Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Membawa sepeda ke wilayah pegunungan mungkin bukan hal asing, apalagi buat lo yang emang doyan sama mountain biking. Atau bersepeda jarak jauh, atau mungkin bersepeda sambil bergaya. Di olahraga extreme satu ini semua atraksi sepeda itu dilakukan dengan satu roda.

 

Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Unicycle memang menawarkan tantangan baru  dalam bersepeda. Cocok banget buat lo yang selalu haus tantangan baru, bro!. Berikut ini beberapa tipe unicycle dan spesifikasi khususnya yang harus lo ketahui.

1.Trials Unicycle

Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Baru belajar mengendarai sepeda roda satu? Unicycle ini cocok banget buat lo, bro! Dirancang khusus untuk belajar mengendarai sepeda roda satu. Unicycle jenis ini memiliki spesifikasi sedemikian rupa agar lebih kuat dari unicycles lainnya, karena untuk menahan tekanan yang disebabkan dari melompat dan handling yang sangat berat. Tipe unicycles ini juga memiliki ban yang ramping diyakini mampu mengatasi beban berat hingga mudah dikendalikan, dengan lebar, 19 inch hingga 20 inch atau sekitar 510 mm.

2. Mountain Unicycle

Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Mengayuh sepeda gunung di trek bebatuan, tanah hingga akar liar saja sudah susah. Belum lagi kontur lereng pegunungan yang nggak rata dan berkelok-kelok menjadi kesulitan tersendiri untuk pesepeda gunung. Dengan unicycle atau sepeda roda satu, otomatis semua kesulitan tersebut akan berlipat ganda dari sebelumnya. Menuruni lereng gunung dengan kecepatan hingga 24 km per jam, tentu akan sangat menantang dan sangat menguji adrenalin lo bro!

Muni adalah sebutan khusus untuk mountain unicycle atau sepeda roda satu gunung. Muni memiliki spesifikasi yang serupa dengan trials unicycle, perbedaan khusus terletak pada bannya. Dengan ban berdiameter 24 atau 26 inci atau sekitar 660 mm, yang memungkinkan pengendara untuk lebih mudah berguling tanpa kendala seperti akar, batu dan trek yang naik turun.

3. Freestyle unicycle

Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Pada umumnya unicycle jenis ini digunakan untuk atraksi freestyle keterampilan gaya bebas. Biasanya memiliki jok atau seatpost yang relatif tinggi , sadel yang sempit , dan garpu kuadrat yang biasanya digunakan untuk trik satu kaki. Ukuran roda biasanya 20 inch atau sekitar 510 mm. Tetapi pengendara yang posturnya lebih kecil dapat menggunakan 16 hingga 12 inch.

4. Touring Unicycle

Jenis-jenis Unicycle yang Lo Wajib Tahu Sebelum Coba

Sesuai namanya, unicycle jenis ini biasa digunakan untuk perjalanan sepeda roda satu dengan jarak yang cukup jauh. Unicycle tipe ini memiliki diameter roda yang lumayan besar antara 26 inch dan 36 inch. Dengan roda besar dan cenderung memiliki engkol yang lebih rendah, sangat memungkinkan untuk lebih mudah dikayuh dan lebih cepat dari biasanya, sehingga menghasilkan irama yang konsisten. Hal tersebut akan menghasilkan torsi kecepatan yang terus meningkat karena nggak diperlukan gowes cepat tapi menuntut kekuatan yang lebih besar untuk sekali gowes.

Untuk sampai ke tingkat unicycler profesional, pastinya lo harus latihan tanpa kata lelah dan pantang menyerah. Jangan kalah sama Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, bro! Dua pembalap Formula 1 atau F1 ini diam-diam menggemari unicycle dan tergolong lihai dalam mengendarai unicycle yang dikendarainya! Lo bisa melihat aksi gokil mereka saat membawa sepeda roda satu tersebut sebagai motivasi dan materi untuk latihan. Jangan menyerah dan tetap semangat, ya, bro!

6 COMMENTS

SHARE
Allink
Terimakasi infonya
agung
tq info ya
nugraha
wah seru nih
SRI YAYA ASTUTI
Unicycle memang menawarkan tantangan baru dalam bersepeda
Agus Sungkawa
Unicycle keseimbangan yg utama
Agung Sutrisno
Dengan unicycle atau sepeda roda satu, otomatis semua kesulitan tersebut akan berlipat ganda dibandingkan dengan sepeda biasa