Ada Revisi Libur Nasional Nih Bro! Lo Udah List Traveling Kemana Aja?

Pemerintah baru aja mengumumkan revisi tanggal cuti bersama dalam kalender tahun 2020. Ternyata, setelah dihitung-hitung nih bro, ada banyak lho long weekend-nya. Lo sudah atur waktu buat traveling belum?

Ada Revisi Libur Nasional Nih Bro! Lo Udah List Traveling Kemana Aja?

Jadi, tahun 2020 ini Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020 yang semula 20 hari ditambah 4 hari lagi. Totalnya jadi ada 24 hari libur. Nah, keputusan ini sudah disahkan Senin (9/3/2020) kemarin sejumlah menteri, antara lain, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Keputusan libur nasional 2020 juga tercantum pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020, dan Nomor 01 2020.

Penambahan libur nasional dan cuti bersama ini harapannya bisa berdampak positif pada perekonomian negara. Dan satu lagi, libur panjang yang itu supaya warga Indonesia bisa mengenal lebih dekat dengan Tanah Airnya. 

Bukan Karena Corona

Ada Revisi Libur Nasional Nih Bro! Lo Udah List Traveling Kemana Aja?

Revisi libur nasional pasti menjadi tanda tanya karena diputuskan di tengah wabah virus menular COVID-19. Tetapi, pemerintah menegaskan, kalau keputusan libur nasional 2020 ini bukan karena Corona.

Revisi libur dan cuti bersama 2020 ini semata-mata untuk menstimulus perekonomian Indonesia. Selain itu, evaluasi libur 2020 ini juga sudah diarahkan Presiden Jokowi dan sebelum wabah corona menghebohkan seantero bumi.

Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan momen libur panjang dengan pelesiran ke tempat-tempat di Indonesia. Dengan begitu, sektor ekonomi RI terangkat dan positif.

Ada Diskon Tiket Pesawat

Ada Revisi Libur Nasional Nih Bro! Lo Udah List Traveling Kemana Aja?

Evaluasi libur dan cuti bersama untuk meningkatkan sektor pariwisata sejalan dengan pengumuman diskon tiket pesawat yang disampaikan akhir Februari lalu. Pemerintah Pusat memberi diskon tiket pesawat diskon 30 persen hingga 50 persen. 

Korting harga tiket moda transportasi udara ini sebagai strategi pemerintah buat mencegah ekonomi RI merosot. Untuk destinasi wisata domestik yang diberi diskon harga tiket pesawat yakni Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit-Danau Toba, Tanjung Pandang, dan Tanjung Pinang.Oh iya, yang harus lo inget, diskon tiket pesawat hanya akan diberikan selama tiga bulan yakni 1 Maret hingga Mei 2020.

Pemerintah memberikan diskon untuk tiket pesawat mulai dari 45-50 persen. Pertama, diskon diberikan sebesar 45 persen dari harga tiket untuk penerbangan pada maskapai full service.

Kedua, untuk pesawat medium class akan diberikan diskon tiket sebesar 48 persen. Terus yang ketiga, maskapai low cost carrier akan mendapatkan diskon 50 persen dari harga tiket. Super deal banget nggak sih?

So, buat para traveler, waktu buat melancong sudah di depan mata nih. Lo tinggal pilih mau liburan ke pantai atau naik gunung, atau sekadar kumpul keluarga. Nah, lo sudah mulai atur waktu liburan belum? 

Berikut hari libur nasional dan cuti bersama terbaru 2020:

Hari Libur Nasional (16 hari)

1. 1 Januari, Tahun Baru 2020 Masehi

2. 25 Januari, Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

3. 22 Maret, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW

4. 25 Maret, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942

5. 10 April, Wafat Isa Al Masih

6. 1 Mei, Hari Buruh Internasional

7. 7 Mei, Hari Raya Waisak 2564

8. 21 Mei, Kenaikan Isa Al Masih

9. 24-25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 H

10. 1 Juni, Hari Lahir Pancasila

11. 31 Juli, Hari Raya Idul Adha 1441 H

12. 17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI

13. 20 Agustus, Tahun Baru Islam 1442 H

14. 29 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW

15. 25 Desember, Hari Raya Natal

 

Libur Cuti Bersama (8 hari)

1. 22, 26 dan 27 Mei (Hari Jumat, Selasa dan Rabu), Cuti Bersama untuk Hari Raya Idul Fitri

2. 28 dan 29 Mei, Cuti Bersama tambahan Hari Raya Idul Fitri.

3. 21 Agustus, Cuti Bersama Tahun Baru Islam (tambahan)

4. 30 Oktober, Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW (tambahan)

5. Tanggal 24 Desember (Hari Kamis), Cuti Bersama untuk Hari Raya Natal

Trending Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
LIBUR TLAH TIBA
Agung Sutrisno
Liburan yang selalu dinanti
wildan
Tp masih adanya wabah Corona jd blm bikin lisnya
arief
Makasih infonya tp untuk sekarang wait and see aja dlu dg kondosi Sekarang
Allink
Mantap ingonya
Aditya Nur Fadillah
Hore hore hoooore
Ricko Pratama Putra
Thanks Infonya
Firgiawan
Liburan Yang Diidamkan
Yuniarto ( Tato )
Di Rumah saja
Allink
Mantap infonya