Selain Pantai, Bali Juga Punya Air Terjun Peguyangan yang Mesti Lo Kunjungi

Segarnya mata air yang jernih, mengalir deras langsung ke laut lepas. Aksesnya berupa ratusan anak tangga yang harus ditempuh siapapun yang ingin menuju ke tempat indah yang tersembunyi ini. Selain itu, tempat ini juga bisa sekaligus menjadi tujuan wisata religi dengan keberadaan pura di dalam areanya.

Selain Pantai, Bali Juga Punya Air Terjun Peguyangan yang Mesti Lo Kunjungi

Media sosial ramai sekali dijejali dengan foto orang-orang yang berlibur di pantai Bali. Pasalnya pulau Bali memang sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang landai, dihiasi dengan ombak yang memanjakan mata serta pasir-pasir halus yang nyaman dipijak para pelancong. Namun, air terjun yang satu ini cocok banget masuk dalam daftar tempat liburan lo di Bali. Yap, Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida memang menawarkan sensasi berlibur di bawah kucuran air terjun yang beda dari air terjun yang  lainnya.

Akses yang memacu adrenalin

Selain Pantai, Bali Juga Punya Air Terjun Peguyangan yang Mesti Lo Kunjungi

Image source: www.journeyera.com

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Peguyangan, lo harus menyeberang ke Nusa Penida dengan speed boat. Lo bisa menyewa speed boat dengan harga sekitar Rp100.000/orang. Buat lo yang datang dari Pelabuhan Padang Bai, lo bisa menyewa speed boat dengan harga Rp115.000 per kapal yang biasanya hanya untuk dua orang.

Setelah sampai di pintu masuk tepian pantai, perjuangan yang lebih menantang akan dimulai. Bayangkan, lo harus melewati sekitar 870 anak tangga yang curam dan ekstrem. Lo harus berhati-hati melewati tangganya karena jarak tiap anak tangganya cukup jauh dan terjal, belum lagi angin pantai yang berhembus kencang akan membuat konsentrasi lo mudah buyar. Keindahan pemandangan birunya laut berpadu dengan langit dengan biru yang berbeda dan cemerlang, berpadu dengan eksotisnya jajaran aneka tebing yang hijau dihadapan begitu indah. Panorama ini akan sedikit menghilangkan rasa pegal di kaki saat melewati ratusan anak tangga. Disamping tangga juga ada pipa-pipa air yang mengalirkan pasokan air untuk warga-warga setempat sejak tahun 1995.

Meskipun perjalanannya sangat melelahkan dan butuh tenaga ekstra, namun semua perjuangan akan terbayar lunas setelah lo sampai di Air Terjun Peguyangan. Keindahan jajaran tebing-tebing serta hamparan laut biru akan membuat capek di seluruh tubuh lo sirna seketika.

 Infinity pool yang menyegarkan

Selain Pantai, Bali Juga Punya Air Terjun Peguyangan yang Mesti Lo Kunjungi

Image source: www.journeyera.com

Satu spot paling menarik dari objek wisata Air Terjun Peguyangan adalah adanya ‘infinity pool’. Kolam tersembunyi dalam gua di dasar tebing ini memiliki beberapa level ketinggian. Bentuknya seperti sungai yang mengalir dengan sangat tenang dikelilingi dinding batu. Tempat ini menjadi jacuzzi alami dengan air yang jernih dan sangat menyegarkan memenuhi masing-masing kolam. Lo bisa berenang atau berendam ala spa di kolam renang alami ini. Dari kolam ini, pemandangan laut lepas terlihat indah mempesona.

Infinity pool ini juga merupakan spot foto favorit karena sisi kolam terlihat menyatu sempurna dengan air laut. Saat hari beranjak siang, gelombang air akan naik. Hal ini menghasilkan percik deburan ombak pada tepi kolam.

Larangan di Air Terjun Peguyangan

Selain Pantai, Bali Juga Punya Air Terjun Peguyangan yang Mesti Lo Kunjungi

Image source: www.journeyera.com

Di kawasan Air Terjun Peguyangan juga terdapat air yang disakralkan oleh warga sekitar. Tapi, lo tetap bisa mengambilnya untuk diminum. Di gerbang masuk kawasan wisata, biasanya kain akan disewakan untuk wisatawan yang berpakaian pendek untuk menjaga kesucian tempat tersebut. Konon, di tempat itu merupakan tempat persinggahan Nyi Ratu Roro Kidul untuk melakukan meditasi. Itulah mengapa masyarakat mendirikan patung seperti Nyi Roro Kidul.

Oleh karena itu, perempuan yang sedang dalam masa haid dilarang untuk mendekati mata air ini. Selain itu, lo juga diwajibkan menjaga kebersihan dan harus bertingkah sopan. Jika lo menemukan sampah di sekitar air terjun ataupun mata air sebaiknya lo pungut dan membuangnya ke tempat sampah yang telah disediakan.

Jadi bagaimana dengan informasi seputar air terjun Peguyangan di Nusa Penida, bro? Semoga bisa menjadi salah referensi lo saat berlibur di Bali. Patuhi aturan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dan selalu jaga sikap toleransi ya, bro!

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
dephy
Segarnya mata air yang jernih, mengalir deras langsung ke laut lepas
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Air terjunnya pasti segar.
ditra nugraha
asik banget nih
Hilman rusdiyanto
Waw mantab
Firgiawan
Gila Memang Bali Sangat Mempesona
arief
unik tempatnya, makasih infonya
Agung Sutrisno
Berenang atau berendam ala spa di kolam renang alami
Darmawati
Mantap infonya
Agus Sungkawa
Kalu bali ngk ada habis2nya untk spot" terindah