Bisa Dicoba Nih Bro! Tips Cuci Jaket Waterproof Biar Tetap Anti Basah-basah Club

Jaket waterproof salah satu barang yang paling banyak diburu saat masuk musim penghujan. Alasan satu, praktis bro. Yang sepakat ngacung!

Bisa Dicoba Nih Bro! Tips Cuci Jaket Waterproof Biar Tetap Anti Basah-basah Club

Dengan jaket waterproof, lo nggak perlu lagi menepi untuk ambil jas hujan di bagasi motor. Lo juga nggak mesti bawa baju ganti. Nah sayangnya, jaket waterproof gampang banget berjamur dan menimbulkan bau tak sedap kalau nggak segera dicuci. Terus gimana caranya biar jaket ini bisa tetap terawat dan kekuatan menahan airnya nggak 'rusak'. Silakan simak baik-baik tipsnya ya bro

Cuci Secara Manual

Bisa Dicoba Nih Bro! Tips Cuci Jaket Waterproof Biar Tetap Anti Basah-basah Club

Jangan salah teknik kalau lo mau cuci jaket waterproof secara manual. Tahap awalnya, rendam dulu jaket waterproof di dalam air. Silakan tambah sedikit deterjen cair buat mengangkat kotoran yang menempel pada jaket. Jangan buru-buru dikucek ya bro, pastiin dulu semua noda sudah tertuang sama deterjen itu tadi. Kalau masih ada noda yang melekat, lo bisa tuangin lagi deterjen cairnya di bagian yang kotor. Setelahnya, baru lo bisa menggosok noda dengan sikat berbulu halus.

Jika sudah, masukkan lagi jaket waterproof ke dalam air dan deterjen cair. Gosok lagi seluruh bagian jaket dengan sikat berbulu yang sama. Pastikan noda hilang ya bro. Siapkan air bersih di dalam ember untuk membilas sisa busa dan sabun yang masih menempel pada jaket. Prosesnya hampir selesai. Lo bisa menjemur jaket waterproof kesayangan lo di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.

Oh ya bro, jangan sekali-kali menjemur jaket waterproof di bawah sinar matahari langsung. Sebab, metode itu bisa merusak material jaket yang anti-air. Proses pengeringan cukup di ruangan yang suhunya cukup dan nggak perlu waktu lama kok.

Cuci di Mesin Cuci

Bisa Dicoba Nih Bro! Tips Cuci Jaket Waterproof Biar Tetap Anti Basah-basah Club

Boleh nggak cucinya di mesin cuci aja? Bukan perkara boleh nggak boleh, tapi bisa kok bro, tenang aja. Tetapi, perhatiin dulu label perawatan pakaian yang tertera di bagian dalam jaket. Biasanya di label jaket ada informasi apakah jaket waterproof yang lo punya bisa dicuci menggunakan mesin atau harus manual. 

Nah kalau bisa, yang pertama harus lo lakukan adalah menggosok kotoran yang menempel di jaket sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Bersihkan pakai deterjen cair dan sikat berbulu halus buat menggosok noda. 

Setelah itu, baru lo masukkan jaket ke dalam mesin cuci. Inget ya bro, untuk cuci jaket waterproof jangan berbarengan dengan pakaian lainnya. Jadi satu mesin cuci itu eksklusif ya buat jaket waterproof lo itu.

Kemudian, tuang deterjen cair sesuai dengan jenis mesin cuci. Pilih program pencucian yang lembut saat mencuci jaket waterproof. Setelah pencucian selesai, lo jangan masukkan jaket dalam dryer dan tapi jemur saja secara alami. 

Lo juga nggak perlu memeras jaket, biarkan jaket kering dengan sendirinya di tempat yang berangin. Suhu panas dalam pengering bisa merusak dan bikin jaket jadi berkerut.

Banyak hal yang harus lo pertimbangin untuk ngejaga kondisi jaket tetap maksimal menahan air. Lo nggak bisa mencuci jaket waterproof dengan cara yang sama. Pastiin ketika lo mencuci jaket waterproof selalu memakai air dingin, baik di mesin cuci atau secara manual. Air panas bakal bikin jaket lo mengkerut. Hindari ya bro! 

Terus lo juga harus cek lagi tiap kantong, jangan sampai ketika dicuci ada barang yang tertinggal, bisa merusak jaket kalau lo cuci di mesin. Kalau sudah dicuci, lo juga nggak perlu menyetrika jaketnya. Bahan waterproof biasanya mudah sobek atau gosong kalau terkena suhu panas setrika. Karakter material jaket waterproof nggak gampang kusut kok, jadi sekali lagi, nggak perlu disetrika ya bro.

Tips Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Keren Kaya Daun Talas
Resatya Oktafitullah SAV
Wew mantap
AMBO SOLLE
Ramah lingkungan
Hilman rusdiyanto
Info bagus
dephy
Anti Basah-basah Club
SRI YAYA ASTUTI
rajin mencuci adalah kunci
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Cuci manual aja agar yakin akan kebersihannya.
ditra nugraha
bisa juga nih tipsnya
Yuniarto ( Tato )
Sangat inspiratif