Kehabisan Makanan di Gunung? Lo Harus Tahu Begonia, Kawannya Para Survivor

Amit-amit kalau petualangan di gunung nggak berjalan mulus. Tersesat jadi hal yang kerap kali kejadian di segelintir kasus pendakian.

Kehabisan Makanan di Gunung? Lo Harus Tahu Begonia, Kawannya Para Survivor

Syukur jika stok makanan cukup sampai akhirnya bisa dievakuasi keluar dari jalur pendakian. Tapi kalau sampai kehabisan makanan itu yang bahaya.

Buat lo si hobi mendaki, pengetahuan tumbuh-tumbuhan yang bisa dikonsumsi di alam bebas sangat penting. Paling nggak, lo punya bekal ilmu soal tanaman yang bisa dimanfaatkan ketika berada di gunung. 

Dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Begonia salah satu tanaman yang bisa dikonsumsi dalam keadaan terhimpit ketika di tengah hutan. Tanaman ini dibilangnya sebagai kawan dari para survivor. Mereka yang bertahan hidup di gunung atau hutan, bahkan kehabisan makanan, kerap memanfaatkan tumbuhan ini untuk dimakan. 

Rasanya Asam dan Mengandung Banyak Air

Kehabisan Makanan di Gunung? Lo Harus Tahu Begonia, Kawannya Para Survivor

Image source: pesona.travel

Begonia adalah 'genus' dalam keluarga tanaman berbunga 'Begoniaceae'. Nama 'genus' Begonia sendiri diciptakan Charles Plumier, pelindung Perancis botani. Begonia banyak dijumpai di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dari hutan dataran rendah sampai hutan sub pegunungan. 

Orang Sunda biasa nyebut tanaman ini dengan sebutan 'hariang'. Tumbuhan ini termasuk tanaman semak dan biasanya menyukai habitat yang lembab. Cirinya tuh bisa dikenali dari bentuk daun yang asimetris, sehingga jika dilipat ukurannya nggak akan sama.

Begonia di kawasan TNGC berbentuk menjari dengan ujung daun yang meruncing, kemudian batangnya berwarna kemerahan. Buat kalangan pendaki gunung, Begonia sangat terkenal karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. 

Terus bagian mananya sih yang bisa dimakan? Nah, Begonia bisa dikonsumsi pada bagian batang. Caranya, kupas kulit batangnya lebih dulu. Hati-hati mengupasnya, jangan sampai kotor. Setelah dikupas, Begonia sudah bisa dimakan. Rasanya asam dan banyak mengandung air.

Dijadikan Obat

Kehabisan Makanan di Gunung? Lo Harus Tahu Begonia, Kawannya Para Survivor

Image source: pxhere.com

Selain bisa dikonsumsi, Begonia juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Kalau dipakai untuk obat-obatan, tumbuhan ini bisa mengatasi bisul, pusing, dan penghilang dahak. 

Bagian yang digunakan untuk diolah menjadi obat yaitu daun dan batang. Orang Sunda zaman dahulu, Begonia juga biasa digunakan untuk pengganti bumbu asam dalam membuat sayuran.

Untuk sakit tenggorokan atau penghilang dahak, lo bisa menyiapkan 15 gram umbi Begonia yang sudah dicuci dan diiris. Kemudian tambahkan air 300 cc lalu diblender. Hasilnya bukan diminum ya guys, tapi cukup dipakai untuk kumur-kumur.

Dalam proses penelitian, Begonia sedang diolah untuk menjadi tanaman obat lainnya supaya bisa menyembuhkan penyakit demam dan penyakit kelamin sipilis. Ada juga yang mengandung zat pencahar atau obat sakit perut.

Nggak hanya itu, Begonia diduga berkhasiat sebagai obat penyembuh luka baru. Daun, batang, dan bunganya mengandung saponin. Daunnya mengandung tanin, sedangkan batang dan bunganya mengandung flavonoida dan polifenol.

Sementara, ada juga Begonia fimbristipulata yang berkhasiat menurunkan panas atau demam, sebagai obat batuk, dan obat sakit pada waktu datang bulan. Jenis ini pula yang sudah diolah menjadi minuman segar berupa teh agak pahit dari China.

Kalau untuk obat datang bulan, cara penggunaannya menyiapkan 9-15 gram Begonia yang dicuci bersih dan ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan 200 cc air mendidih, airnya diminum hangat-hangat. Bro, lo nggak perlu minum ini. Khusus buat perempuan ya. Gimana? Selain tanamannya berguna banget selama di gunung, Begonia juga menyimpan banyak manfaat. Semoga bisa nambah ilmu ya, bro!

 

Source:https://ksdae.menlhk.go.id/info/5301/begonia,-kawan-para-survivor.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
info yg sangat penting disaat genting
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Begonia salah satu tanaman yang bisa dikonsumsi dalam keadaan terhimpit ketika di tengah hutan.
Agus Sungkawa
Tips bertahan hidup d gunung