5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

Susah tidur dan istirahat ketika traveling? Menjengkelkan sih - tapi lima cara di bawah diprediksi bisa membuat lo lebih cepat rileks dan istirahat!

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

 

Periode traveling yang lebih dari 3-4 hari memang kalau dirasa, cukup melelahkan. Itu makanya salah satu persiapan yang penting sebelum melakukan perjalanan adalah tubuh yang sehat dan fit. Tapi ada masalah yang kerap muncul di sela-sela tersebut: sulit tidur atau istirahat.

***

 

Ada tidak sih bro di antara lo yang kerap sulit tidur atau istirahat walau memang sudah waktunya. Mata tidak terpejam padahal masih ada aktivitas yang mesti lo lakukan lagi nantinya. Hal ini tentu akan mengganggu perjalanan lo.

 

Bagaimana tidak bro – kalau susah untuk tidur atau istirahat dalam keadaan traveling, tentu akan membuat badan jadi lebih cepat lelah. Pada akhirnya traveling lo jadi kurang efektif. Namun perlu diingat juga kalau tiap ada masalah, pasti ada solusinya.

 

 

Salah satunya adalah masalah di pemikiran. Kadang tubuh yang sudah terlalu lelah, tapi pikiran jalan terus adalah salah satu penyebab lo susah untuk tidur dan istirahat. Oleh karena itu butuh cara untuk membuat lo cepat tidur dan istirahat.

 

Nah di bawah ini atau di bahasan kali ini – setidaknya ada lima cara mudah dan menarik yang bisa lo terapkan ketika lo sedang traveling dan sulit untuk istirahat. Bagaimana cara-caranya? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Cara Cepat Tidur Saat Traveling: Metode Militer

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan! credit: sleepflawless.com

Percaya atau tidak nama cara pertama ini adalah memang metode militer. Metode atau cara ini kerap digunakan oleh para prajurit perang untuk cepat istirahat dan bisa melanjutkan aktivitas mereka. Metode ini atau cara ini – hanya membutuhkan waktu 120 detik untuk membuat lo tertidur.

 

Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot yang ada di dalam mulut, lalu letakan kedua tangan di samping tubuh. Dari sini sila bernapas dengan teratur dan mencoba menjernihkan pikiran dengan cara membayangkan hal-hal santai.

 

Nah dari sini – lo akan mendapatkan ‘pikiran yang kosong’ dan tetiba lo akan tertidur hanya dalam 120 detik saja. Tidak percaya? Sila coba ya bro!

 

Cara Cepat Tidur Saat Traveling: 4-7-8

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan! credit: shutterstock.com

Fokus di sistem pernapasan – di cara kedua ini, dipercaya jika pernapasan yang teratur akan membuat lo lebih cepat rileks dan lebih cepat mengantuk lalu tertidur. Bagaimana caranya, 4-7-8 adalah salah satu cara bernapas yang cukup efektif.

 

Pertama, tarik nafas dalam empat hitungan, kedua tahan napas selama tujuh detik, kemudian terakhir buang napas selama delapan detik secara perlahan. Dari ketiga langkah tersebut sila coba empat set dan rasakan tubuh lo akan terasa lebih cepat rileks.

 

Nah karena ini berhubungannya dengan pernapasan, bagaimana dengan diri lo yang mempunyai riwayat asma? Oleh karena itu ada baiknya lo konsultasi terlebih dahulu dengan pihak terkait.

 

Cara Cepat Tidur Saat Traveling: Relaksasi Otot Progresif

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan! credit: globetrooper.com

Percaya atau tidak – cara cepat tidur ketika lo sedang traveling yang satu ini cukup efektif. Pertama lo bisa mengangkat alis setinggi mungkin dan tahan selama lima detik. Kedua, lepaskan dan kasih jeda sepuluh detik untuk bersantai.

 

Lalu buat senyum lebar dengan tahan lima detik, lalu lepaskan dan kasih jeda selama 10 detik. Terus, pola ini diterapkan di kepala, mata dan dagu sampai badan lo terasa lebih rileks. Dengan begini lo akan lebih cepat mudah untuk tertidur.

 

Cara Cepat Tidur Saat Traveling: Niat Paradoks

Nah yang satu ini, walau cukup aneh kelihatannya – tapi percaya atau tidak hal ini bisa membuat lo tidur lebih cepat. Lo hanya tinggal mengatakan kepada diri sendiri kalau lo sulit tertidur dan tidak bisa beristirahat dengan cepat.

 

Menyadari kondisi tersebut – percaya atau tidak lo bisa lho lebih cepat tertidur. Hal ini terkait dengan niat diri lo yang bisa membuat badan lebih rileks serta mengosongkan pikiran sejenak lalu sekejap lo akan tertidur dengan mudah dan cepat.

 

Cara Cepat Tidur Saat Traveling: Visualisasi Tempat Tenang

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan!

5 Cara Menarik Ini Bikin Lo Istirahat Dengan Mudah Saat Dalam Perjalanan! credit: tripsavvy.com

Cara kelima ini juga bisa membuat lo lebih cepat rileks dan tertidur dengan cepat. Mengimajinasikan atau mevisualisasikan tempat yang tenang secara tidak langsung akan membuat lo merasa berada di tempat tersebut.

 

Dari situlah lo akan dengan cepat untuk tertidur. Biasanya, membayangkan tempat-tempat tenang yang disukain seperti air terjun, laut, dan pegunungan yang sepi dan tenang bisa membuat lo lebih rileks dan akhirnya cepat tertidur.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima cara cepat tidur saat sedang traveling – kira-kira cara yang mana nih yang bisa lo terapkan dalam diri lo?

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – nytimes.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

9 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Allink
Info mantaf
Hari Tristiyanto
makasih infonya
eNeS
Bener emang. Niatnya travelling biar rileks. Tapi kalo kurang tidur pulang langsung tepar..
Cecep Jajang
Sekali nempel langsung tidur
Ricko Pratama Putra
Mending gak tdur.. Takut barang hilang.. Hehe
arief
Simpel to efeknya mantap
Ananda ihza amardhany
Sambil Dengerin musik
Allink
Mantap infonya