Air Terjun Tukad Cepung, 'Harta Karun' Menawan di Bangli

Rindangnya pepohonan serta udaranya yang sangat sejuk dan seretan pesona alam lainnya sepanjang rute trekking menuju Air Terjun Tukad Cepung dijamin akan membuat pegal-pegal di betis lo hilang, bro. Untuk mencapai lokasi air terjun ini lo bakal menuruni kontur jalanan yang berundak, menyusuri aliran sungai hingga menuruni tebing yang sangat menantang.

Air Terjun Tukad Cepung, 'Harta Karun' Menawan di Bangli

Selain mempunyai jajaran pantai yang sangat mempesona, Bali juga memiliki banyak sekali air terjun yang nggak kalah indahnya. Salah satunya adalah Air Terjun Tukad Cepung. Air terjun ini terletak di banjar Penida Kelod, Kabupaten Bangli, Bali. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Sekilas air terjun ini tampak seperti air terjun yang jatuh dari langit karena disilaukan oleh cahaya matahari.

Akses Menuju Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung, 'Harta Karun' Menawan di Bangli

Image source: shopback.co.id

Akses jalan menuju lokasi dari air terjun ini cukup mudah dijangkau, walaupun masih melewati jalan setapak, melintasi jembatan yang terbuat dari batang kayu dan bambu yang sangat memacu adrenalin lo, bro. Dari kota Bangli ke Air Terjun Tukad Cepung hanya berjarak sekitar 8 kilometer.

Sedangkan dari Denpasar berjarak 38,8 kilometer dan dari bandar udara I Gusti Ngurah Rai berjarak sekitar 53 kilometer dengan lama perjalanan menggunakan kendaraan roda empat selama kurang lebih 70 menit. Sesampainya di sana, lo bakal disambut oleh kehangatan para pemuda dari desa setempat yang akan menghangatkan sejuknya udara di Bangli, dan mereka akan mengantarkan lo menuju air terjun.

Ritual Penyucian Diri

Air Terjun Tukad Cepung, 'Harta Karun' Menawan di Bangli

Kawasan Air Terjun Tukad Cepung adalah kawasan yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, sebelum benar-benar memasuki ke objek wisata, lo harus mengikuti ritual mensucikan diri. Di sini, petugas akan memberi percikan air suci dalam upacara mesirat. Tujuannya sebagai tanda pembersihan diri sebelum memasuki objek wisata.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat tempat untuk melukat. Melukat sendiri merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual. Melukat ini dinamakan Petirtaan Nawa Tirta, gunanya yaitu untuk penyucian diri.

Trekking Menuju "Harta Karun" Tersembunyi

Air Terjun Tukad Cepung, 'Harta Karun' Menawan di Bangli

Image source: Instagram/chinyoxin

Untuk menuju Air Terjun Tukad Cepung, lo harus trekking kurang lebih 20 menit. Di Sepanjang jalur lo akan disajikan pemandangan hijau dan asrinya alam di sekitar Air Terjun Tukad Cepung. Pepohonan rindang tumbuh subur di sepanjang jalan. Suara serangga hutan pun menjadi musik yang merdu untuk menemani perjalanan menuju air terjun harta karun ini.

Lumut yang menempel dan tumbuhan merambat sesekali menyembul di antara celah batuan menandakan bebatuan tersebut sudah ada di posisinya dalam kurun waktu yang cukup lama dan terjaga keasriannya. Perpaduan warna hijau dan hitam batuan menjadi kombinasi yang menyegarkan mata dan menenangkan jiwa.

Keindahan Air Terjun Tukad Cepung 

Aliran air terjun ini lokasinya memang sangat unik, yaitu berada diantara tebing, atau lebih tepatnya diapit oleh keberadaan tebing yang menyembunyikannya. Posisinya agak menjorok ke dalam, sehingga jika kita masuk ke dalamnya, maka kita akan seperti memasuki gua, sungguh memacu adrenalin, bro!

Keindahan air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter di sela – sela tebing ini sudah nggak diragukan lagi. Warna air yang mengalir jatuh tampak sangat jernih sekali. Air terjun akan berlipat ganda keindahannya manakala sinar surya menerobos memaksa masuk ke dalam sela-sela tebing di aliran air terjunnya. Nampak sinar matahari yang masuk ke dalamnya akan menimbulkan efek cahaya yang sangat eksotik. Nggak hanya itu, Suara gemericik air terjunnya turut serta menentramkan hati ini lewat suara khasnya, seperti lantunan irama melodi yang lembut memecah suasana, sehingga siapapun yang masuk ke sana akan merasakan kedamaian dan kenyamanan yang hakiki.

So, kapan lo punya waktu buat ngerasain sensasi berpetualang serasa di sungai Amazon? Pokoknya, jangan sampai Air Terjun Tukad Cepung nggak ada di list liburan lo di Bali ya, bro!

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Aditya Nur Fadillah
Keren sumpah!
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke sana
Agung Sutrisno
air terjun yang mirip jatuh dari langit karena disilaukan oleh cahaya matahari.
Firgiawan
Memang Benar" Harta Karun
Agus Sungkawa
Waw..menakjubkan banget air terjunnya
arief
luar biasaaa..
dephy
Air Terjun Tukad Cepung. Air terjun ini terletak di banjar Penida Kelod, Kabupaten Bangli, Bali
wildan
manatap bgdt tempatnya
agung
tq info ya
ditra nugraha
tempat yg menyehatkan