Jelajah Situ Gunung yang Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Membentang sepanjang 243 meter, dengan lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah membuat Situ Gunung Suspension Bridge menjadi jembatan gantung terpanjang tidak hanya di Indonesia tapi juga Asia Tenggara. Jembatan ini terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, dan masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jelajah Situ Gunung yang Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Sukabumi memang jadi salah satu wilayah terkecil di Jawa Barat. Namun, wilayahnya yang tak terlalu besar ini sudah mendapat pengakuan bahwa Sukabumi punya berbagai tempat wisata yang sangat menarik. Salah satunya kawasan wisata terpadu Situ Gunung Suspension Bridge.

Pembangunan Jembatan Gantung 

Jelajah Situ Gunung yang Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Image source: instagram/infopendaki_id

Dibangun di pertengahan tahun 2017, proses pembangunan jembatan gantung ini dilakukan secara manual dengan melibatkan warga lokal dan tenaga ahli dari Bandung. Tanpa menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini selesai dalam kurun waktu kurang dari setahun, tepatnya selama empat bulan. Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan, selama pembangunan, dilakukan pendampingan teknis dari Puslitbang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR.

Pada Sabtu, tepatnya Tanggal 9 Maret 2019, Situ Gunung Suspension Bridge diresmikan oleh Menko Bidang Kemaritiman yang waktu itu menjabat yaitu Bapak Luhut Binsar Pandjaitan dengan acara utama pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Kemeriahan acara semakin lengkap dengan suguhan pertunjukan seni budaya tradisional yang ditampilkan di atas panggung di Amphitheater.

Dilengkapi beberapa objek wisata

Jelajah Situ Gunung yang Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Image source: instagram/hahaha.runherdiana/

Selain jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara, di tempat ini lo juga bisa menjelajahi objek wisata lainnya seperti Curug Sawer, yaitu air terjun setinggi 35 meter yang berjarak 1,7 kilometer dari pintu masuk dengan menelusuri rimbunnya pepohonan hutan Situ Gunung. Namun perjalanan terpangkas sekitar 500 meter ketika lo memilih opsi melewati Jembatan Gantung Situgunung. Asik banget kan, bro? Kesegaran udara dan percikan air lembut merasuk ke pori-pori kulit ketika lo mencoba merasakan sejuknya air di curug ini untuk sekadar mencuci muka, atau bermain air di sungai yang jernih di dekat air terjun. 

Selain itu, ada juga Danau Situ Gunung. Mengendarai sepeda air atau berkeliling danau dengan menaiki rakit sederhana akan menjadi cara yang menarik untuk menikmati alam lebih dekat. Lo juga bisa berjalan santai di jembatan untuk bisa merasakan suasana damai selagi melihat pemandangan pulau mungil di tengah danau.


 

 

Biaya pembangunan yang fantastis!

Sebagai informasi tambahan nih bro, pembangunan jembatan gantung dan objek wisata di sekitarnya terlaksana atas inisiasi pihak swasta bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 hingga peresmian jembatan, tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 miliar. Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan pariwisata di Sukabumi.

Harga tiket

Untuk masuk ke kawasan ini lo akan dikenakan biaya tiket masuk utama seharga 18.500 rupiah per orang pada akhir pekan atau hari libur, dan hari biasa 16.000 rupiah per orang. Sedangkan untuk pelajar di akhir pekan atau hari libur dikenakan biaya 10.500 rupiah dan weekday 9.000 rupiah. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan 165.000 rupiah pada hari biasa dan 240.000 rupiah di akhir pekan atau hari libur. Selain itu, untuk area camping dimana setiap area camping berbeda harganya di sesuaikan dengan tempat camping dan luasnya, dengan harga yang paling murah yaitu 32.500 rupiah  per orang

Itu dia beberapa informasi tentang kawasan wisata Situ Gunung Suspension Bridge. Semoga bermanfaat dan menambah ketertarikan lo. Tetap jaga kebersihan lingkungan dan jaga potensi wisata yang satu ini ya,bro!

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
dephy
Situ Gunung yang Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara
Fandi c
Mantap bro
SURIANTO
Super mantap
Kristian Mustafa
Panjang juga jembatannya.
Firgiawan
Keren Banget
arief
makasih infonya
Aditya Nur Fadillah
Biasanya hari apa ya kalo sepi?
Panjul nikilos
Wow keren
Agung Sutrisno
Sukabumi punya berbagai tempat wisata yang sangat menarik.
Agung Sutrisno
Sukabumi punya berbagai tempat wisata yang sangat menarik.