Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Snorkeling atau diving bisa dibilang bukan olahraga yang masuk list paling atas untuk ditekuni. Tetapi, lo yang hobi menyelam wajib punya peralatan dasar-nya. Kenapa?

Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Gini bro, kalau memang setiap liburan tujuan lo untuk menyelam, peralatan basic atau dasar bisa membantu lo untuk lebih cepat nyebur ke dalam air. Alat paling dasar snorkeling itu ada mask, snorkel, sama fin. Terus kalau untuk diving, yang harus ada itu mask, snorkel, fin, sama wetsuit.

Lalu kenapa mesti punya sendiri, kan ada penyewaan? Nah jadi begini, alasan paling logisnya adalah di penyewaan itu kita nggak tahu gimana kualitas alat untuk olahraga air ini. Kedua soal ukuran, belum tentu cocok sama si pengguna. Apalagi kalau kehabisan stok. Jadi penting untuk penyuka menyelam memiliki peralatan sendiri.

Perawatan alat-alat snorkeling terbilang mudah kok. Nih tipsnya ya bro. Mari simak ulasannya.

Perawatan Mask

Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Untuk merawat atau membersihkan mask snorkeling membutuhkan odo atau pasta gigi untuk diusapkan ke kaca sampai merata. Tujuannya untuk menghilangkan sisa lapisan pelindung yang bisa menyebabkan fogging atau embun di air. Jika sudah bilas sampai bersih dengan air, ulangi langkah ini hingga 2-3 kali apabila diperlukan. 

Kemudian, lo juga bisa membersihkannya dengan sabun bayi atau sabun sunlight. Lalu bilas hingga bersih kemudian keringkan. Setelah kering, simpan di dalam box khusus mask dan jauhkan dari sinar matahari langsung dan kontak.

Perawatan Snorkel

Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Snorkel memiliki dua tipe yakni standar snorkel dan dry snorkel. Nggak ada perawatan khusus supaya snorkel awet. Yang perlu diingat adalah pipa snorkel harus segera dicuci setelah penggunaan baik dari kolam maupun laut.

Perawatan Fin atau Sepatu Katak

Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Snorkeling dan diving sama-sama memerlukan sepatu katak. Tapi untuk scuba diving nggak dibutuhkan dengan panjang blade seperti freediving, karena unsur kecepatan nggak terlalu penting. 

Fin juga memiliki dua tipa yakni full foot atau open heels. Untuk tipe full foot, nggak diperlukan sepatu tambahan, jadi tinggal langsung memasukkan kaki ke dalam foot pocket yang ada. Sedangkan untuk tipe open heels memerlukan tambahan sepatu, kemudian dikencangkan dengan strap yang ada. 

Nah, tipe fin ini juga nggak bisa asal pakai. Untuk diving di perairan yang hangat cocoknya menggunakan tipe full foot. Tetapi untuk perairan yang dingin akan lebih baik menggunakan tipe open heels karena dibantu dengan booties sebagai penghangat. Perawatannya hampir sama, setelah penggunaan dicuci bersih dengan air mengalir pakai sabun bayi atau sunlight.

Setelah itu keringkan. Jangan lupa untuk memasang kembali ganjalan footpocket untuk mencegah footpocket melengkung ke dalam maupun sobek saat tertindih barang lain.

Perawatan Wetsuit

Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving yang Perlu Lo Ingat

Umumnya di Indonesia menggunakan wetsuit dengan ketebalan 3mm. Lo harus pilih baju yang sesuai dengan tubuh lo. Untuk snorkeling sebenarnya nggak dibutuhkan wetsuit. Scuba diving memerlukan wetsuit sebagai perlindungan untuk mengurangi hilangnya panas tubuh dan dari kontak dengan makhluk laut yang nggak diinginkan.

Cara merawatnya jangan dicuci tanpa menggunakan sabun bahan kimia lainnya. Jika sudah gantung di tempat yang kering dan usahakan jauh dari sinar matahari.

Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Wajib Di Pahami nih
Landora Dwi Lestyadi
Nice info
dephy
Tips Merawat Peralatan Dasar Snorkeling atau Diving
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
arief
makasih infonya, sudah mengingatkan
Kristian Mustafa
Bermanfaat infonya.
Agung Sutrisno
Buat yg seneng di Ing, dan yg punya peralatan Mask, snorkel, fin, sama wetsuit wajib dirawat tuh alat. Spy tetap awet.
Firgiawan
Mantap nih Tipsnya
agung
tq info ya