Tips Merawat Sleeping Bag Supaya Awet Terus

Item yang satu ini dijamin nggak pernah terlewat untuk masuk list barang bawaan buat berpetualang. Lo yang seneng camping, sleeping bag selalu hadir bak penyelamat di kala cuaca dingin di ketinggian mulai menusuk pori-pori kulit.

Tips Merawat Sleeping Bag Supaya Awet Terus

Sepulang kampung, sleeping bag biasanya ditaruh begitu aja. Malah bisa berbulan-bulan tempat tidur portable itu mojok di gudang. Nah, buat merawatnya supaya awet terus, lo juga perlu tahu gimana cara mencucinya supaya nggak cepat rusak. Bisa sih nyuci di laundry, tapi nggak ada salahnya lo tahu cara bersihinnya secara manual.

Mencuci Sleeping Bag

Tips Merawat Sleeping Bag Supaya Awet Terus

Perawatan sleeping bag dimulai dari tahap pencuciannya dulu ya bro. Sebisa mungkin dalam proses pencuciannya lo menggunakan air hangat atau air keran. Kemudian gunakan baskom yang sekiranya cukup untuk merendam sleeping bag.

Setelahnya, biarkan sleeping bag berendam selama 20-30 menit. Pada tahap ini lo bisa mengucek-ucek menggunakan tangan secara perlahan. Kalau masih ada noda menempel sikat dengan halus. Menyikat sleeping bag terlalu kuat bisa merusak lapisan tahan air.

Jika sudah, bilas hingga sabunnya hilang. Lo bisa peras atau menekan sleeping bag untuk membuang airnya. Kemudian keringkan sleeping bag dengan cara digantung atau menggunakan hanger dan hanya diangin-anginkan saja. Catatan ya bro, jangan dijemur kena sinar matahari langsung.

Menyimpan Sleeping Bag

Tips Merawat Sleeping Bag Supaya Awet Terus

Langkah ini penting nih karena sleeping bag berguna banget buat lo yang kerap berlibur meninggalkan rumah. Supaya sleeping bag awet, simpanlah dengan menggunakan kantung sleeping bag bawaannya.

Lebih bagus lagi kalau cara menghamparkannya atau dimasukkan ke dalam kantung yang lebih besar agar nggak terkompresi atau tertekan saat penyimpanan.

Nah, kalau lo jarang bepergian atau hanya sesekali saja membawa sleeping bag, lo bisa taruh di penyimpanan dalam jangka waktu yang lama. Lo bisa menghamparkan yang lebih besar atau digantung di dalam lemari menggunakan hanger atau loop pada kaki sleeping bag agar nggak terkompresi atau tertekan pada saat penyimpanan. Sehingga material sleeping bagi pada bagian dalam lebih awet. Kalau sudah siap digunakan, jangan lupa beli juga pengharum dan antijamur ya.

Cara Melipat

Tips Merawat Sleeping Bag Supaya Awet Terus

Image source: warmlite.com

Sleeping bag umumnya berbahan cukup tebal, tetapi untuk menghemat tempat di tas, benda ini harus dilipat sekecil mungkin. Gimana caranya ya? Tenang bro, kelebihan item ini tuh, meskipun materialnya tebal, tetapi dengan sedikit tekanan, benda ini bisa menjadi jauh lebih kecil saat dilipat.

Coba deh manfaatin tongkat ramping dan panjang untuk memulai menggulung sleeping bag. Dan, sleeping bag itu pun dapat terlipat dengan sempurna. Ukurannya bisa lebih kecil dan rapi daripada nggak menggunakan tongkat. Saat menggulung, tekan sleeping bag dengan lutut lo. Setelah sleeping bag terlipat, lo bisa melepas tongkat tersebut. 

Siapa Pelopornya?

Pelopor pertama kantong tidur modern ini yakni seorang pengusaha Newtown, Montgomeryshire, bernama Pryce-Jones. Sleeping bag ini diekspor ke seluruh dunia pada akhir abad ke-19. Dokumen menunjukkan dia menjual 60.000 sleeping bag kepada tentara Rusia dan tentara Inggris juga membelinya. Ada juga catatan tentang penggunaan sipil, di antara para misionaris di Afrika dan perintis di pedalaman Australia.

 

Source: https://kamini.id/cara-mencuci-sleeping-bag/
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Supaya sleeping bag awet, simpan dengan menggunakan kantung sleeping bag bawaannya.
arief
biasanya gw cuma naro di tas doang klo habis pake jarang gw keluarin or bersihin hehe
agung
tq info ya