Trek Mountain Bike yang Wajib Lo Jelajahi di Bogor

Jalan bebatuan yang terkadang naik turun dengan sangat terjal. Buat lo yang mau menjajal sepeda gunung, lebih baik berlatih di tempat yang landai dan cukup bersahabat sebelum berpetualang lebih liar di alam bebas.

Trek Mountain Bike yang Wajib Lo Jelajahi di Bogor

Selain itu, pastikan sepeda yang digunakan sepeda gunung, karena sepeda gunung mempunyai spesifikasi khusus untuk mengarungi trek-trek yang memacu adrenalin. Buat lo yang tinggal di Jabodetabek, pasti bingung untuk menemukan trek berpetualang dengan sepeda gunung kan? Ini dia beberapa trek sepeda gunung yang wajib lo jelajahi di Bogor.

1. Wana Wisata Sukamantri

Trek Mountain Bike yang Wajib Lo Jelajahi di Bogor

Image source: wisatajiwa.wordpress.com

Tampak jajaran pepohonan pinus besar yang berdiri tegak menutupi jalan bebatuan. Bogor terlanjur populer dengan sebutan kota hujan. Tak jarang hujan datang begitu saja tanpa mengenal musim.

Hal ini membuat jalanan berbatu menjadi licin dan sedikit berlumut. Bersepeda di sekitar area camping ground sukamantri memang menawarkan tantangan yang sangat memacu adrenalin. Sesampainya di sana, dijamin rasa lelah lo bakal terbayarkan oleh sejuknya udara dan indah pemandangan jajaran pepohonan yang ada di sana.

Untuk dapat masuk ke area camping ground dikenakan biaya tiket masuk per orang seharga Rp10.000 jika hanya masuk tanpa menginap atau camping, dan Rp20.000 jika ingin bermalam.

Camping ground sukamantri berada di sebuah lembah yang berundak-undak. Nggak heran jalur yang dilewati naik turun bukit terjal yang sangat menguras tenaga. Jangan takut lemas kelaparan karena di sini banyak warung yang menyediakan berbagai aneka makanan. Mulai dari mie instan, gorengan dan kopi sampai nasi beserta ayam goreng.

2. Bukit Alesano

Trek Mountain Bike yang Wajib Lo Jelajahi di Bogor

Image source: ksmtour.com

Ikuti arah untuk terus menuju Balai Embrio Ternak. Tanjakan yang sangat curam akan menjadi rintangan terberat lo kali ini. Tidak begitu jauh, lo bakal menemukan sebuah jembatan dengan sebuah plang besar Balai Ternak Embrio.

Aspal yang halus masih akan menemani gowes lo di sini. Setelah itu, lo bakal melewati beberapa jalan yang di portal, sampai bertemu gapura yang cukup besar sebagai pintu masuk Balai Ternak Embrio.

Sebelum gapura tersebut, ada jalan ke arah kiri dengan jalan tidak semulus sebelumnya sehingga lo harus ekstra berhati-hati. Selanjutnya, lo bisa mengikuti jalur tersebut hingga akhirnya sampai di Bukit Alesano.

Setibanya di sana lo harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Sejak beberapa tahun lalu, aktifitas menginap atau camping di sini tidak diizinkan. Konflik kepentingan sepertinya menjadi penyebab utamanya. Namun, hal itu tidak mengurangi keindahan pemandangan yang disajikan disini. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi di tahun 2012 silam.

Dari atas bukit ini, lo bisa melihat pemandangan perbukitan hingga cantiknya kota Bogor, termasuk juga Gunung Gede Pangrango yang terlihat eksotik ketika cuaca cerah.

3. Gunung Pancar

Trek Mountain Bike yang Wajib Lo Jelajahi di Bogor

Image source: hargatiket.net

Dengan gear belakang menggunakan yang paling besar yaitu 9 dan yang depan menggunakan gear paling kecil, sepeda tidak bisa jalan cepat, kira-kira hanya lebih cepat sedikit dari orang berjalan.

Tanjakan semakin mengganas setelah lo melewati pintu gerbang Jungle Land, Sentul. Perlahan tapi terus menanjak, harus lo lakukan dengan konsisten jika tidak ingin turun dan mendorong sepeda di tanjakan yang lumayan curam dan panjang.

Ambil waktu untuk beristirahat, jangan paksakan kalau lo benar-benar merasa pegal dan lelah. Istirahat sejenak akan memulihkan sedikit stamina dan semangat lo untuk lanjut menggowes sampai tujuan.

Tak lama menggowes, akhirnya sampai di tujuan. Tiket masuk Gunung Pancar per orang seharga Rp5.000 beserta sepeda di hari senin sampai jumat dan Rp7.500 di akhir pekan atau hari libur.

Dengan ketinggian sekitar 300-800 mdpl, disertai rindangnya pepohonan di sana, lo akan merasakan udara yang sejuk dan bersih. Cocok banget buat lo yang mau rehat sejenak dari kehidupan hiruk pikuk bisingnya perkotaan. Selain itu, lo bisa berfoto dan bergaya dengan sepeda andalan lo di deretan pohon pinus yang berbaris rapi.

Mengingat jalur sepeda gunung tadi banyak melewati daerah yang agak masuk ke pedalaman. Jalur yang minim penanda dan daerah yang jarang sinyal, kemungkinan lo terpisah dengan kelompok sangatlah mungkin terjadi. Jangan berpisah terlalu jauh dari rombongan ya, Bro!

Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
ditra nugraha
keren banget ya
dephy
Camping ground sukamantri berada di sebuah lembah yang berundak-undak
Allink
Mantap infonya
Yuniarto ( Tato )
Seru abis nih
Agus Sungkawa
Wahana Mountain bike yang sangat bagus