Traveling ke Bali? Ini 7 Bahasa Sehari-harinya yang Mesti Lo Tahu Nih!

Buat lo yang mau traveling ke Bali - berikut 7 percakapan sederhana yang bisa lo gunakan ke warga lokal biar makin akrab bro!

Traveling ke Bali? Ini 7 Bahasa Sehari-harinya yang Mesti Lo Tahu Nih!

 

Sebelum mendatangi salah satu destinasi wisata – pastinya lo akan melakukan riset terlebih dahulu. Dan salah satu yang mesti lo ketahui adalah bahasa setempat yang akan memudahkan lo untuk berkomunikasi di sana.

 

Tidak hanya untuk ke luar negeri saja lho – di dalam negeri sendiri pun lo bisa belajar bahasa sehari-harinya terlebih dahulu sebelum mendatangi destinasi wisata tersebut. Salah satu destinasi wisata yang populer adalah Bali.

 

Traveling ke Bali? Ini 7 Bahasa Sehari-harinya yang Mesti Lo Tahu Nih!

Traveling ke Bali? Ini 7 Bahasa Sehari-harinya yang Mesti Lo Tahu Nih! credit: wisatabaliku.com

Menjadi pulau yang paling sering dikunjungi banyak traveler, baik mereka yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara – Bali kerap terlihat selalu ramai oleh para petualang. Bahkan kalangan digital nomad membuat Bali sebagai salah satu rumahnya.

 

Namun dari keramaian ini – ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum akhirnya menjadi bumerang yang tidak begitu enak untuk pariwisata Indonesia – overtourism. Oleh karena itu, berbagai pihak terkait tengah menjalankan program 10 Bali Baru.

 

Salah satunya adalah Danau Toba yang digadang-gadangkan akan jadi Bali Baru yang mempunyai daya tarik begitu banyak. Diharapkan dengan begini – para pengunjung atau traveler tidak hanya terfokus di Bali benar saja.

 

 

Terlepas dari hal di atas – kembali lagi nih, buat lo yang mau ke Bali, setidaknya mesti menguasai nih contoh percakapan bahasa Bali yang sederhana. Biar makin akrab sama Bli di sana bro! Sila simak bahasan di bawah ini ya!

***

 

Percakapan Bahasa Bali: Rahajeng Semeng

Termasuk dalam bentuk kalimat sapaan, Rahajeng Semeng mempunyai arti selamat pagi. Nah, bagaimana untuk selamat siang? Tinggal diganti Rahajeng Siang atau malam dan sore – tergantung waktu terkait yang sedang lo alami bro.

 

Sapaan ini termasuk yang ramah dan sopan kok. Jadi biar lebih akrab dan merasakan ‘Bali banget’ – sapaan seperti ini bisa banget membuat lo lebih akrab dengan warga lokal nih.

 

Percakapan Bahasa Bali: Kenken Kabare

Nah sapaan atau percakapan yang satu ini bisa jadi sambungan untuk sapaan pertama tadi bro. Kenken kabare artinya adalah apa kabarnya. Jadi kalau lo sudah sapa Bli yang ada di penginapan atau restoran atau di manapun, lo bisa menanyakan kabar mereka dengan percakapan tersebut.

 

Jika nanti ditanya balik – lo bisa jawab dengan kalimat becik-becik yang artinya baik-baik saja. Wah terasa jadi warga lokal sekali ya!

 

Percakapan Bahasa Bali: Matur Suksma

Sepertinya kalimat percakapan yang satu ini adalah salah satu yang populer di Bali. Sepertinya juga kalimat percakapan yang satu ini adalah yang paling mudah. Bahasa Bali Matur Suksma adalah terima kasih.

 

Atau jika mau disingkat bisa menjadi Suksma saja. Jangan lupa bilang ini jika dibantu oleh Bli di Bali yang dengan sigap menolong lo ya!

 

Percakapan Bahasa Bali: Tiang Tresna Ajak Adi

Wah yang satu ini cukup romantis untuk dikatakan ke pasangan lo nih. Biar semakin Bali banget – untuk menyatakan kasih sayang bisa menyatakan Tiang Tresna Ajak Adi yang artinya aku cinta sama kamu.

 

Percakapan Bahasa Bali: Aji Kuda Niki

Nah percapakan yang sederhana satu ini cocok banget lo kuasai sebelum jalan untuk mencari cenderamata nih. Pasalnya Aji Kuda Niki mempunyai arti berapa harganya ini. Kalau bisa menguasainya – siapa tahu lo mendapatkan diskon nih!

 

Percakapan Bahasa Bali: Ngudiang

Jika baru saja bertemu dan melihat Bli di sana sedang sibuk atau sedang melakukan sesuatu dan lo ingin menanyakannya sila tanya dengan kata ngudiang. Jika di bahasa Indonesia, ngudiang ini berarti sedang apa atau lagi ngapain.

 

Percakapan Bahasa Bali: Dija

Yang satu ini bisa lo pergunakan jika ingin menanyakan alamat suatu tempat. Dija berarti di mana. Hal ini tentu akan membuat lo mendapatkan jawaban alamat atau lokasi tempat yang lo maksud.

 

 

Source – detik

Feature Image – lonelyplanet.com

Trending Beginner solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
SRI YAYA ASTUTI
sedikit belajar untuk menambah ilmu
Firgiawan
Lumayan nambah kosa kata
Suleman
Mantap mantap
Hari Tristiyanto
Nice info .....
dephy
pelajari bahasa daerah untuk memudahkan komunikasi
Ldr_Lstyd
Nice info
Hari Tristiyanto
unik juga bahasanya... bener2 kaya Indonesia... Saudaranya banyak banget
Yuniarto ( Tato )
Patut di coba
arief
makasih infonya