Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu!

Siapa sih yang tidak penasaran dengan Ranu Manduro? Keindahan alam yang luar biasa ini mampu membuat banyak traveler penasaran! Sila simak selengkapnya di sini!

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu!

 

Beberapa waktu terakhir ini – jagat media sosial terkait traveling dan para traveler sedang dihebohkan dengan kemunculan salah satu destinasi wisata baru yang keindahannya luar biasa. Bahkan, sempat dikira destinasi tersebut ada di Selandia Baru, padahal dari Mojokerto, lho!

 

Destinasi tersebut adalah Ranu Manduro.

 

Berasal dari salah satu unggahan traveler di media sosial berbentuk video yang berdurasi kurang lebih 30 detik – Ranu Manduro sempat tidak dikenali kalau destinasi wisata tersebut berada di Indonesia karena keindahan alamnya seperti di film-film petualangan bro!

 

Namun ada yang menarik nih dibalik munculnya Ranu Manduro yang mengisi daftar destinasi wisata yang mesti lo datangi di Indonesia ini. Beberapa fakta menarik ini cukup mengejutkan, sih – seperti hal yang tidak disangka-sangka.

 

 

Sekarang ini keadaannya – Ranu Manduro tengah menerima serbuan para traveler yang penasaran dengan keindahan alam yang ada di sana. Hampir tiap harinya destinasi wisata tersebut menerima para traveler yang datang.

 

Terlebih saat akhir pekan bro – mungkin bisa ratusan traveler silih berganti mendatangi destinasi yang menyimpan berbagai fakta menarik yang cukup mengejutkan. Nah penasaran apa saja sih memang fakta-fakta tersebut? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

***

 

Ranu Manduro: Ternyata Bekas Tambang

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu!

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu! credit: hargaticket.com

Percaya atau tidak nih bro kalau Ranu Manduro adalah bekas tambang yang sudah tidak aktif lagi dan sudah ditinggalkan. Tidak kepikirankan kalau Ranu Manduro berasal dari sebuah penambangan. Di Indonesia sendiri ada beberapa destinasi yang seperti Ranu Manduro ini lho.

 

Sebut saja seperti Danau Kaolin di Bangka – lalu ada Tebing Breksi di Yogyakarta dan ada Kandang Godzilla di Tangerang. Deretan destinasi wisata tersebut yang sudah populer terlebih dahulu juga berasal dari penambangan.

 

Di tangan pengelola yang tepat deretan destinasi wisata tersebut menjadi salah satu spot keren yang wajib lo datangi karena keindahan yang ada. Tidak jauh berbeda dengan Ranu Manduro yang sekarang ini sedang menerima serbuan traveler yang datang ke sana.

 

Ranu Manduro: Fasilitas yang Belum Memadai

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu!

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu! credit: tribunnews.com

Hal ini tentu terkait dengan umur kemunculannya yang terhitung jelas belum lama. Fasilitas di sana belum memadai bro. Bahkan untuk sekedar akses jalan menuju ke sana juga belum memadai. Tapi hal tersebut tidak menghentikan rasa penasaran para traveler, lho.

 

Percaya atau tidak – untuk bisa sampai Ranu Manduro, para traveler mesti melanjutkan perjalanan mereka setelah melewati jalan Provinsi Mojokerto-Pasuruan. Dari jalan tesebut para traveler mesti masuk lagi ke jalan desa kurang lebih satu kilometer.

 

Di mana jalan desa tersebut hanya selebar dua meter saja. Ini sudah pasti tidak bisa lo lalui dengan kendaraan roda empat karena jika papasan, mungkin salah satu mobil mesti ada yang mengalah terlebih dahulu karena tidak muat!

 

Ranu Manduro: Ada Apa sih di Sana?

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu!

Ranu Manduro yang Populer: Ini 4 Fakta Menarik Dari Bekas Tambang Itu! credit: merdeka.com

Berlokasi di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Mojokerto Jawa Timur – Ranu Manduro adalah padang rumput luas yang dihiasi dengan berbagai perbukitan hijau di sekelilingnya. Hal ini terlihat begitu fotogenik sehingga mengundang banyak rasa penasaran.

 

Mereka yang datang ke sana rata-rata mengambil foto di padang rumput, di batu-batu besar yang terdapat di sana juga – dan tidak lupa di sebuah telaga yang ada di sana. Telaga tersebut adalah salah satu bekas peninggalan penambangan.

 

Oh iya, Ranu Manduro juga mempunyai latarbelakang yang cukup istimewa, lho. Latarbelakang yang dimaksud adalah Gunung Penanggungan yang bisa menambah indah foto-foto yang lo punya saat berada di sana.

 

Ranu Manduro: Meningkatkan Ekonomi Warlok

Walau sekarang masih belum ada tiket retribusi yang resmi – tapi warga lokal di sana sudah menarik dana untuk sekedar parkir. Tapi tidak hanya itu bro – warung makan dan minum sudah banyak buka di sana.

 

Nah ini secara langsung bisa meningkatkan ekonomi warga lokal nih. Apalagi sekarang ini yang datang ke sana masih banyak sekali. Diharapkan sih bisa menarik retribusi yang nantinya akan diputar untuk jadi fasilitas-fasilitas yang memadai.

 

 

Wah bagaimana nih bro? berdasarkan dari empat fakta menari di atas – apakah sudah membuat lo makin penasaran dengan Ranu Manduro? Daripada makin penasaran – langsung saja siapkan waktu kosong untuk datang ke sana ya!

 

Source – detik travel

Feature Image – merdeka.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

10 COMMENTS

SHARE
dephy
lagi viral
Suleman
Otw gajian
agung
tq info ya
Panjul nikilos
8 menit dari rumah bro deket banget
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke sana
Ricko Pratama Putra
Menarik juga
Agus Sungkawa
Fakta Fakta yg menarik
wildan
keren tp masih perlu di benahi lg apa lg bekas galian tamabang tanahnya rawan longsor
Allink
Makasih infonya
agung
tq info ya