Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

Ranu Manduro boleh viral sekarang-sekarang ini - tapi ternyata ada juga bekas tambang yang sudah lebih dulu populer lho! Penasaran di mana saja? Sila simak bahasan kali ini ya!

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

 

Kekayaan Indonesia ini memang kalau dihitung mungkin tidak mengerti lagi bagaimana jumlahnya ya. Kenapa begitu? Percaya atau tidak bro – tempat bekas tambang yang sudah tidak terpakai lagi saja bisa jadi destinasi yang keren. Salah satunya Ranu Manduro!

 

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang! credit: tribunnews.com

Ranu Manduro adalah salah satu destinasi wisata yang sedang viral di jagat dunia maya. Pasalnya, berangkat dari video berdurasi tidak sampai 30 detik tersebut menayangkan kalau di Indonesia sendiri mempunyai padang rumput yang luas dan sangat fotogenik.

 

Eits, tapi di bahasan kali ini – lo belum diajak untuk membahas soal Ranu Manduro secara lengkap dan detil ya. Tapi di bahasan kali ini setidaknya lo akan diajak untuk mengetahui kalau ternyata selain Ranu Manduro – ada destinasi wisata yang serupa lho.

 

 

Bukan serupa seperti padang rumput yang luas ya – tapi sama-sama bekas tambang. Wah benar-benar deh Indonesia ini ya. Bekas tambang saja bisa jadi spot atau destinasi wisata yang luar biasa. Bagaimana jika destinasi yang sudah ada dari sebelum-sebelumnya ya.

 

Waduh sudah penasaran ya di mana saja kira-kira bekas tambang yang sekarang jadi spot atau destinasi wisata yang populer? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya bro!

***

 

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata: Tebing Breksi

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang! credit: tribunnews.com

Siapa yang tidak pernah ke Yogyakarta nih? Kalau ke kota yang terkenal dengan makanan yang manis-manis serta candi-candi yang penuh dengan sejarah, ada satu spot yang mesti lo datangi selain spot-spot atau destinasi wisata umum tersebut bro.

 

Yogyakarta punya Tebing Breksi. Kawasan ini dulunya adalah tambang. Namun di tangan pengelola yang tepat – percaya atau tidak, sekarang ini Tebing Breksi jadi salah satu destinasi wisata yang sangat fotogenik sehingga populer sekali di mana-mana.

 

Salah satu daya tarik tersendiri yang ada di Tebing Breksi adalah relief indah yang dibuat oleh seniman lokal di sana. Jadi latarbelakang yang bagus banget buat berfoto-foto bro! Oh iya, kalau lo mau naik ke puncak tebing ini, lo akan mendapatkan pemandangan Candi Prambakan, Boko sampai Gunung Merapi, lho!

 

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata: Kandang Godzilla

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang! credit: pegipegi.com

Eits, ini bukan betul-betul kandang seekor monster fiksi ya! Jangan ngeri dulu bro – itu adalah sekedar nama yang menarik perhatian saja. Kandang Godzilla tidak ayal seperti Ranu Manduro yang dahulunya adalah kawasan penambangan.

 

Namun karena sudah tidak aktif lagi – spot dan destinasi wisata ini menjadi populer karena keindahan alam yang ada di sana. Bekas tambang pasir di daerah Cisoka ini akhirnya berubah menjadi tebing-tebing tidak beraturan dan ditumbuhi berbagai tanaman hijau.

 

Alhasil – hal-hal tersebut makin membuat Kandang Godzilla semakin fotogenik. Dari hal itu juga destinasi wisata yang ada di Tangerang ini semakin populer di mana-mana dan kerap terlihat ramai ketika akhir pekan karena pengunjung yang datang ke sana tidak sedikit!

 

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata: Danau Kaolin

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang!

Selain Ranu Manduro Ini 5 Destinasi Keren yang Dahulunya Adalah Tambang! credit: pakettourbelitung.net

Pindah ke Pulau Seberang – tepatnya di kawasan Pulau Belitung, di sini terdapat destinasi wisata yang nasibnya kurang lebih sama dengan Ranu Manduro. Betul bro – Danau Kaolin adalah destinasi yang dimaksud.

 

Danau super indah ini adalah bekas tambang yang tidak terpakai. Lubang yang ada di sana tertutup air sehingga menjadi sebuah danau pada akhirnya. Airnya sih yang fotogenik sekali – terkadang jadi berwarna biru muda bro.

 

Tapi tidak bisa dipakai untuk berenang atau permainan air lainnya karena kandungan mineral yang ada di air tersebut ada yang berbahaya untuk tubuh manusia. Jadi kalau datang ke sini – bisa berfoto-foto saja ya bro!

 

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata: Sawahlunto

Cukup jauh berbeda dengan beberapa spot atau destinasi wisata yang ada di atas – bekas tambang Sawahlunto ini juga menjadi destinasi wisata tapi lebih ke arah edukasi bro.

 

Dahulu tambang ini adalah tambang terbuka yang mempunyai kompleksitas yang akhirnya sekarang menjadi nilai-nilai edukasi yang penting bagi siapa saja yang mengunjunginya bro!

 

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata: Kampung Reklamasi Air

Nama lengkap dari destinasi terakhir ini adalah Kampung Reklamasi Air Jangkang. Kurang lebih sama dengan Ranu Manduro – spot dan destinasi wisata ini dahulunya adalah tambang. Namun karena tidak aktif lagi, dan akhirnya dikelola menjadi destinasi wisata yang ramah untuk semua kalangan.

 

Berlokasi di Dusun Sinar Rembulan, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka – spot ini bisa dicapai dengan 25 menit saja dari Kota Pangkalpinang.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima spot atau destinasi wisata bekas tambang yang ada di atas – yang mana dulu nih yang sudah lo rencanakan untuk didatangi? Sila komentar di kolom di bawah ini ya!

 

Source – detik travel

Feature Image – backpackerjakarta.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

5 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Kereeen yaa
Agus Sungkawa
kandang Gozzila .. Kren juga
Ricko Pratama Putra
Makasih Infonya
wildan
kerennn
makasih infonya
Panjul nikilos
Memang benar eks tambang cenderung baik dan lebih bagus kalau sudah di tumbuh i rumput liar