Begini Caranya Pilih Sandal Gunung Supaya Kaki Lo Nyaman!

Naik gunung dengan pakai sandal sebenarnya sah-sah aja sih bro, karena sandal khusus naik gunung kan memang dibuat dengan bahan yang memang disesuaikan untuk medan yang akan dihadapin. Ya gak bro?

Begini Caranya Pilih Sandal Gunung Supaya Kaki Lo Nyaman!

Saat lo naik gunung atau sekadar hiking, lo pasti akan menghadapi medan yang bermacam-macam. Baik itu yang licin, terjal, sampai yang rata sekali pun akan lo temui saat melakukan aktivitas tadi.

Untuk itu, lo jangan sekadar beli sandal gunung ya bro. Ada beberapa tips yang harus lo ikuti nih kalo mau beli sandal gunung, biar kaki lo berasa nyaman dan aman saat naik gunung atau aktivitas luar ruangan lainnya. Disimak ya bro!

1. Pastikan Sesuai dengan Bentuk dan Ukuran Kaki

Begini Caranya Pilih Sandal Gunung Supaya Kaki Lo Nyaman!

Karena medan yang ditemui akan sangat ekstrem maka pastikan alas kaki pun terasa nyaman dengan mencari ukuran yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki lo ya bro. Sebelum dibeli sebaiknya dicoba terlebih dahulu, buat memastikan kalau lo mendapatkan kenyamanan dimana ukurannya pas, nggak kekecilan dan nggak kebesaran.

Jangan sampai lo pilih yang kebesaran atau kekecilan, pokoknya yang pas dengan kaki lo ya bro! Kalau sandal gunung yang lo pilih terlalu besar maka kaki akan sering tergelincir dari dudukan sandal, sebaliknya apabila sandal terlalu kecil maka kaki lo bisa lecet karena terlalu banyak gesekan.

2. Pilih yang Bahannya Nyaman dan Jahitannya Kuat

Begini Caranya Pilih Sandal Gunung Supaya Kaki Lo Nyaman!

Hal lain yang harus lo perhatikan saat memilih sandal gunung dengan memeriksa jahitan di setiap sisi. Apabila jahitan kuat maka dipastikan sandal yang akan lo pilih itu siap digunakan untuk semua medan. Karena kalau jahitan lepas ketika dalam perjalanan, maka akan bikin repot lo nantinya.

Selain jahitan, lo juga harus memeriksa bahan yang digunakan. Sandal gunung dengan bahan yang kuat dan fleksibel tentu akan sangat ngebantu lo ngelewatin berbagai macam medan yang akan dilalui. Dengan bahan yang kuat maka perjalanan dengan durasi waktu yang lama pun bisa lo lewati tanpa kendala terhadap alas kaki.

3. Jangan Lupa Cek Alas Sandal

Ini juga yang paling penting bro! Bentuk alas sandal itu bisa sangat berpengaruh buat perjalanan lo. Jadi lo harus pilih alas sandal dengan grip bagian depan yang menghadap ke belakang, sedangkan bagian belakang menghadap ke depan. Grip ini dapat sangat menolong lo buat melewati medan yang nggak terduga seperti ketika medan yang lo lalui naik maka tekan bagian depan sandal untuk mencengkram grip pada permukaan yang dilalui, atau ketika medan yang dilewati licin makalo bisa menekan bagian belakang untuk menimbulkan gesekan yang tinggi terhadap permukaan.

Jangan pilih alas dari sandal gunung yang terlalu tipis, karena selain bisa bikin bahaya saat lo berjalan karena cenderung licin, alas sandal tipis dan empuk juga bisa bikin beban semakin berat karena beban dipundak terasa mantul ketika berjalan. Nah, jadi lo mesti cari bagian alas yang keras bro.

Sudah ngerti kan tips di atas, jadi kalau mau beli sandal gunung lo mesti pastikan dulu beberapa hal tadi ya bro. Jangan sampai lo asal beli, malah bikin kaki lo cedera. Sikat bro!

Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Nyaman saat di pakai
agung
tq info ya
ditra nugraha
gak bikin lecet
dephy
sandal khusus naik gunung kan memang dibuat dengan bahan yang memang disesuaikan untuk medan yang akan dihadapin
Kristian Mustafa
Cocok juga kok di dipake sehari-hari.
Agung Sutrisno
Wajib diperhatikan memilih sendal gunung tips diatas
biar kaki kita berasa nyaman dan aman saat naik gunung atau aktivitas luar ruangan lainnya