3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau!

Ketika lo jalan-jalan ke Papua, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa pilihan danau terpencilnya yaa. Karena memiliki pemandangan alam nan memukau! Simak saja artikel ini kalau enggak percaya!

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau!

Papua memang merupakan kawasan di mana lo bisa melihat beragam keindahan alam yang masih perawan beserta dengan kekentalan kebudayan setempat. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri ingin sekali untuk datang serta melihat daya tarik dari pulau ini secara langsung. Nah, danau ternyata menjadi salah satu keindahan yang bisa lo lihat di sana loh.

 

Keunikan dari danau di Papua sendiri terlihat dari luasnya serta kejernihan airnya, bukan hanya itu saja loh, letaknya yang terpencil juga menjadi alasan atau mampu meningkatkan rasa penasaran bagi banyak petualang untuk membuktikan sendiri seperti apa sih keindahannya. Tenang bukan hanya terdapat satu danau terpencil saja kok di sana, kurang lebih ada 3 danau yang patut untuk lo kunjungi.

 

 

Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan danaunya, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga lo bisa menyempatkan waktu untuk datang ke pulau Papua serta melihat keindahan dari danau-danaunya. Oo iyaa, jangan lupa juga untuk mempersiapkan beragam keperluan outdoor lo yaa agar membuat lo lebih nyaman lagi untuk menelusuri danau di sana.

 

Pilihan Danau Terpencil di Papua – Danau Larson

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau!

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau! Credit: tripzilla.id/

 

Perlu untuk diketahui juga kalau lo ingin menelusuri danau di Papua maka lo akan menghadapi medan pegunungan yang belum terlalu terjamah oleh manusia. Sehingga jangan heran apabila lo akan mendapatkan jalur dengan kesulitan cukup tinggi.

 

Danau Larson bisa menjadi destinasi pertama ketika ingin melihat keindahan danau di Papua. Untuk tiba di sana lo memang harus melewati jalur pendakian menuju Puncak Carstensz, dari danau ini lo bisa melihat jejeran Pegunungan Jayawijaya. Danau ini juga dikelilingi padang rumput yang cukup luas.

 

Suasana di danau ini pun akan semakin indah karena terdapat banyak burung Belibis yang berenang-renang sebelum terbang kembali. Warna dari burungnya bermacam-macam, ada yang hitam, cokelat, dan putih. Nah, untuk waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau ini ialah pada saat matahari terbit hingga pukul 10.00. Selebih dari jam tersebut, kabut akan turun dan menutupi danau.

 

Untuk menuju ke danau ini bisa melalui Nabire atau Timika, kemudian disambung penerbangan selanjutnya ke Sugapa. Dari sini dibutuhkan jalan kaki selama empat hari untuk bisa melihat keindahan dari Danau Larson. Selain melewati Sugapa, ada dua tempat untuk menuju Larson, yakni Ilaga dan Beoga. Di dalam kawasan danau ini juga terdapat tempat yang biasa digunakan sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Carstensz.

 

Pilihan Danau Terpencil di Papua – Danau Habema

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau!

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau! Credit: kumparan.com

 

Danau yang akan memberikan sebuah pengalaman tak terlupakan karena keindahan di Papua ialah Danau Habema. Kawasan alam yang letaknya terpencil di Papua ini juga memiliki ketinggian sekitar 3.225 meter di atas permukaan laut.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau Danau Habema ini tepat berada di zona inti Taman Nasional Lorentz, Papua, terletak di kaki Gunung Trikora. Uniknya ada sebutan untuk danau ini dari Suku Dani ialah Yuginopa. Danau ini juga sering dikunjungi oleh para pendaki gunung yang akan menaklukan Puncak Jayawijaya dan Carstensz.

 

Ooo iyaa, untuk nama Habema sendiri diambil dari nama perwira Belanda yang mengawal ekspedisi pimpinan H.A. Lorentz pada tahun 1909. Ekspedisi tersebut bertujuan mencapai Puncak Wilhelmina yang kini bernama Puncak Trikora berakhir tragis, Karena empat orang tewas dan Lorentz menderita patah tulang rusuk lantaran jatuh.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau di sekitar danau seluas 224 Hektare ini merupakan habitat burung Cenderawasih, Kangguru Pohon, Bebek Liar, dan Puyuh Salju. Air dari Danau Habema sendiri sangat jernih, ditambah pasir halus berwarna kekuningan di dasar danau terlihat sangat jelas. Keindahan danau ini pun ditambah dengan adanya beragam tanaman khas Papua seperti pakis palem, pohon sage, dan anggrek hitam.

 

Untuk menuju ke danau ini lo bisa memulai perjalanan dari Kota Wamena menggunakan kendaraan roda empat sekitar 3 jam sebelum dilanjutkan dengan berjalan kaki. Kurang lebih dari Wanena jaraknya 48 kilometer. Suhu di sana juga sangat dingin, bisa menyentuh 3 derajat Celcius. Habema memang termasuk salah satu danau paling tertinggi yang ada di Indonesia.

 

Pilihan Danau Terpencil di Papua – Danau Sentani

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau!

3 Danau Terpencil yang Ada di Tanah Papua Ini Memiliki Pemandanan Alam nan Memukau! Credit: /id.wikipedia.org

 

Danau Sentani bisa dikatakan merupakan danau paling terkenal yang ada di Papua, bahkan dari udara ketika ingin mendarat di Bandar Udara Sentani, keindahannya langsung bisa lo lihat. Kejernihan airnya menjadi alasan utama mengapa banyak orang datang ke Danau Sentani.

 

Nah, Sentani sendiri memilki arti “Di Sini Kami Tinggal dengan Damai”. Nama tersebut diberikan oleh B.L Bin ketika menjalankan misi misionaris pada tahun 1898. Danau in pernah menjadi pangkalan militer Jenderal Macarthur saar Perang Dunia II. Jejak pertempuran pasukan Amerika Serikat itu kini diabadikan dalam sebuah monument yang berada di salah satu bukit, Gunung Ifar.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau Danau Sentani berada di ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut, Danau yang berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops ini merupakan danau terluas di Papua, kira-kira sepanjang 30 kilometer atara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

 

Untuk berkunjung ke danau ini termasuk cukup mudah, karena lokasinya bisa diakses melalui perjalanan darat dengan waktu tempat tidak sampai setengah jam. Angkutan umum dan ojek bisa menjadi alternatif. Walaupun mudah untuk digapai, sangat disarankan untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan dari danau ini yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar danau indah dan terpencil yang ada di Papua? Semoga bisa menjadi salah satu destinasi lo ketika berkunjung ke sana yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

 

Source: travel.tempo.co/

 

 

 

Featured Image: keluyuran.com/
Wilderness Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
wah keren lur
Hilman rusdiyanto
Awesomee
Firgiawan
Memang papua menyimpan banyak keindahan alamnya
Suleman
Nice infonya
Allink
Indahnya
Hari Tristiyanto
Papua mang keren......
Agus Sungkawa
Alam papua yang mempesona
J Apriansyah
Papua masuk list liburan guee
wildan
luar biasa, keindahan alam yg tuhan ciptakan