Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Butuh skill khusus supaya jadi lihai di kursi kemudi mobil offroad. Medan bebatuan, tanah, sampai lumpur, pastinya jadi makanan sehari-hari buat ngelatih kemampuan.

Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Pilihan mobil juga harus tepat ya bro. Kalau kondisi buruk, bakal sulit banget buat menaklukan tantangan alam di medan offroad. Oh iya, lo jangan bayangin mobil yang harganya nyentuh ratusan juta. Buat kelas beginner, lo bisa mengandalkan mobil-mobil bekas dengan kemampuan mirip 'monster'. Percaya atau nggak, harga mobil di bawah Rp 50 jutaan juga nggak keok saat offroad di tanah.

Daihatsu Feroza 1996

Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Image source: mobilbekas.com

Pikiran lo jangan langsung ke Suzuki Jimny Katana, sabar dulu. Ini adalah Daihatsu Feroza tahun 1996. Mobil ini mulai dipasarkan tahun 1992 sampai 2002. Bentuk bodinya boxy alias kotak-kotak. Di eranya dulu, mobil ini kelihatan macho banget. Desain kotaknya bikin cowok-cowok kepincut. 

Apalagi mobil ini menggunakan sistem penggerak 4X4. Pas banget kan buat 'ngelawan' jalan berlumpur. Ada performa, ada juga yang dikorbankan. Konsumsi bahan bakar mobil ini terbilang boros. Di pasar mobil bekas, mobil ini dijual dengan harga Rp 30-50 juta.

Chevrolet Trooper 1986

Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Image source: mobil123.com

Chevrolet Trooper punya dimensi yang lebih besar dibanding Daihatsu Feroza. Mobil keluaran Chevrolet ini pernah jadi primadona di eranya.  Kalau di luar negeri, mobil ini punya nama 'panggilan' berbeda-beda. Misalnya, Isuzu Trooper, Isuzu Bighorn, Caribe 442, Acura SLX, Subaru Bighorn, Ssangyong Korando Family, Honda Horizon, Opel/Vauxhall Monterey, Holden Jackaroo, dan Holden Monterey. Tiap nama merujuk pada kendaraan yang sama, tergantung lokasi kendaraan tersebut diperjualbelikan.

Lo harus ekstra teliti kalau cari mobil bekas ini. Usianya yang uzur, pasti cari onderdilnya juga PR banget alias udah mulai menipis. Harga dipasaran mobil bekas Chevrolet Trooper 1986 dibanderol Rp 37 Juta sampai Rp 40 juta.

Suzuki Jimny Katana 1990

Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Image source: olx.co.id

Nih yang dari tadi nggak sabar ngomongin Jimny. Kondisinya mungil sih, tapi performanya gahar bro. Mobil berdimensi 3,4 meter x 1,4 meter x 1,8 meter ini asyik banget diajak bermanuver di jalanan kota, termasuk di area lumpur, tanah, atau bebatuan. Tapi dengan catatan ya, harus lewat proses permak dulu di bengkel biar mulus di jalan bergunduk.

Biar makin garang tampilan offroadnya, paling cocok Jimny Katana dibuat agak jangkung sedikit. Di pasar mobil bekas, mobil satu ini dijual dengan harga Rp30-50 juta, tergantung kondisi mobil. Btw, Jimny Katana sekarang masuk list perburuan mobil bekas, lho!

Tips Aman Jajal Offroad

Sangar Buat Offroad, Ini Mobil di Bawah Rp 50 Juta yang Tangguh Main Tanah

Butuh skill khusus bro buat menaklukan lintasan lumpur, pasir, tanah, sampai bebatuan di medan offroad. Buat pemula harus hati-hati supaya nggak terjebak di kubangan lumpur. 

Antisipasinya gimana dong? Sebagai beginner, penting banget yang namanya memahami kontur trek offroad yang bakal lo jajal. Umumnya offroad ini dibagi jadi lima kategori yakni fun offroad, extreme, speed, adventure offroad dan touring offroad. 

Pastinya, lima kategori itu punya trek dan tantangan tersendiri. Maka lo harus paham dengan yang namanya teknik. Teknik paling basic itu mengendalikan kecepatan rendah saat menghadapi jalan menanjak atau menurun. 

Semakin pelan pergerakan mobil, maka akan semakin mudah dikendalikan. Rileks dan jangan panik itu kuncinya bro. Terus fitur mobil yang lo kendarai juga harus dikenalin betul-betul. Itu bisa banget membantu saat berada di lintasan. Terakhir cek bahan bakar. Perjalanan offroad pasti bakal susah banget nemuin ketersediaan bahan bakar. Nah makanya penting membawa bahan bakar cadangan.

In Depth Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
arief
laki2 bgd model jep, makasih infonya
Agung Sutrisno
Butuh skill khusus bro buat menaklukan lintasan lumpur, pasir, tanah, sampai bebatuan di medan offroad
AMBO SOLLE
Keren juga mobilnya
Darmawati
Makasih infonya
Darmawati
Mantap ingonya
Darmawati
Mantap ingonya
Cecep Jajang
Sangat membantu info ny min
Agus Sungkawa
Waw...Mantaaaaap