Fenomena Langka Air Terjun Api, Lo Bisa Lihat ‘Lahar’ dari Jarak Dekat!

Apa yang lo lihat sekarang bukan lahar gunung berapi yang jatuh dari ketinggian. Aliran warna merah menyala yang lagi lo lihat itu merupakan ilusi dari air terjun di Amerika Serikat. Kok bisa?

Fenomena Langka Air Terjun Api, Lo Bisa Lihat ‘Lahar’ dari Jarak Dekat!

Alam semesta akan selalu kasih kejutan ke penghuninya. Nah, Air Terjun Horsetail merupakan salah satunya. Pemandangan langka di Taman Nasional Yosemite ini cuma bisa dilihat dalam setahun sekali, tepatnya hanya di bulan Februari.

Kalau lo lihat air terjun dari kejauhan, pemandangannya persis banget menyerupai lelehan api yang mengalir jatuh ke tanah dari tebing. FYI bro, air terjun ini acap kali dijuluki ‘Air Terjun Api’, karena memang warnanya menyerupai kobaran api.

Bisa Dilihat Satu Kali dalam Setahun

Fenomena Langka Air Terjun Api, Lo Bisa Lihat ‘Lahar’ dari Jarak Dekat!

Fenomena air terjun api ini bisa disaksikan pada pertengahan Februari saja setiap tahunnya. Jadi nggak heran deh, kalau Air Terjun Horsetail masuk list paling puncak buat traveling di Amerika Serikat.

Air terjun Horsetail ini ukurannya kecil. Kalau dibandingkan sama Angel Falls di Taman Nasional Canaima, Venezuela, pasti jauh banget. Bayangin aja, air terjun itu punya ketinggian 970 meter. Sementara, air terjun api ini ketinggiannya cuma 480 meter, lebih kecil dua kali lipat bro-sist.

Jadi sebenarnya, aliran warna merah menyala itu bukan api atau lahar yang jatuh ke bawah. Pada dasarnya, Air Terjun Horsetail merupakan air terjun yang sama seperti yang pernah lo lihat. 

Tetapi yang bikin istimewa dan keren banget, pemandangannya berubah total ketika masuk waktu sore. Yang paling bikin takjub nih bro, waktu matahari tenggelam, sinarnya memancar alias menghantam langsung ke bagian air terjun. Itu sebabnya air terjun ini bisa mirip dengan lahar atau api.

Nah, kok cuma ada di bulan Februari aja? Ternyata konon katanya, fenomena air terjun api ini juga dipengaruhi sama posisi bumi terhadap matahari di pertengahan bulan kedua itu. Itu yang bikin posisi cahaya matahari bisa jatuh tepat di permukaan air terjun.

Momen langka ini cuma bisa disaksikan sebentar banget bro, Hitungannya bahkan hanya 5 sampai 15 menit aja sebelum matahari benar-benar tenggelam. Di momen ini lah pengunjung dan juru foto mengabadikan magic momen di Taman Nasional Yosemite.

Bawa Alat Mendaki

Fenomena Langka Air Terjun Api, Lo Bisa Lihat ‘Lahar’ dari Jarak Dekat!

Lo nggak perlu reservasi kalau mau nikmatin fenomena langka air terjun api ini.Tapi, pihak pengelola Taman Nasional Yosemite punya aturan yang membatasi jumlah kendaraan masuk. Jadi kalau lo datang ke sini, lo bisa parkir di area yang disediakan, terus menempuh jarak sekitar 1,8 kilometer dengan jalan kaki.

Ibarat film Ninja Hatori, lo harus menyusuri lembah lebih dulu. Itu makanya penting banget peralatan mendaki dipersiapkan.

Oh iya, pengunjung Air Terjun Horsetail ini nggak selalu beruntung bisa melihat fenomena langka ini. Dalam beberapa kasus warna ‘api’ tidak muncul karena terhalang badai maupun awan atau kabut. Jadi suhu di kawasan ini berpengaruh banget, harus hangat supaya air tetap mengalir. Nah kalau turun salju, bisa-bisa lo gigit jari.

Nih catat waktu paling tepat kalau memang lo punya kesempatan waktu buat terbang berlibur dari Indonesia ke Amerika Serikat. Tanggal yang paling tepat itu yakni sekitar 12 Februari sampai 28 Februari, dan puncaknya diproyeksikan pada tanggal 23 Februari. Tapi karena sekarang sudah lewat bulan, ini bisa jadi list buat jatah liburan tahun depan. Berangkat nggak?

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Fenomena alam yang sangat menakjubkan
Kristian Mustafa
Pemandangan yg sulit untuk di dapatkan.
ditra nugraha
wow amazingg banget
SRI YAYA ASTUTI
Fenomena Langka Air Terjun Api
Agung Sutrisno
Untuk menikmati keindahan meski harus menunggu waktu sd Februari dan hanya momen yg sebentar pasti akan dilakuin buat org org yg memang sangat antusias
Firgiawan
Beremdam Di Bawah Air Terjun Itu kelar idul Lo
AMBO SOLLE
Takjub sih,tapi takut
Fandi c
Keren abis bro
Allink
Mantappp
Rio Fernandez Tamba
Keren nih sumpah