Spot Surfing di Lombok yang Bisa untuk Menguji Skill Lo!

Ombak besar memang menjadi mimpi atau idaman bagi para pemain papan seluncur, karena adrenalin beserta dengan kemampuan lo akan sangat tertantang dengan ombak yang extreme ini. Tak heran apabila jenis olahraga ini termasuk ekstrem, karena memang bukan hanya sekedar peralatan yang mahal saja, keberanian untuk menaklukan segala rintangan juga menjadi faktor penting lainnya.

Spot Surfing di Lombok yang Bisa untuk Menguji Skill Lo!

Untuk lo yang baru ingin menjajal olahraga air yang satu ini, sebaiknya urungkan niat untuk menantang ombak besar dan cukup extreme tersebut. Selain membahayakan keselamatan dan nyawa, latihan yang konsisten pun sangat diperlukan sebelum menantang ombak yang ganas. Nah, di pulau Lombok, ada beberapa tempat yang saling berdekatan dengan karakteristik ombak yang cocok untuk pemula hingga level profesional, bro! Berikut tempat-tempatnya.

Pantai Selong Belanak

Spot Surfing di Lombok yang Bisa untuk Menguji Skill Lo!

Ombak yang bergulung-gulung dengan gemasnya dan pantai pasir putih yang super halus menjadikan pantai ini populer ke penjuru dunia. Yap, pengunjung di pantai ini bukan hanya dari wisatawan domestik, melainkan juga wisatawan Mancanegara. Mereka yang kesini biasanya untuk sekedar menikmati pantainya yang indah atau mencoba olahraga seluncur air dengan ombaknya yang sangat bersahabat.

Pantai Selong Belanak berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang berjarak 49 kilometer dari ibukota Pemprov NTB, Kota Mataram.

Di pantai ini lo bisa mencoba belajar olahraga surfing dari tingkatan pemula, bro. Disana banyak warga sekitar yang menyewakan papan surfing sekaligus pelatih yang berpengalaman untuk mengajari beberapa teknik penting dalam olahraga surfing. Biasanya tahap pemula akan diajarkan teknik mendayung menggunakan lengan sambil telungkup di papan surfing.

Setelah mahir dan cukup menguasai, lo bisa perlahan-lahan berdiri sambil mengatur keseimbangan saat ada gelombang yang datang. Di tahap ini, lo dituntut untuk nggak mudah menyerah, bro. Lakukan berulang-ulang sampai keseimbangan lo di atas papan surfing terasa sangat terjaga hingga lo bisa berselancar ria di ombak yang bergulung-gulung. Pada awal mencoba surfing, ketinggian ombak yang direkomendasikan antara 1 sampai 2 meter.

Pantai Mawi

Spot Surfing di Lombok yang Bisa untuk Menguji Skill Lo!

Sudah yakin dengan kemampuan dasar lo, ini saatnya untuk mencoba ombak yang lebih ganas, bro. Yap, nggak jauh dari Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi. Kalau lo ingin benar-benar menguji keterampilan berselancar, direkomendasikan untuk datang ke pantai ini sekitar bulan Mei hingga Oktober. Karena pada periode tersebut cuaca dan ombak di Pantai Mawi sedang dalam periode terbaiknya. Nggak hanya para peselancar lokal yang menjajal adrenalin ombak Pantai Mawi, peselancar asing yang hobi bermain dengan papan seluncur mereka pun turut menjajal kemampuan mereka di pantai ini. Pantai Mawi pada periode terbaiknya memiliki ketinggian gelombang ombak antara 2 sampai 3 meter bahkan bisa sampai 4 meter, bro!

Pantai Bangko-Bangko

Spot Surfing di Lombok yang Bisa untuk Menguji Skill Lo!

Pantai ini menjadi salah satu spot surfing terfavorit di pulau Lombok dan cukup populer di telinga peselancar lokal maupun mancanegara karena tipe ombak yang nggak mudah pecah hingga tepian. Gulungan ombaknya yang cukup dalam, serta tingginya ombak menjadikan tempat ini sebagai sebagai salah satu dari sepuluh spot surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association.

Pantai ini juga terkenal sebagai 'Desert Point' di kalangan para peselancar atas pamornya sebagai pantai indah dengan ombak menawan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Desert Point ini sekitar bulan Mei hingga Oktober. Dimana pada bulan-bulan tersebut terjadi pasang surut gelombang cukup berongga yang mampu melontarkan lidah gulungan ombak hingga 300 meter panjangnya dengan ketinggian ombak berkisar hingga lebih dari lima meter sehingga membuat para peselancar profesional tertantang ingin menaklukkannya. Punggung dan tangan yang lecet berdarah akibat terhempas di karang oleh ombak ganas malah menjadi simbol keberanian dan kenang-kenangan dari pantai ini bagi para peselancar.

Bagaimana tempat-tempat surfing tadi, bro? Menantang banget kan? Tetap semangat dan utamakan keamanan serta keselamatan saat berolahraga air yang satu ini ya, bro!

 

Referensi : https://wisatalombokaja.blogspot.com/2015/10/selancar-di-pantai-mawi-lombok-tengah.html
https://lelungan.net/wisata/lombok-tengah/pantai-mawi 
https://gerbanglombok.co.id/2018/05/22/pantai-bangko-bangko-lombok/
https://pesona.travel/keajaiban/3206/pantai-selong-belanak-permata-cantik-di-lombok-tengah 
https://firstlomboktour.com/wisata-pantai/berwisata-selancar-di-pantai-bangko-bangko-lombok
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Bagus ni pantainya
Yuniarto ( Tato )
Penuh tantangan
Masni
Penuh tantangan
Agung Sutrisno
Keberanian untuk menaklukan segala rintangan juga menjadi faktor penting dlam olah raga surfing, tempat diatas sangat menantang untuk ditaklukkan