Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Mendapat sepatu gunung yang cocok dan berkualitas rasanya perlu pengorbanan merogoh kocek yang dalam untuk membeli sepatu gunung. Belum lagi segala kenangan yang melekat di telapak sepatu, mungkin tak terkira berapa harganya. Maka sudah menjadi keharusan untuk merawat sepatu gunung tersebut dengan penuh perhatian.

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Berpetualang di alam bebas, mendaki gunung khususnya, otomatis lo memerlukan sepatu sebagai alas kaki yang aman, nyaman dan berkualitas. Untuk menjaga kualitas sepatu gunung andalan lo, pastinya lo membutuhkan perhatian khusus dalam segi perawatan. Berikut beberapa tips yang wajib lo perhatikan saat mencuci sepatu gunung andalan lo.

Gunakan Alat Pembersih yang Tepat

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Pada umumnya, sepatu gunung terbagi atas beberapa bagian, yaitu bagian atas luar, bagian dalam, dan bagian bawah (sol). Masing-masing bagian ini memerlukan alat pembersih yang berbeda. Yap, untuk membersihkan sepatu gunung bagian atas luar, lo bisa menggunakan lap basah atau sikat lembut lalu diusapkan dengan perlahan dan sedikit tekanan. Lakukan berulang, sampai sepatu gunung lo bersih. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga lapisan tersebut agar tidak rusak ataupun terkelupas kulitnya saat pencucian.

Untuk bagian dalam sepatu, lo harus melepaskan terlebih dahulu insole sepatu, lalu gunakan sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalam tersebut. Kemudian untuk insole sepatu bisa lo bersihkan dengan sikat halus atau lap basah basah.

Untuk bagian bawah sepatu, lo bisa menggunakan sikat yang lebih kasar untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Usahakan membersihkan terlebih dahulu menggunakan menggunakan lidi atau tusuk gigi pada sela-sela grip tersebut agar kotoran pada sela sepatu terangkat dan lebih mudah saat menyikat.

Bahan Pembersih

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Image source: oakstore.co.id

Direkomendasikan untuk mencuci sepatu gunung untuk menggunakan air bersih tanpa campuran sabun. Jika ingin menambahkan wangi-wangian, lo bisa menggunakan jenis mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0), seperti sabun khusus bayi. Jangan pernah menggunakan deterjen dalam membersihkan sepatu gunung, karena akan cepat merusak material sepatu gunung andalan lo

Namun, dalam membersihkan sepatu gunung waterproof, maka akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan air bersih saja untuk menjaga lapisan waterproof tersebut. Banyak yang mengatakan, penggunaan sabun dapat melunturkan semacam lapisan tipis yang membantu menghalau air yang akan meresap ke bagian dalam sepatu.

Cara Pengeringan

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Pengeringan yang baik dan direkomendasikan yaitu dengan cara tidak terpapar teriknya sinar matahari langsung, karena akan membuat lapisan luar kulit mudah rusak dan memudarnya warna asli dari sepatu andalan lo. Untuk menyiasatinya, lo bisa menjemur sepatu gunung di luar teras yang teduh dan terkena angin luar ruangan.

Perawatan Sebelum Disimpan

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Bahan sepatu gunung biasanya terbuat dari dua jenis, yaitu kulit dan kanvas yang bersifat waterproof, atau gabungan dari keduanya. Cara perawatan sebelum penyimpanan terhadap sepatu berbahan kulit adalah dengan cara menyemir sepatu sebelum sepatu mendekati kering, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembaban agar kulit tidak terlalu kering.

Pada sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan semprotan khusus waterproof, agar lapisan waterproof kuat dan tahan lama.

Cara Penyimpanan

Sepatu Gunung Juga Butuh Perhatian, Bro. Bersihkan Dengan Cara Yang Tepat Yuk!

Image source: Bukalapak

Setelah semua tahap dilakukan sehingga sepatu gunung lo bersih dan kering, isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu andalan lo untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap berisi seperti semula. Gunakan kertas polos, dan hindari menggunakan kertas koran untuk menghindari tempelan atau lunturan tinta koran. Selanjutnya, masukkan ke dalam kardus kering yang diberi beberapa silica gel untuk menghindari jamur. Simpan kardus tersebut di dalam tempat yang kering. Bagaimana tips-tips di atas? Semoga berguna untuk mengembalikan kecerahan sepatu andalan lo ya, bro. Selamat mencoba!

 

Referensi : https://kumparan.com/kumparantravel/tips-merawat-sepatu-gunung-agar-berumur-panjang-1546508225613232816 
 https://phinemo.com/tips-merawat-dan-mencuci-sepatu-gunung/
https://gunung.id/cara-membersihkan-dan-merawat-sepatu-gunung-waterproof/
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Berpetualang di alam bebas, mendaki gunung khususnya, otomatis lo memerlukan sepatu sebagai alas kaki yang aman, nyaman dan berkualitas
Agung Sutrisno
Untuk menjaga kualitas sepatu gunung andalan pastinya kita membutuhkan perhatian khusus dalam segi perawatan.
arief
ah jadi malu, selama ini cuma pake doang gk bisa merawatnya
ditra nugraha
ribet juga ngrawatnya
ditra nugraha
thanks infonya
agung
tq info ya