Bikin Ngiler! 3 Kulineran Khas Bogor Ini Bikin Lo Bela-Belain Datang

Kalo ditanya makanan khas Bogor, Lo pasti jawab talas Bogor. Hal itu wajar karena kudapan ini sangat populer dan begitu fenomenal di dunia kuliner tanah air. Tapi, kenyataanny, kuliner khas Bogor sangat banyak variannya.

Bikin Ngiler! 3 Kulineran Khas Bogor Ini Bikin Lo Bela-Belain Datang

Semua rata-rata kaya akan rasa gurih, manis, pedas, asam hingga asin, yang menjadikan kuliner di Bogor layak masuk dalam daftar rencana wisata kuliner Lo. Berikut ini daftar destinasi kuliner yang wajib Lo cobain di kota Bogor.

1. Toge Goreng Haji Omah

Bikin Ngiler! 3 Kulineran Khas Bogor Ini Bikin Lo Bela-Belain Datang

image source: www.travelblog.id

Toge pada kudapan kali ini sebenarnya sama sekali gak digoreng dengan minyak. Toge hanya direbus dan dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu goreng dan disiram bumbu berbahan dasar oncom dan tauco serta ditambah kecap manis, terkadang bisa ditambahkan lontong atau ketupat sesuai selera.

Toge Goreng Haji Omah adalah tempat yang direkomendasikan untuk menikmati makanan ini. Kedai ini jadi salah satu legenda kuliner di Bogor karena sudah ada sejak tahun 1970. Kedai yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No. 23 A tersebut tidak pernah sepi dari penikmatnya. Terlebih pengunjung di akhir pekan yang didominasi pelancong dari Jakarta. Dilansir dari kompas.com, yang membedakan Toge Goreng Haji Omah dari toge goreng lainnya adalah tauco atau bumbu dasarnya yang diracik khusus oleh juru masak kedai tersebut. Sehingga aromanya tidak menyengat seperti tauco pada umumnya. Saking nikmatnya, Toge Goreng Haji Omah pernah dihidangkan eksklusif di Istana Bogor oleh Presiden Jokowi pada kabinet awal tahun 2017.

 

2. Doclang Pak Odik

Bikin Ngiler! 3 Kulineran Khas Bogor Ini Bikin Lo Bela-Belain Datang

Image source: https://eatologi.com/

Kuliner yang satu ini sekilas mirip dengan ketoprak ataupun gado-gado. Bahan utamanya adalah ketupat, tahu, telur rebus ditemani kentang rebus serta pelengkap tambahan toge maupun sayuran lainnya sebagai pelengkap. Semua bahan tersebut diguyur dengan saus kacang yang kental sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan meriah di mulut. Kerupuk serta bawang goreng menjadi penambah cita rasa yang  khas dan tentu saja tidak boleh dilewatkan. Kalo Lo penasaran dengan rasanya, Lo bisa dateng ke salah satu tempat terbaik untuk menikmati doclang di warung Pak Odik, yang berada di Tanjakan Pasir Kuda sebelum pintu masuk Kebun Raya Residence. Bumbu kacang dengan butiran kacang khas yang tidak digerus mulus disini menjadi daya tarik tersendiri karena dapat memberikan sensasi gurih legit di lidah.

 

3. Cungkring Bogor Pak Jumat

Bikin Ngiler! 3 Kulineran Khas Bogor Ini Bikin Lo Bela-Belain Datang

image source: doclang-bapak-odik.business.site

Cungkring di sini bukan bentuk tubuh ya, Bro. Dalam bahasa sunda cungkring adalah kikil sapi. Dalam hidangan ini kikil sapi diolah dengan bumbu kuning yang menggiurkan lalu dicampur lontong, tempe goreng dan diguyur dengan bumbu kacang yang bakal bikin orang yang mencicipinya ketagihan. Sayangnya, kini cungkring bogor sudah sangat jarang ditemukan di kota bogor. Salah satu pedagang cungkring Bogor yang masih eksis adalah Cungkring Pak Jumat yang kini telah diwariskan kepada anaknya. Kedai tersebut dapat ditemui di Jl. Surya Kencana No.285, Bogor tengah, Kota Bogor.

Urban Places Beginner

7 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
baru tau kalo dalam bahasa sunda cungkring adalah kikil sapi
Hilman rusdiyanto
Perlu dicoba
DEVI TRI HANDOKO
boleh juga minggu depan untuk di coba
Yumna Aditya Prakoso
wah bikin laper
Agus Sungkawa
Toge goreng,awalnya kaget denger nya,kirain togenya d goreng ternyata hnya d rebus,rasanya muantap bangt toge goreng,bumbunya lezat
arief
doclang penasaran nih dg rasanya
wildan
penasaran nih dg makanan cungkring