Pesona Bongkahan Batu Besar Bukit Kelam yang Bikin Lo Takjub!

Meski bukit ini terbentuk dari bongkahan batu, pepohonan masih tumbuh subur di lereng-lerengnya. Ketika perjalanan menuju puncak Bukit Kelam, lo bakal disuguhi keindahan pepohonan yang asri dan menyegarkan. Di sana lo bisa menemukan pohon-pohon yang sangat langka di dunia, misalnya pohon belian dan bengkirai. Di tempat yang sama, lo juga masih bisa menemukan kantong semar dan anggrek hutan beserta satwa liar lainnya, seperti tupai, monyet, hingga ribuan walet.

Pesona Bongkahan Batu Besar Bukit Kelam yang Bikin Lo Takjub!

Indonesia memang sangat populer sebagai negara yang sangat kaya akan keindahan alamnya. Lo bisa mengeksplorasi banyak hal ketika memutuskan untuk berpetualang di negeri ini, nggak heran kalau banyak dari wisatawan dari berbagai penjuru dunia ingin sekali untuk melihat keindahannya secara langsung. Salah satunya di Taman Wisata Bukit Kelam, tepatnya yang berada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bukit batu itu merupakan bongkahan batu yang besar dan disinyalir merupakan bongkahan meteor yang jatuh ke bumi.

Sejarah Terbentuknya Bukit Kelam

Pesona Bongkahan Batu Besar Bukit Kelam yang Bikin Lo Takjub!

Image source: instagram.com/amazingkelam/

Terdapat dua versi cerita yang beredar di masyarakat sekitar mengenai asal-usul Bukit Kelam. Cerita pertama menurut legenda yang berkembang di Kalimantan, Bukit Kelam adalah batu yang diangkat oleh seorang pemuda Dayak bernama Bujang Besji. Suatu hari dia ingin menutup Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Namun, rencana Bujang Besji gagal terwujud karena dia tergoda oleh kecantikan bidadari, sehingga dia jatuh terperosok di telan bumi dan membuat batu yang diangkatnya tergeletak begitu saja hingga saat ini.

Cerita kedua mengatakan bahwa Bukit Kelam berasal dari meteor yang jatuh ke Bumi. Peristiwa ini diperkirakan terjadi jutaan tahun yang lalu. Hal ini dapat diterima oleh sebagian orang karena Bukit Kelam ini adalah bukit batu yang sangat besar. Batu besar akan identik dengan batu meteor yang ada di luar angkasa. Namun, hal itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah, karena hal itu, banyak peneliti yang datang untuk meneliti kandungan dari batu di Bukit Kelam hingga sekarang.

Rute Menuju Bukit Kelam

Pesona Bongkahan Batu Besar Bukit Kelam yang Bikin Lo Takjub!

Image source: instagram.com/amazingkelam/

Kalau lo berasal dari luar Kalimantan dan ingin ke Bukit Kelam, lo bisa melalui jalur darat atau jalur udara. Yang paling sederhana adalah jalur udara. Berangkat dari Bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Bandara Tebelian, Sintang. Waktu tempuhnya hanya sekitar 40 menit. Kemudian dari bandara Tebelian ke Bukit Sintang butuh waktu hanya sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Selain itu, lo juga bisa menggunakan kendaraan roda empat dari Pontianak. Namun, dengan jarak tempuh jauh berlipat ganda, yaitu sekitar 7 jam, bro. Lain halnya kalau lo dari pintu perbatasan atau Indonesia-Malaysia di Badau jarak tempuhnya hanya sekitar 2 jam menggunakan mobil, sedangkan dari border Entikong perlu waktu 6 jam menggunakan moda transportasi yang sama.

Salah Satu Spot Sunset Terbaik

Pesona Bongkahan Batu Besar Bukit Kelam yang Bikin Lo Takjub!

Image source: instagram.com/amazingkelam/

Kalau lo mau mendaki ke puncaknya, pengelola sudah menyediakan tangga agar kita lebih mudah mencapai puncak bukit Kelam. Walau demikian, bukan berarti perjalanan menuju puncak akan sangat mudah, butuh waktu sekitar 4 jam untuk bisa mencapai puncaknya. Jadi, siapkan fisik yang prima jika kita ingin menikmati keindahan bukit itu ya, bro.

Lo bisa juga bermalam di sekitar area puncaknya. Tapi ingat, siapkan perlengkapan berkemah sesuai standar. Sebab, suhu di puncak Bukit Kelam bisa turun hingga belasan derajat celcius pada malam hari. Jangan tidur terlalu lelap ya, bro. Karena momen saat matahari terbit di pagi hari akan sangat berharga dan sayang sekali untuk dilewatkan. Tampak matahari yang mengintip dari tempat beristirahatnya, ditambah udara pagi yang lembut dengan efek damai dijamin akan menenangkan jiwa dan menghilangkan stres bagi siapapun yang melihatnya langsung dari Bukit Kelam.

Jadi bagaimana bro, informasi seputar Bukit Kelam di Kalimantan Barat? Semoga bisa menjadi liburan lo selanjutnya ya, bro. Suasana yang ada di kawasan wisata alam satu ini memang tiada duanya, setidaknya lo harus berkunjung kesana untuk melihat langsung keindahannya. Teruslah bersemangat dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia, bro!

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Keren spotnya.
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Pesona bukit kelam bikin takjub
Hilman rusdiyanto
Waw mantab
SRI YAYA ASTUTI
Meski bukit ini terbentuk dari bongkahan batu, pepohonan masih tumbuh subur di lereng-lerengnya
arief
keren tempatnya, luar biasa
Agung Sutrisno
Dari namanya ngeri, tapi keindahannnya luar biasa
Firgiawan
Bukit Kelam
Darmawati
Mantap infonya
agung
tq info ya