Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Menghadapi alam bebas tentu diperlukan peralatan yang mumpuni. Pisau salah satu item yang hukumnya wajib dibawa.

Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Eits, tapi tunggu dulu, lo jangan asal pilih pisah buat perjalanan petualang. Perlu diingat ya, membawa pisau ke alam bebas bukan perkara tajam. Bukan sekedar mencari makan, tapi juga harus berfungsi buat cari makan, mendirikan tenda tidur, atau membuat api unggun. 

Intinya, lo harus bawa pisau yang memang didesain buat survival supaya dapat digunakan pada beragam situasi dan kondisi. Istilah gaulnya 'multipurpose - all around knife'. Jangan sampai keliru!

Fixed Blade 

Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Image source: knifegeeky.com

Bahasa gampangnya fixed blade itu adalah pisau yang nggak bisa dilipat, contohnya pisau dapur. Kenapa perlu yang namanya fixed blade? Kalau pisau lipat itu ada engsel yang rawan patah. Maka pilihan tepat buat survival itu ya fixed blade, bro. Tapi usahakan lo tetap bawa pisau lipat sebagai gear cadangan di lapangan.

Ukuran pisau yang lo bawa jadi hal yang nggak kalah penting. Itu makanya pisau lipat masuk dalam kategori cadangan. Ukuran pisau yang terlalu besar dan berat akan membuang space ruang penyimpanan. Tapi kalau terlalu kecil, akan menyulitkan juga ketika melakukan kegiatan seperti memotong kayu dan batoning.

Mata Pisau Tidak Bergerigi

Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Image source: groomsshop.com

Poin ini lebih kepada selera. Tapi untung ruginya ada ketika memilih mata pisau buat pertualangan. Mata pisau yang nggak punya gerigi bisa lebih mudah digunakan untuk memahat, menyerut atau membuat perkakas dari kayu. Termasuk lebih mudah untuk diasah. Malahan, ada yang bilang kalau mata pisau yang datar justru lebih multifungsi. Sepakat nggak.

Tapi kalau yang bergerigi, mata pisau bisa dimanfaatkan untuk memotong tali atau logam tipis. Cuma, itu hanya secuil kegiatan survival yang bisa dilakukan dengan mata pisau yang rata.

Meski dua-duanya penting, yang harus dicatat adalah prioritaskan pada fungsi. Kalau lo dominasi kegiatannya banyak berhubungan dengan memotong tali, maka tidak jatuhkan pilihan membawa pisau yang bergerigi. Tapi kalau kegiatan survival secara keseluruhan, mata pisau yang rata jauh lebih berguna.

Ujung Mata Pisau Drop Point

Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Image source: ebay.com

Ujung pisau tentunya harus tajam dan runcing serta multifungsi. Konon, tipe yang paling baik adalah tipe drop point blade. Menurut banyak ahli pisau tipe drop point, spear point dan straight back lah yang paling sesuai untuk tipe kegiatan survival. Catatan lagi buat lo nih bro, sebisa mungkin hindari memilih ujung pisau yang terlalu melengkung. 

Nggak kalah penting, pisau survival idealnya berbahan carbon steel atau stainless steel. Carbon steel cocok untuk melakukan pekerjaan perkayuan dan lebih mudah untuk diasah. Tapi kelemahannya, carbon steel mudah berkarat, jadi harus sering-sering dibersihkan.

Punggung Pisau Harus Lurus

Awas Keliru! Ini Lho Jenis Pisau yang Harus Lo Bawa Buat Survival di Alam Bebas

Image source: en.wikipedia.org

Pilihlah pisau yang bagian punggungnya lurus sampai ke ujung mata pisau. Fungsinya agar memudahkan ketika pisau digunakan untuk menyerut kayu, serta dapat digunakan untuk menyalakan api menggunakan stik fire starter (ferro rod). 

Inget ya bro jangan sampai keliru pilih pisau buat kegiatan survival. Poinnya tadi, prioritaskan pada fungsi. Semoga membantu ya, Bro!

Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Pada keren keren pisaunya.
ditra nugraha
penting jika sedang di alam liar
dephy
untuk menghadapi alam bebas tentu diperlukan peralatan yang mumpuni
Agung Sutrisno
Pisau salah satu item yang hukumnya wajib dibawa. Tapi perlu diingat jenis dan fungsinya. Jangan asal bawa pisau.
Hilman rusdiyanto
Kereeemnn
Syaifullah gotola
Cukup berpengaruh
AMBO SOLLE
Awas operasi sajam
SURIANTO
Makasih infonya
Karnadi
Minggu depan harus ganti pisau nih
Fandi c
Ngeri liat pisaunya bro