukan? Jangan lupa siapkan barang ini ya bro!

 

4. Cara Membersihkan Converse, Vans, dan Superga

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir. Photo Credit: twitter.com/footlockercad

Setiap jenis sepatu memiliki karakteristik tersendiri. Sepatu berbahan kanvas tidak punya karakter yang sama dengan sepatu kulit. Sepatu berbahan kanvas cenderung lebih mudah kotor dibandingkan beberapa jenis sepatu lainnya. Meski begitu, keunggulan sepatu ini adalah lebih mudah dibersihkan.

 

Cara membersihkan sepatu berbahan kanvas tak boleh dilakukan sembarangan. Bila hendak melakukan deep cleaning, lo perlu membuat campuran air dan hidrogen peroksida terlebih dahulu. Campurkan keduanya dengan takaran 50:50.

 

Jika sudah, cobalah untuk menambahkan sedikit soda pengembang ke dalam campuran bahan tadi. Perpaduan bahan-bahan ini nantinya bisa lo gunakan untuk membersihkan area sepatu kanvas. Jangan lupa untuk menerapkannya ya bro!

 

5. Teknik Membersihkan Nike Air Jordan atau Adidas Superstar

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir

5 Tips Merawat Sneakers yang Terkena Air Hujan dan Banjir. Photo Credit: thesolesupplier.co.uk

Untuk membersihkan sepatu dengan upper berbahan leather, lo bisa membawanya ke tempat cuci sepatu. Pasalnya jenis dan bahan sepatu ini cocok untuk dibersihkan di tempat tersebut. Contoh sepatu upper dengan bahan leather adalah adidas Superstar dan Nike Air Jordan.

 

Akan tetapi, lo sebaiknya menerapkan metode berbeda bila hendak mencuci sepatu berbahan kulit dan berwarna putih. Metode ini hanya memerlukan bahan berupa sikat gigi dan sedikit pasta gigi. Langkah pertama adalah mencari pasta gigi berwarna putih tanpa butiran kristal.

 

Selanjutnya, lo bisa membilasnya dengan air untuk kemudian dijadikan sebagai bahan menyikat sepatu. Lakukan proses menyikat secara perlahan agar bahan sepatu lo tidak cepat rusak. Penerapan metode ini akan membuat sepatu lo kembali terlihat putih dan bersih deh!

 

 

6. Memerhatikan Letak Penyimpanan Sepatu

Taruhlah sneakers lo secara rapi dalam suatu tempat khusus, misalnya di dalam kotak atau kantong. Sebisa mungkin jangan taruh barang ini di dalam lemari untuk menghindari debu. Oke bro?

 

Saat menaruhnya di dalam kotak, tambahkan silica gel agar kondisi ruangan tidak lembab sepatu lo terhindar dari jamur. Jangan lupa juga untuk menaruh sepatu di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Harap berhati-hati ya bro!

 

Demikian 6 tips merawat sneakers yang sudah terkena hujan dan banjir. Semoga penjelasan di atas membantu lo yang masih sering kebingungan saat membersihkan sepatu. Jangan lupa untuk menerapkan 6 hal ini untuk membuat sepatu lo tetap awet ya.

 

Source: kompas.com

Feature Image - cleaningexec.com

Tips Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
dephy
Beberapa jenis sneakers diketahui terbuat dari bahan khusus, contohnya seperti tipe Flyknit dan Yeezy. Lo perlu merawatnya dengan metode tertentu. Apabila sneakers terkena lumpur, cobalah untuk membersihkannya dengan lembut. Pilihan alternatif lainnya adalah memakai pembersih berbasis air agar bahannya tak rusak
Agung Sutrisno
Pengguna sneakers hendaknya mengetahui cara merawat sepatu yang baik dan benar
Allink
Mantaapppp
Suleman
Bolehlah dicoba
Allink
Hjkkkhhhjkjbvvvg
Hari Tristiyanto
nice tips
Kristian Mustafa
Nice Info.
Cecep Jajang
Kebersihan sebagian dari iman
Ricko Pratama Putra
ok tipsnya