Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Lo Nyaman dan Tenang

Kolecer  yang terus menerus bersenandung ditiup semilir angin perbukitan yang berhembus di puncak bukit pun turut menghiasi telinga yang akan menjernihkan pikiran lo sejenak. Telaga yang mempesona ini tersembunyi di antara perbukitan hijau dan dikelilingi persawahan serta perkebunan milik warga. Letaknya yang jauh di pedalaman membuat objek wisata yang satu ini belum terlalu ramai untuk dikunjungi. Cocok banget buat lo yang mencari kesunyian dan ketenangan dari peliknya hiruk pikuk perkotaan, bro.

Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Lo Nyaman dan Tenang

Bogor memang terlanjur populer sebagai daerah yang memiliki ribuan destinasi wisata alam yang menakjubkan dan nggak diragukan lagi kecantikannya. Mulai dari objek wisata curug, danau, hingga pegunungan memiliki daya pikat tersendiri untuk dijejaki. Salah satunya Telaga Rawa Gede Sukamakmur yang ada di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Rute Menuju Rawa Gede Sukamakmur

Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Lo Nyaman dan Tenang

Image source: youtube.com/Sandy Herawan

Dari arah Jakarta, tempat ini bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat selama kurang lebih dua jam melalui tol Jagorawi. Lalu ambil arah Kecamatan Sukamakmur. Setelah melewati kantor kecamatan, maka lo tinggal menanjaki perbukitan sebelum sampai di telaganya. Kalau lo ingin menggunakan motor dari Jakarta, bisa melewati daerah Cibubur dan Jonggol, Kabupaten Bogor. Setelah itu masuk jalur alternatif menuju Cipanas Puncak, dan nggak lama sampai di desa Sirnajaya, Kabupaten Bogor.

Kalau lo dari arah Bogor dan menggunakan kendaraan roda empat, lo bisa memilih lewat Sentul atau Jonggol. Lalu ambil arah Kecamatan Sukamakmur. Sedangkan jika menggunakan sepeda motor, bisa melewati Kecamatan Cimahpar, melalui Sentul tepatnya Leuwi Hejo. Dari Leuwi Hejo, selanjutnya masuk Citeureup, dan ambil arah Kecamatan Sukamakmur. Dalam perjalanan, lo bakal disuguhi panorama perkotaan Bogor yang sangat indah dari atas, ataupun barisan sawah terasering yang hijau menyejukkan mata. Meski penuh rintangan, jangan khawatir bro, permukaan jalan umumnya sudah mulus alias di aspal dan beton. Lo bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah yang cukup akurat dengan memasukan kata kunci 'Situ Rawa Gede', lalu pilih Situ Rawa Gede, Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor.

Ragam Aktivitas Menarik

Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Lo Nyaman dan Tenang

Image source: youtube.com/Sandy Herawan

Sampai di pintu gerbang wisata Rawa Gede, lo akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000 per orang, dan Rp 5.000 per motor. Sejak Februari 2019, retribusi tersebut dikelola oleh BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa Sirna Jaya.

Berawal dari rawa-rawa yang kurang terawat, kini telaga ini menjadi objek wisata yang sangat fotogenik. Sebab, jika mengunjungi telaga ini, lo akan melihat jembatan kayu yang mengapung di tengah telaga yang cocok banget dijadiin spot foto yang instagramable. Jembatan kayu ini menghubungkan tepi telaga dengan daratan di tengah telaga. Berada di tengah-tengah jembatan, lo bisa menikmati pemandangan luasnya telaga dan juga perbukitan nan hijau mempesona. nggak hanya itu, di sisi danau ini terdapat curug kecil yang airnya ditampung dalam kolam renang. Lo bisa berenang ataupun sekadar berendam di curug kecil ini untuk menyegarkan tubuh. Airnya yang sangat sejuk karena langsung dari mata air pegunungan di sekitarnya, dijamin bakal bikin lo feeling good, bro!

Rumah Bagi Ribuan Ikan

Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Lo Nyaman dan Tenang

Image source: youtube.com/Sandy Herawan

Ekosistem yang sangat terjaga membuat ikan-ikan disini berkembang biak dengan pesat. Nggak heran kalau telaga ini menjadi habitat bagi ribuan ikan. Lo bisa mengarungi danau dengan kapal yang disediakan di sana, sambil memberi makan ikan-ikan yang menggemaskan. Umpan dan pakan ikan dijual mulai Rp3.000 - Rp5.000, di warung-warung warga sekitar tepian danau.

Wah bagaimana nih? Penasaran kan dengan keberadaan Rawa Gede Sukamakmur yang fotogenik ini. Langsung saja datang ke sini ya, bro!

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Penasaran jadinya nih..pengen lihat
Yuniarto ( Tato )
Bagus Juga
Landora Dwi Lestyadi
Jadi pengen kesana
dephy
Rumah Bagi Ribuan Ikan
Kristian Mustafa
Keren Spotnya.
arief
boleh nih tempatnya, makasih infonya
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
wah keren kayake
SRI YAYA ASTUTI
Telaga Rawa Gede yang Bisa Bikin Nyaman
Agung Sutrisno
Telaga Rawa Gede dari rawa-rawa yang kurang terawat, kini telaga ini menjadi objek wisata