Spot Freediving Terbaik Itu Ada di Sabang, Aceh

Bangga jadi warga negara yang punya keindahan bahari. Ya, Indonesia sebagai negara kepulauan selalu membuat takjub dengan pesona isi lautnya.

Spot Freediving Terbaik Itu Ada di Sabang, Aceh

Tercatat di Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum, Indonesia punya 17.504 pulau yang mana 16.056 pulau telah memiliki nama baku di PBB. Jadi artinya 16 ribuan pulau itu sudah memiliki nama yang diverifikasi langsung oleh PBB.

FYI guys, verifikasi nama sebuah pulau merupakan proses administrasi yang penting sebagai negara di bawah anggota PBB. Tujuannya agar antar pulau yang satu dengan yang lain memiliki nama berbeda-beda. Nah, dari jumlah 17.504 berarti masih ada 1.448 pulau yang perlu diverifikasi lagi sama PBB. Untuk Aceh sendiri, berdasarkan data per tahun 2016, ada 663 pulau. Dan, surganya itu ada di Sabang, bro! 

Diakui Pemerintah Spot Diving Terbaik di Indonesia

Spot Freediving Terbaik Itu Ada di Sabang, Aceh

Buat lo penyelam nggak afdal kalau belum menyusuri laut di Aceh, apalagi di pulau-pulau yang ada di Sabang. Kementerian Pariwisata mengakui kalau pesona laut Sabang yang terbaik di Indonesia untuk dijadikan pariwisata bahari, khususnya olahraga menyelam atau diving

Di kota paling ujung barat Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata populer Tanah Air. Pemerintah Kota sudah gencar untuk mempromosikan agar wisata bahari di Sabang ramai dikunjungi wisatawan.

Dipuji Atlet Mancanegara

Spot Freediving Terbaik Itu Ada di Sabang, Aceh

Image source: steemit.com

Spot freediving di Sabang, Aceh, dipuji diakui di skala internasional. Salah satu spot yang dipuji yakni di kawasan Teluk Balohan, Sabang, Aceh. Oh iya, buat lo yang belum tahu, freediving itu olahraga menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernapasan seperti scuba diving. Jadi, olahraga ini tergantung sama kemampuan sesorang menyelam. Bisa dibilang, freediving ini cara untuk menyatu dengan laut dan alam.

Tahun lalu, Sabang menggelar event skala dunia yakni Sabang International Freediving Championship (SIFC). Atlet dari 17 negara ikut merasakan sensasi bawah laut Indonesia, khusus di Sabang itu sendiri.

Para atlet mancanegara menjajal sendiri ‘surga’ bawah laut RI. Mereka menyelam di kedalaman 100 meter tanpa tabung oksigen. Salut dan keren!

Atlet dari Jepang, bernama Mariko Kaji menilai SIFC memiliki kelebihan tersendiri sebagai spot freediving. Dari pengakuannya, air laut di Sabang kondisinya hangat, arusnya nggak kencang, dan permukaan airnya tenang. Sehingga penyelam bisa ‘membelah’ laut dengan tenang.

Penyelam dari Meksiko, Surya Lecona, juga merasa happy bisa menyelam di perairan Sabang. Dia bisa menyelam sampai kedalaman 61 meter, gokil! Itu tanpa oksigen tadi ya, bro. Kondisi airnya yang tenang dan nyaman, membuat performanya dalam ajang SIFC maksimal.

Spot Terbaik di Sabang

Spot Freediving Terbaik Itu Ada di Sabang, Aceh

Image source: travel.detik.com

Dari ratusan pulau di Aceh, Pulau Weh menjadi salah satu spot yang terbaik. Nama titik penyelamannya adalah Arus Balee. Di spot ini penyelam bisa menemukan dua arus berbeda yang dijuluki arus channel.

Penyelam bisa menemukan biota laut seperti gurita, karang, schooling ikan, muray. Dan, kalau beruntung, lo bisa berkesempatan melihat blue spot stingray.

Spot kedua yaitu Sophie Rickmers. Lokasinya masih di Pulau Weh. Kalau di sini, ketika menyelam lo akan menemui bangkai kapal yang diprediksi sudah ada sejak era Perang Dunia II. Kapal itu bisa ditemukan kalau lo berhasil menyelam di kedalaman 50 meter sampai 70 meter. Oh iya, menyelam di spot ini nggak bisa sembarangan. Lo harus punya sertifikat menyelam dulu.

Kemudian ada juga yang namanya titik penyelaman West Seulako. Airnya jernih banget, bro! Penyelam akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menawan. Ini salah satu spot favorit para penyelam. Yang menakjubkan, kalau lo menyelam di kedalaman 14 meter, lo akan menemukan  yang namanya overhang dengan rupa menyerupai gua cantik.

 

Source: https://rencongpost.com/spot-freediving-di-sabang-dipuji-atlet-mancanegara/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

1 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Kerebn sabang menjadi spit freediving terbaik alam bawah laut nya yang mempesona