Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah!

Pemasangan facial recognition di Bandara Internasional Banyuwangi adalah salah satu langkah yang cukup futuristik. Selengkapnya di bahasan kali ini bro!

Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah!

 

Keberadaan sebuah teknologi hanya mempunyai dua kemungkinan besar. Pertama membantu manusia, yang kedua (mungkin) akan merepotkan manusia. Tapi sampai saat ini, mayoritas dari teknologi yang ada tentu memudahkan. Seperti teknologi pendeteksi wajah yang akan dipasang di Bandara Internasional Banyuwangi!

***

 

Cukup bangga mendengar kabar ini karena menjadi salah satu bukti kalau Indonesia adalah negara yang maju dan lekat dengan berbagai teknologi yang sedang berkembang. Hal ini terkait dengan berita adanya rencana pemasangan teknologi pendeteksi wajah di Bandara Banyuwangi.

 

Namun dibalik penggunaan teknologi ini – muncul pertanyaan terkait dengan keberadaan pendeteksi wajah tersebut apakah membuat semuanya semakin mudah atau malah semakin rumit? Seharusnya teknologi ini membantu segalanya lebih mudah ya.

 

 

Nah, terkait dengan pemasangan teknologi yang lumayan futuristik ini, terdapat beberapa hal-hal menarik yang mesti lo ketahui. Apa saja hal tersebut? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Digunakan Untuk Proses Check In dan Boarding

Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah!

Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah! credit: readwrite.com

Pemasangan teknologi yang lumayan futuristik di Bandara Internasional Banyuwangi ini diperuntukan untuk mempermudah proses check in dan boarding. Sementara ini, proses check in bisa dilakukan dengan du acara.

 

Cara pertama bisa dengan self check in – di cara ini, menggunakan mesin tersendiri yang hanya membuat lo memasukan kode-kode tertentu agar tiket atau boarding pas bisa dicetak dengan mandiri. Tentu keberadaan self check in bisa membantu para traveler yang mungkin terburu-buru.

 

Lalu cara yang kedua adalah mendatangi bagian check in per maskapai. Hal ini terkait dengan penimbangan barang bawaan lo sih. Penentuan apakah hanya masuk kabin atau perlu masuk bagasi pesawat. Cukup konvensional.

 

Nah ada yang perlu diperhatikan untuk cara self check in ya – untuk mempermudah diri lo dan mempercepat proses agar lo bisa dengan tenang masuk ke dalam boarding room – pastikan lo tidak membawa barang-barang yang berlebihan ya.

 

Hal ini tentu akan terkait dengan teguran para petugas maskapai yang mungkin melihat kalau barang bawaan lo terlalu berlebihan dan tidak masih kabin. Ada ukuran barang bawaan tertentu yang diperbolehkan untuk masuk kabin.

 

Terkait dengan teknologi yang dipasang di sana yaitu biometric facial recognition dimaksudkan untuk memperlancar otomatisasi alur penumpang. Diharapkannya juga dengan hal ini segala prosesnya semakin cepat, mudah dan lancar.

 

Bandara yang Berkonsep Eco Green Airport

Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah!

Bandara Internasional Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah! credit: detik.com

Selain teknologi yang futuristik dipasangkan di bandara tersebut – percaya atau tidak kalau Bandara Internasional Banyuwangi adalah salah satu bandara yang berkonsep eco green airport. Hal ini bisa dilihat dari minimalnya penyejuk ruangan seperti AC.

 

Untuk membuat ruangan semakin nyaman, bandara ini mempunyai sirkulasi udara yang sangat baik dengan memanfaatkan kisi-kisi di dinding terminal penumpang. Hal ini juga didukung oleh berbagai tanaman hijau di kawasan bandara tersebut.

 

Jadi di bandara ini ada dua konsep besar yang berpadu dengan manis bro. Pertama bandara ramah lingkungan dan kedua adalah bandara pintar. Di mana dua konsep ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri buat para traveler datang ke sana.

 

Selain itu, tentu sebaran destinasi wisata yang ada di Banyuwangi juga jadi salah satu faktor penarik mereka, para traveler untuk datang ke sana dan melalui bandara tersebut. Diharapkannya customer experience yang ada di sana meningkat.

 

Apakah Bandara Lain akan Mengikuti?

Bisa jadi bro – bagaimana menurut lo sendiri, apakah penting semua bandara di Indonesia mesti menggunakan teknologi ini untuk mempermudah proses yang ada di dalamnya? Kalau iya coba tuliskan pendapat lo di kolom komentar di bawah ini ya!

 

 

Mungkin pada akhirnya semua bandara akan mengikuti jejak pemasangan teknologi seperti di Bandara Internasional Banyuwangi ini sih. Hal ini jelas akan berdasar oleh kemajuan teknologi yang semakin teknis dan dibutuhkan oleh banyak kalangan termasuk para traveler.

 

Source – detik travel

Feature Image – banyuwangibagus.com

Urban Places Beginner solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
mantap kali gan
Hilman rusdiyanto
Rumahku lur
Suleman
Mantap maju terus
Hari Tristiyanto
mantap bgt......
Agung Sutrisno
Teknologi membantu segalanya lebih mudah meski tidak mengesampingkan bantuan tenaga manusia.
wildan
kerennn, semoga bandara yg lain segera menyusul