Dua Pantai Ini Bisa Jadi Langganan Spot Surfing Lo di Jawa Timur!

Kurang sedap sih rasanya kalau berpetualang di pantai cuma berjemur dan bermain air di pinggiran lautnya. Lo pasti haus banget akan tantangan yang menantang adrenalin kan, bro? Nah, lo mesti cobain rasanya berpacu dengan ombak-ombak ganas di atas papan selancar bro!

Dua Pantai Ini Bisa Jadi Langganan Spot Surfing Lo di Jawa Timur!

Surfing atau berselancar adalah salah satu aksi ekstrem dan jadi olahraga air yang cukup populer di kalangan petualang dan generasi muda yang haus akan tantangan. Buat lo yang tinggal di sekitar Jawa Timur dan bingung mau surfing kemana? Berikut Super Adventure rekomendasikan spot-spot surfing di Jawa Timur.

Pantai Watu Karung, Pacitan

Dua Pantai Ini Bisa Jadi Langganan Spot Surfing Lo di Jawa Timur!

Image source: Shandy A A Miraza

Air laut dengan warna khasnya biru kehijauan dan pantai yang cukup bersih dengan hamparan pasir putih siap menyambut lo ketika menjejakan kaki di Pantai Watu Karung. Sekedar bersantai di kawasan Pantai Watu Karung saja sudah bisa menjadi sebuah pengalaman berpetualang yang tidak terlupakan.

Pantai ini memang punya ombak yang sangat menantang dan pemandangan yang indah dan tak akan bisa dilupakan begitu saja. Tapi satu hal yang harus lo ingat saat ingin menyambanginya adalah perjalanan menuju kedamaian di sana bukanlah sesuatu yang mudah. Letaknya yang bersembunyi dari jahatnya dunia fana, membuat lo yang ingin menjamahi pantai ini harus melewati jalur yang sangat menantang.

Ombak yang luar biasa menantang dengan tipe reef break dan di dasar bawah laut berupa batu karang yang rupawan adalah alasan utama para surfer top dunia datang ke Pantai Watu Karung. Salah satu surfer yang cukup populer dan tercatat pernah menjajal surfing di Pantai Watu Karung adalah Bruce Irons yang pernah menjadi juara di kejuaraan Rip Curl 2008. Ia diajak oleh satu surfer kelas dunia dari negeri tercinta Rizal Tanjung untuk menjajal ombak kelas dunia di Pantai Watu Karung.

Tidak sekadar ombak menantang kelas dunia yang menggoda para surfer dari segala penjuru dunia untuk datang dan mengarungi keganasannya, pantai ini juga punya pesona alam yang eksotis khas kawasan pantai yang tidak kalah mempesonanya dengan pantai-pantai lainnya di negeri tercinta Republik Indonesia.

Pantai Plengkung

Dua Pantai Ini Bisa Jadi Langganan Spot Surfing Lo di Jawa Timur!

Image source: https://www.liputan6.com/

Ini dia bro, ini Pantai Plengkung. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Nama pantai ini sudah nggak asing lagi di deretan pantai favorit peselancar di Indonesia bahkan di dunia. Bagaimana nggak terkenal, pantai ini disebut-sebut menjadi salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

Label spot selancar terbaik ini tentu punya alasan yang kuat. Pantai Plengkung ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu gulungan ombaknya yang konsisten dalam satu waktu. Bayangin bro, dalam satu momen hempasan bisa ada hingga tujuh gulungan ombak sekaligus, bro! Dengan kondisi ombak yang sangat menantang seperti itu, nggak heran kalau spot ini jadi incaran banyak peselancar profesional, baik yang dari dalam negeri sendiri, maupun mancanegara.

Menurut Kelly Slater, peselancar legendaris internasional yang pernah menjajal keganasan Pantai Plengkung, di pantai ini terdapat ombak yang sangat ganas yang ia berikan nama 'Kong Waves'. Ombak yang satu ini mempunyai tinggi 6-8 meter. Sangat menantang memang. Tapi, ombak Kong Waves ini adalah ombak yang paling memungkinkan untuk melakukan Tube Riding, bro. Tube Riding adalah trik surfing dengan tingkat kesulitan khusus yang ia lakukan untuk memenangi beberapa kompetisi surfing di penjuru dunia.

Wah bagaimana nih? Dari semua tempat-tempat surfing di atas, mana yang bakal jadi langganan tempat surfing lo, bro?

Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
Bagus ni
Yuniarto ( Tato )
Bagus nih tempat
Agus Sungkawa
Spot2 yang sangat bagus buat surfing