Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Bagi para pecinta alam, mendaki gunung adalah objek yang sangat menarik untuk dijelajahi. Khususnya untuk pendaki pemula, berikut ada beberapa perlengkapan yang wajib lo bawa ketika mendaki gunung.

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Bagi para pecinta alam, mendaki gunung adalah objek yang sangat menarik untuk dijelajahi. Buat lo yang termasuk pemula atau belum lama menyukai kegiatan di alam. Tentunya bila tanpa perlengkapan yang memadai, perjalanan mendaki gunung bakal berbahaya bagi keselamatan lo sendiri dan merepotkan orang-orang di sekitar lo. Oleh karena itu, penting lo ketahui beberapa perlengkapan yang wajib dibawa ketika mendaki gunung.
 

1.  Tenda

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Ketika lo bermalam di gunung, tentu saja tenda ini wajib hukumnya untuk dibawa. Tenda sangat berguna buat berlindung dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya. Saat ini sudah ada dome yang lebih praktis dan mudah untuk dibawa. Setiap kelompok biasanya ada yang bertugas membawa tenda yang sudah disesuaikan dengan jumlah anggota kelompok. Tenda juga memiliki berbagai macam ukuran yang bervariasi. Biasanya kapasitas tenda berbeda-beda, ada yang untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, dan sebagainnya.

2.  Bahan Makanan dan Minuman (Logistik)

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Bawalah makanan dan minuman yang bergizi agar dapat mengembalikan tenaga yang terkuras dan menjaga daya tahan tubuh selama pendakian. Lo bisa bawa makanan ringan yang bisa mengganjal perut ketika sedang beristirahat ringan di jalur pendakian. Lo juga bisa bawa bahan makanan yang bisa diolah ketika sudah mendirikan tenda, misalnya beras, sayur-sayuran, dan bahan makanan lainnya. Saat ini sudah ada cara praktis untuk mengolah sayuran, yaitu dengan memakai bumbu racik sayuran. Selain itu, lo juga bisa bawa buah-buahan buat pencuci mulut atau teman istirahat ketika di jalur pendakian. Disarankan membawa buah yang sedikit menghasilkan sampah, misalnya apel, pear, dan anggur. Jangan lupa untuk membawa air atau minuman yang sesuai dengan jumlah kelompok agar terhindar dari dehidrasi.

 

3.  Peralatan Masak

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Bawalah peralatan masak yang ringan dan mudah dibawa agar tidak menjadi beban saat mendaki. Saat ini sudah ada kompor portable kecil serta gas portable yang praktis untuk dibawa. Selain itu, ada juga nesting atau cooking set yang ringan dan mudah dibawa saat mendaki. Jangan lupa untuk membawa sendok, garpu, dan pisau kecil untuk memudahkan saat proses memasak.

4.  Pakaian Ganti Secukupnya

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Sebaiknya bawa jumlah pakaian ganti sesuai dengan lama hari pendakian, agar beban selama pendakian menjadi efektif dan efisien. Bawalah pakaian ganti seperti baju yang mudah kering. Hal ini dimaksudkan agar baju cepat ketika berkeringat ataupun terkena hujan selama pendakian. Begitu pun celana, bawalah celana yang ringan dan mudah kering seperti celana yang berbahan ripstop nilon atau celana berbahan polyester. Sangat tidak disarankan membawa ataupun memakai celana jeans karena tidak mudah kering dan cukup berat, sehingga tidak efisien saat mendaki gunung.

 

5.  Sleeping Bag

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Ketika berada di gunung, lo bakal diserang hawa dingin yang cukup ekstrim. Sleeping bag sangat berguna agar lo bisa menjaga kondisi tubuh tetap hangat dan mengurangi resiko terkena hypothermia yang dapat menyerang di waktu yang tak terduga. Selain itu, lo bisa memasukan barang-barang berharga, seperti HP dan dompet ke dalam sleeping bag ketika tidur untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

6.  Tas Gunung atau Carrier

Perlengkapan yang Wajib Lo Bawa Ketika Naik Gunung

Perlengkapan mendaki yang satu ini berfungsi untuk membawa semua barang-barang. Disarankan untuk memakai Carrier yang memiliki sistem distribusi beban yang bagus. Jika bisa memiliki air flow back system, dilengkapi dengan rain cover, memiliki belt di bagian pinggang yang empuk, memiliki beberapa kantong di luarnya, juga tali kompresi yang kuat. Kapasitas ransel dapat disesuaikan dengan badan dan kemampuanmu, mulai dari 20 liter hingga 100 liter.

Gear Beginner Extreme

12 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yumna Aditya Prakoso
ya bener banget
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
ini baru oke
Allink
Mantappp
Allink
Makasih infonya
Yuniarto ( Tato )
Wajib di perhatikan Banget
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
arief
Makasih infonya
Yuniarto ( Tato )
Sangat penting ni info