10 Tips Sederhana Biar Nyaman dan Aman Saat Mau Traveling ke Luar Negeri!

Terkait dengan kondisi seperti sekarang ini - ada beberapa hal yang mesti lo ketahui seperti tips-tips berguna untuk traveling ke luar negeri. Selengkapnya di bahasan kali ini ya!

10 Tips Sederhana Biar Nyaman dan Aman Saat Mau Traveling ke Luar Negeri!

 

Wabah virus corona memang menjadi momok berat tersendiri bagi para traveler. Mungkin sebagian dari mereka yang ingin melanjutkan perjalanan menuju destinasi-destinasi yang mereka inginkan tertunda atau bahkan batal. Tapi tenang, berikut 10 tips sederhana untuk nyaman dan aman saat traveling ke luar negeri.

***

 

10 Tips Sederhana Biar Nyaman dan Aman Saat Mau Traveling ke Luar Negeri!

10 Tips Sederhana Biar Nyaman dan Aman Saat Mau Traveling ke Luar Negeri! credit: futuready.com

Berbagai hal memang sangat bisa sekali terjadi diluar dari kontrol lo nih bro – terlebih saat sedang traveling di luar negeri. Hal-hal tersebut seperti penyebaran virus berbahaya, kerusuhan sampai bencana alam adalah hal-hal yang tidak bisa lo kendalikan.

 

 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan diri lo saat sedang traveling ke luar negeri, berikut 10 tips sederhana yang bisa lo ikuti ya!

***

 

Unduh Aplikasi Safe Travel

Buat lo para pengguna smartphone – salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang traveling ke luar negeri adalah mengunduh aplikasi safe travel, baik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia atau yang lainnya.

 

Biasanya informasi tentang destinasi yang akan lo datangi berada di sana. Jadi lo bisa tahu lebih cepat dengan pemberitahuan atau berita-berita terkini terkait destinasi tersebut.

 

Punya Nomor Kedutaan Besar

Cara atau tips kedua yang bisa lo ikuti atau terapkan dalam setiap perjalanan lo ke luar negeri adalah mempunyai atau menyimpan nomor dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tujuan yang akan lo datangi.

 

Hal ini terkait dengan permintaan bantuan jika memang terjadi sesuatu hal yang penting dan darurat – lo bisa menghubungi mereka untuk mengantisipasi hal tersebut.

 

Pakai Asuransi Perjalanan

Salah satu yang bisa lo andalkan dalam tiap perjalanan adalah menggunakan asuransi perjalanan bro. Jadi investasikan sebagian budget lo untuk asuransi tersebut ya.

 

Vaksin

Terkait dengan virus corona yang sedang mewabah ke banyak negara terutama destinasi-destinasi wisata favorit, untuk menghindari hal tersebut – sila vaksin bro.

 

Patuhi Berbagai Travel Advice

Biasanya negara-negara yang memang sedang dilanda hal-hal yang tidak diinginkan seperti demonstrasi mempunyai travel advice. Di mana isinya tentu beberapa poin-poin penting yang harusnya lo hindari.

 

Uang Cadangan

Nah salah satu hal yang mesti lo siapkan dalam traveling ke luar negeri adalah mempunyai uang cadangan untuk segala hal. Biasanya untuk akomodasi, makan dan minum, bahkan penerbangan jika memang penerbangan penting lo ditunda atau dibatalkan.

 

Jika Tidak Yakin, Segera Batalkan Rencana

Terkait dengan riset atau travel warning yang sudah dikeluarkan di destinasi tersebut – jika sudah tidak yakin untuk berangkat, segera langsung lakukan pembatalan mumpung masih jauh-jauh hari bro. Lakukan pembatalan penerbangan, hotel atau paket wisata lainnya.

 

Periksa Kesehatan Sepulang Traveling

Nah hal ini nih yang terkadang terlewat oleh para traveler karena menurut mereka, mereka baik-baik saja. Terkait dengan hal seperti itu, sila memeriksakan kembali kondisi tubuh lo ke rumah sakit. Pastikan lo tidak membawa hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Informasikan Perjalanan Lo ke Kerabat Dekat

Terakhir, yang bisa lo lakukan dalam perjalanan traveling ke luar negeri adalah memberi kabar kepada kerabat yang ada di sana. Atau teman juga tidak apa-apa, hal ini berguna jika terjadi sesuatu hal dengan lo, lo bisa dengan cepat mengabarkan mereka-mereka itu.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai tips di atas – jangan lupa ya untuk melakukannya terkait dengan kondisi global sekarang ini. Jika menurut lo masih ada yang perlu ditambahkan, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – blog.airpaz.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
terapkan ini untuk traveling yang lebih baik
Firgiawan
Dengan aplikasi Sekarang memudahkan para travaker
Suleman
Nice infonya
arief
Siapp, manfaat sekali infonya
Hari Tristiyanto
nice ibfo nya
Agung Sutrisno
Hal terpenting adalah menyimpan nomor dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tujuan yang akan kita datangi krn apabila ada hal yg penting kita bisa segera hubungi.
Landora Dwi Lestyadi
Nice info
Hari Tristiyanto
Hati2 Corona .... gk usah jalan2 dl
Agus Sungkawa
Tips yang sangat bermanfaat
Yuniarto ( Tato )
Sangat bermanfaat