3 Tempat Hammocking Terbaik yang Bisa Bikin Lo 'Feeling Good' Terus

Badan lo mengayun bebas di tengah hutan. Dalam posisi terlentang sambil melipat tangan di bawah kepala, lo merasakan nikmatnya hidup di alam bebas. Itu indahnya dari hammocking.

3 Tempat Hammocking Terbaik yang Bisa Bikin Lo 'Feeling Good' Terus

Jangan lupa kacamata hitam, lalu pejamkan mata lo sebentar. Hirup udaranya yang segar. Nikmatin awan biru itu. Memang nikmat rebahin badan di atas hammock. Ah, rileks bro!

Nggak sah rasanya kalau lo camping di tengah hutan dengan panorama hamparan hijau dan danau tapi nggak cobain yang namanya hammocking. Tempat tidur menggantung yang biasa diikat ke antar pohon ini bisa banget bikin lo 'feeling good' terus. 

Hammock yang terbuat dari kain tipis dan ringan memudahkan banget untuk dibawa kemana-mana. Handy banget juga. Jadi bisa dibilang, hammock itu item wajib yang perlu lo bawa untuk travelling outdoor. 

Nah di Indonesia, banyak kok lokasi-lokasi hammocking yang ciamik parah pemandangannya. Lo bisa menyatu dengan alam dalam hitungan menit saja. Berikut beberapa diantaranya.

Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta

3 Tempat Hammocking Terbaik yang Bisa Bikin Lo 'Feeling Good' Terus

Image source: Unsplash/Kurniawan kami saputra

Sebelum masuk ke lokasinya, ngomongin sejarahnya dulu sedikit ya. Jadi hammock sudah ada dari  1.000 tahun lalu sebelum Colombus nemuin benua Amerika. Hammock sudah dipakai sama Suku Maya yang terbuat dari kulit pohon atau serat kayu. Biasanya para penjelajah bakal nyalain bara api kecil di bawah hammock supaya tetap hangat dan terhindar dari serangga. Hammocking udah keren dari dulu guys, seru!

Di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan sudah nggak asing lagi jadi lokasi wisata alam. Lokasinya di Imogiri, Bantul. Pemandangannya yang cantik, hutan seluas 500 hektar ini menjadi salah satu yang nggak pernah alpa buat didatangi para pelancong dari luar Yogyakarta.

Hutan pinus ini menyediakan hammock berwarna-warni yang bisa dipilih buat menikmati landscape Yogyakarta. Menariknya, hammock di sini bertingkat, ada 3-5 tempat tidur menggantung yang tersusun rapi dan Instagramable banget. Buat santai di sana, lo perlu keluarin biaya Rp 10-20 ribu aja kok. Pastikan baterai HP lo nggak lowbat bro, sayang banget kalau feed Instagram lo nggak ke isi di sini!

Gunung Masigit, Padalarang, Jawa Barat

3 Tempat Hammocking Terbaik yang Bisa Bikin Lo 'Feeling Good' Terus

Image source: Unsplash/Azka Nurakli

Kalau lo suka suasana yang lebih ekstrem, cobain deh hammocking di Gunung Masigit. Sensasinya beda bro, di sini lo bisa tidur berayun di atas ketinggian 100 meter. Bukan di hutan ya, tapi di tebing yang mana tali hammocknya diikat di antara bebatuan. Untuk sampai ke puncak tebing, lumayan menguras tenaga juga, karena memang medannya bebatuan dan melewati beberapa jembatan kayu.

Lo harus melewati tali panjang dari ujung tebing dengan cara merayap. Sebelum bisa rebahan di hammock itu, dijamin lo bakal masang muka tegang, bro. Ekstrem banget! Pastiin lo punya nyali besar. Kalau takut ketinggian, silahkan balik kanan. Bye... bye.

Air Terjun Kalela, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

3 Tempat Hammocking Terbaik yang Bisa Bikin Lo 'Feeling Good' Terus

Image source: sleepy-adventurer.blogspot.com

Hammocking di Air Terjun Kalela beda lagi sensasinya. Yang fobia ketinggian mari merapat guys! Di sini lo bakal nyaman banget ngerasain tidur menggantung di tengah-tengah hutan. Lo bisa tiduran sambil dengerin suara air terjun. 

Lokasinya berada di Desa Jereweh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Airnya jernih banget dan berwarna biru kehijauan. Kalau sudah ngerasa cukup rebahin badan di hammock, lo bisa langsung nyebur dan mandi di air terjun. 

Untuk sampai ke sini, kalau lo berkendara dengan motor, waktu tempuh yang dihabiskan sekitar 90 menit dari Pelabuhan Poto Tano. Jarak antara pelabuhan dengan lokasi alam ini kurang lebih 48 kilometer. Setibanya di Desa Jereweh, lo bakal melanjutkan perjalanan menyusuri jalanan berbatu yang diapit persawahan hijau. Lo juga harus berjalan kaki sepanjang 200 meter untuk sampai ke air terjun. Tenang, lelah lo bakal dibayar tuntas kok! 

Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Wihhh memang felling Good banget nih
AMBO SOLLE
Mantap dan tempatnya
Agung Sutrisno
Pejamkan mata hirup udaranya yang segar, nikmatin awan biru, memang nikmat rebahin badan di atas hammock, sambil menikmati keindahan sekitar pegunungan
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
agung
tq info ya
nugraha
wah jadi pengen
Fandi c
Keren gambarnya
Yuniarto ( Tato )
Keren nih
wildan
Makasih infonya
agung
tq info ya