Fakta Taman Nasional di Ujung Jakarta

Dilansir dari Jakarta.go.id, ragam fauna di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu diperkirakan ada kurang lebih 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang, dan 6 jenis rumput laut. Sementara itu, flora  di Taman Nasional Kepulauan Seribu didominasi tumbuhan pantai.

Fakta Taman Nasional di Ujung Jakarta

Tersusun oleh ekosistem pulau-pulau kecil dan perairan laut dangkal, yang terdiri dari gugusan pulau dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong gulau dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau sekitar 2.136 hektar, dengan rata-rata kedalaman laut dangkal sekitar 20-40 m. Lo harus datang dan lihat sendiri kekayaan alam lautnya, untuk itu lo wajib simak fakta-fakta mengenai Taman Nasional di ujung Jakarta ini.

Potensi Sumber Daya Alam

Dilansir dari Jakarta.go.id, ragam fauna di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu diperkirakan ada kurang lebih 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang, dan 6 jenis rumput laut. Sementara itu, flora  di Taman Nasional Kepulauan Seribu didominasi tumbuhan pantai. Kekayaan kehidupan laut taman nasional ini terdiri dari karang keras dan karang lunak sebanyak 54 jenis, 144 jenis ikan, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang dan 6 jenis rumput laut. Sebagian besar pantai-pantai di taman nasional ini dilindungi oleh hutan bakau, dimana hidup biawak, ular cincin emas dan ular piton.

Ragam Aktivitas Wisata

Disini lo bisa melakukan berbagai atraksi wisata bahari yang cukup memacu adrenalin seperti menaiki jet ski, mengayuh canoe, memancing, wind surfing, snorkeling, dan scuba diving. Beberapa pulau juga sudah memperlengkapi fasilitasnya dengan area jogging, tenis, volley pantai, sampai billiard. Lo juga bisa berekreasi menggunakan glass bottom boat atau kaca bawah perahu yang bisa dinikmati dari Pulau Putri untuk melihat beraneka ragam kekayaan bawah lautnya. Di pulau pramuka dan pulau sepa, lo juga bisa melihat penangkaran satwa langka yang hampir punah, yaitu penyu sisik. Binatang langka dengan nama ilmiah Eretmochelys imbricata ini mempunyai bentuk unik dimana mulutnya yang agak runcing menyerupai paruh burung. Jika beruntung, lo bisa melepas langsung anak penyu atau tukik hasil penetasan untuk kemudian dilepas liarkan ke lautan lepas.

Akses Menuju Kepulauan Seribu

Fakta Taman Nasional di Ujung Jakarta
Image Source : goodnewsfromindonesia.id

Lo bisa menuju ke Taman Nasional Kepulauan Seribu lewat pelabuhan Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu dan KM Lumba-lumba, ada juga Speedboat menuju Pulau Pramuka yang berangkat tiap hari pukul 08.00 WIB.

Alternatif lain dengan harga yang relatif bersahabat, lo bisa berangkat dari dermaga Muara Angke. Di dermaga ini banyak kapal tradisional yang berangkat menuju Kepulauan seribu dengan harga yang cukup terjangkau. Di Muara Angke tersedia juga kapal feri menuju dermaga besar Pulau Pramuka dengan jadwal keberangkatan pukul 7.30. Setelah itu lo bisa memilih tujuan ke pulau-pulau di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dari dermaga ini dengan ragam pilihan transportasi yang bisa digunakan. Buat yang tinggal di wilayah Tangerang dan sekitarnya, lo bisa menyeberang ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu melalui pelabuhan Rawasaban. Mudah kan? Nah, sekarang ajak temen-temen atau keluarga lo, untuk segera datang dan lihat kekayaan alam di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu !

Wilderness Beginner Extreme

11 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
pengen bgt.....
arief
tq infonya
Kristian Mustafa
Luar Biasa Indah.
agung
tq info ya
agung
tq info ya
Peni heryawan
Pemandangan yang indah
Laudu
Nice info
Agus Sungkawa
Kekayaan alam d taman nasional kepulawan seribu
wildan
makasih infonya
Asep Hilman Purnama
Petualangan Mistis