Lo Akan Menyesal Kalau Kelewatan Tempat-tempat Kece di Kepulauan Derawan Ini Bro!

Air laut yang sangat jernih, membuat lo bisa memandang keindahan ikan-ikan yang lengkap dengan istana terumbu karang dan biota laut lainnya dengan jelas meski dari atas permukaan air di Kepulaun Derawan. 

Lo Akan Menyesal Kalau Kelewatan Tempat-tempat Kece di Kepulauan Derawan Ini Bro!

Tak hanya sekadar melihat pemandangan bawah laut, di kawasan kepulauan Derawan, lo juga bisa merasakan serunya permainan laut kayak banana boat dan extreme sport lainnya bareng temen-temen, bro!

Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur sangat tersohor namanya di dunia pariwisata Indonesia, karena keindahan ekosistem di laut yang masih terjaga keasliannya. Tak heran sih kalau Kepulauan Derawan jadi salah satu spot buat menyelam terfavorit di Indonesia dan dijadikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2005. Berikut tempat-tempat yang bisa lo kunjungi di sekitar kepulauan Derawan ya bro.

1.  Pulau Maratua

Lo Akan Menyesal Kalau Kelewatan Tempat-tempat Kece di Kepulauan Derawan Ini Bro!

Image source: https://www.arcgis.com/

Aura eksotisme Pulau Maratua sangat terlihat dari hasil kolaborasi prima antara pasir putih dan birunya air laut. Hal ini didukung dengan kualitas air yang sangat jernih dan terumbu karang yang sangat terjaga dengan sangat baik. Pulau Maratua memiliki terumbu karang apik bertipe fringing reef. Pulau Maratua ibarat surga buat lo yang hobi menyelam dan mengagumi alam bebas bawah laut.

Buat lo yang mau bermalam di Pulau ini, disediakan cottage atau resort dengan berbagai macam fasilitas yang bisa lo pilih. Umumnya, Ada dua jenis penginapan disini, yaitu area water villa berupa yang berada di atas perairan laut Maratua, dan beach villa yang berada di pinggir Pantai Maratua.

2.  Goa Haji Mangku

Lo Akan Menyesal Kalau Kelewatan Tempat-tempat Kece di Kepulauan Derawan Ini Bro!

Image source: instagram.com/astripermataa/

Untuk memasuki gua berair payau ini, ada dua cara. Lo bisa loncat terjun langsung dari atas gua atau masuk dari mulut gua yang separuhnya ditutupi air. Direkomendasikan untuk mengunjungi Gua Haji Mangku di siang hari, karena pada saat itu cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bagian dalam gua. Penampakan airnya pun akan terlihat lebih biru jika dibandingkan datang pada saat sore hari ketika matahari beranjak tenggelam.

Mungkin nggak banyak yang tahu atau bahkan jarang banget mendengar tentang sebuah gua yang berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang bernama Gua Haji Mangku. Gua yang terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua ini baru mulai populer di telinga para wisatawan sekitar 3 tahun belakangan. Letaknya yang agak masuk ke dalam membuat tempat ini cukup sunyi dan sepi, cocok banget buat lo yang mencari ketenangan, bro!

Berdasarkan namanya, konon, gua ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Haji Mangku. Dari beberapa macam tipikal gua sejenis yang terdapat di Maratua, Gua Haji Mangku merupakan salah satunya yang paling mudah diakses.

3.  Pulau Sangalaki

Lo Akan Menyesal Kalau Kelewatan Tempat-tempat Kece di Kepulauan Derawan Ini Bro!

Image source: instagram.com/indoflashlightkalimantan/

Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan mengkilap disinari mentari akan menyambut lo ketika pertama kali menjejakan kaki di pulau ini. Garis pantai yang panjangnya sekitar 12-15 meter serta perairan dengan biota laut yang sangat beragam akan menjadikan liburan lo takkan terlupakan sepanjang hidup, bro.

Pulau ini merupakan rumah bagi ribuan penyu. Biasanya mereka bertelur pada malam hari di sekitar pantai Pulau Sangalaki. Selain itu, ada juga 'penghuni' lain yang mendiami pulau ini, seperti  ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang dan burung laut lainnya.

Ketika snorkling atau diving di perairan Pulau Sangalaki ini biasanya lo juga bisa melihat gerombolan ikan Pari Manta yang sedang meliuk-liuk indah di dalam laut. Ikan unik yang berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar tujuh meter. Hewan air yang semakin langka ini suka berkeliaran di sekitar Pulau Sangalaki karena disini banyak tersedia makanan mereka yang berupa Plankton.

Dari spot-spot wisata di atas mana yang bakal lo datengin duluan? Tetap jaga lingkungan dan utamakan keselamatan saat berpetualang ya, bro!

Urban Places Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Pulau Maratua surga buat kita yang hobi menyelam dan mengagumi alam bebas bawah laut.
Ricko Pratama Putra
Menarik Tempatnya
Firgiawan
Pulang yang sangat indah
Cecep Jajang
Tempat yang sangat indah
Rull
Niceee infoo