Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Reog sangat erat kaitannya dengan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, Ponorogo. Selain mendapat julukan Kota Reog atau Bumi Reog, pernak-pernik Reog juga banyak dijumpai, termasuk di gerbang pintu masuk Ponorogo.

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Terlepas dari daerah asalnya, atraksi Reog selalu berhasil menyedot perhatian warga. Atraksi yang atraktif tentu saja tak lepas dari peran yang mengagumkan setiap pemain dalam memerankan tokohnya. Misalnya, tokoh singo barong yang memakai topeng dengan berat 50-60 kg dengan cara digigit. Seru banget kan bro?  Ini dia tokoh-tokoh seru lainnya, dalam kesenian Reog Ponorogo. 

1. Jathil

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Image source: kratonpedia.com

Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan Jathil, prajurit berkuda yang menari sambil berkuda. Tarian ini dibawakan oleh penari di mana jarak antara penari yang satu dengan yang lainnya saling berpasangan. Ketangkasan dan kepiawaian dalam berperang di atas kuda ditunjukkan dengan ekspresi atau semangat yang energik sang penari.

Jathilan seringkali diperankan oleh laki-laki yang mempunyai wajah halus, berparas tampan atau mirip dengan wanita yang cantik. Gerak tarinya pun lebih cenderung feminin. Tak jarang pemeran Jatilan dimainkan oleh perempuan yang dirias seperti laki-laki, dengan alasan lebih feminin. Kesan gerak tari yang dipancarkan oleh tokoh Jathilan, lebih cenderung pada halus, lincah, dan cekatan.

2. Warok

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Image source: Flickr/Jidat

Berasal dari kata wewarah yang berarti manusia bertekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih. Warok adalah wong sugih wewarah yang berarti orang yang kaya akan wewarah.

Seseorang bisa menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pelajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik. Tokoh warok adalah orang yang sudah sempurna dalam sopan santun, perilaku hidupnya, dan sampai pada pendalaman batin

Warok merupakan karakter/ciri khas dan jiwa masyarakat Ponorogo yang telah mendarah daging sejak dahulu yang diwariskan oleh nenek moyang kepada generasi penerus, agar menjadi pegangan hidup. 

3. Singo Barong

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Bulu-bulu merak ditancapkan hingga benar-benar mirip seperti kipas berukuran raksasa. Topeng singa dengan hiasan bulu merak yang indah tersebut di gadang-gadang memiliki berat mencapai 50–60 kg. Topeng yang berat ini dibawa oleh penarinya dengan gigi. Tokoh ini dinamakan Singo Barong

Singo Barong adalah tokoh dan penari berkepala macan dengan hiasan merak dan paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo. Bagian-bagian topengnya antara lain; kepala harimau yang terlihat ganas. Terbuat dari kerangka kayu, bambu dan rotan, ditutup dengan kulit macan gembong atau harimau jawa.

Sedangkan untuk dadak merak atau kerangka yang terbuat dari bambu dan rotan sebagai tempat menata bulu merak untuk menggambarkan seekor merak sedang mengembangkan bulunya dan menggigit untaian manik-manik.

Ada lagi Krakap, terbuat dari kain warna hitam yang disulam, merupakan aksesori dan tempat menuliskan identitas grup Reog. Dadak merak ini berukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter. 

4. Prabu Klono Sewandono

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Image source: myimage.id

Prabu Klono Sewandono atau Raja Klono adalah seorang raja yang sangat sakti mandraguna, memiliki pusaka andalan berupa senjata khas yang sangat ampuh untuk melumpuhkan semua musuh-musuhnya, dengan sebutan Pecut Samandiman ke mana saja pergi.

Kegagahan sang Raja direpresentasikan dalam gerak tari yang sangat lincah namun tetap berwibawa. Dalam suatu cerita, Prabu Klono Sewandono berhasil menciptakan kesenian indah hasil dari karya ciptanya untuk menuruti permintaan Putri sang kekasih pujaan hatinya. Dalam keadaan mabuk asmara maka gerakan tariannya pun kadang menggambarkan seorang yang sedang kasmaran. Bucin gitu, bro.

5. Bujang Ganong

Mengenal 5 Tokoh dari Reog Ponorogo

Image source: commons.wikimedia.org

Bujang Ganong atau yang akrab disebut dengan panggilan Patih Pujangga Anom, salah satu tokoh yang energik, jenaka sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri yang cukup memacu adrenalin, sehingga setiap penampilannya selalu ditunggu-tunggu oleh penonton khususnya anak-anak.

Bujang Ganong merepresentasikan sosok seorang raja muda yang cekatan, mempunyai kemauan keras, cerdik, jenaka, namun tetap atraktif.

Jadi bagaimana informasi seputar tokoh Reog Ponorogo di atas? Ponorogo memang jadi tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi!

In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Nice info nya
Agung Sutrisno
Nuansa mistis masih ada dalam pentas seni reog. Budaya indonesia yg patut dipertahankan
Hilman rusdiyanto
Thanks infone
Agus Sungkawa
Ragam budaya imdonesia
Hengky  kik
nguri uri budaya aseli indonesia
AMBO SOLLE
Baru tau saya
Cecep Jajang
Indonesia memang keren
Darmawati
Mantap ingonya
Ariyo subastian
Salam budaya..yg pngen lbih jauh tentang Reyog bsa k Ponorogo d Yayasan Reyog Ponorogo bsa bantu bgi yg ingin tau lbih jauh mengenai Reyog..dr brbgai versi..mngkin yg d atas dr versi bantarangin.swun