Kehangatan Kampung Adat Segunung yang Bikin Hati Lo Tenang

Selain Suku Baduy, kini lo bisa menikmati petualangan di lubuk pedesaan lengkap dengan adat istiadat warisan leluhurnya di Kampung Adat Segunung, Wonosalam, Jombang, Jawa timur. Ketika berkunjung ke Kampung Adat Segunung, lo bisa mengamati warga setempat masih menjalankan aturan dan tradisi adat istiadat yang diwariskan nenek moyang mereka ratusan tahun silam.

Kehangatan Kampung Adat Segunung yang Bikin Hati Lo Tenang

Selain sambutan hangat dari kuliner dan kopi robusta yang menjadi ciri khasnya, para wisatawan yang datang kesana juga akan disambut kehangatan masyarakat lokal lengkap dengan busana adat khas Jawa yang tentu saja akan menghangatkan suasana pegunungan yang sejuk.

Kuliner Khas Pedesaan Adat Segunung

Kehangatan Kampung Adat Segunung yang Bikin Hati Lo Tenang

Image source: instagram.com/kampung_adat_segunung

Kampung Adat Segunung, menawarkan kuliner khas pedesaan, seperti nasi ampok yaitu hidangan berupa nasi beras bercampur pecahan biji jagung, serta nasi bercampur ketela atau nasi tiwul. Untuk hidangan berupa sayur-sayuran, para wisatawan bisa mendapatkan menu sayur dari pohon talas, rebung, dan berbagai sayuran yang tersedia di lingkungan sekitar hasil kekayaan alam Adat Segunung.

Tak hanya itu, koki yang memasak berbagai macam hidangan tersebut pun warga lokal yang sudah berpengalaman membuat berbagai macam kuliner khas Adat Segunung. Mereka pun bisa membuat berbagai macam hidangan lainnya di sesuaikan dengan selera para pengunjung.

Kopi Robusta Khas Adat Segunung

Kehangatan Kampung Adat Segunung yang Bikin Hati Lo Tenang

Image source: instagram.com/kampung_adat_segunung

Selain hidangan khas Kampung Adat Segunung yang nikmat, lo juga bisa menikmati hidangan kopi robusta khas Kampung Adat Segunung di tempat khusus yang diberi nama 'Omah Kopi'. Tempat ini sengaja disiapkan pihak pengelola Kampung Adat Segunung untuk para pengunjung yang ingin menikmati kopi robusta Kampung Adat Segunung yang mempunyai aroma kopi yang kental dan rasanya yang sangat khas. Selain itu, lo juga bisa menikmati berbagai jenis kopi lainnya dengan beberapa alternatif penyajian sesuai selera, bro.

Mayoritas penduduk di Desa ini berprofesi sebagai petani perkebunan dengan produksi utama berupa kopi robusta. Selain menjadi petani kebun, sebagian penduduk di sini juga berprofesi sebagai peternak. Di Kampung Adat Segunung ini, setiap penduduk adalah guide yang menyambut sekaligus melayani para wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

Sensasi Menginap di Rumah Penduduk

Untuk menjamu kunjungan para wisatawan, gazebo berbahan kayu sudah disiapkan di beberapa halaman rumah warga. Adapun sebagai menu jamuan utama untuk para pengunjung yaitu suguhan kopi robusta atau minuman lain yang bahan dasarnya berasal dari perkampungan itu.

Kampung Adat Segunung di Wonosalam, Kabupaten Jombang, juga menyediakan tempat menginap bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana tinggal di pedesaan di lereng gunung. Saat ini, terdapat kurang lebih sekitar 18 kamar yang siap dihuni untuk tempat menginap. Belasan kamar itu tersebar di sejumlah rumah penduduk Desa Segunung. Tempat wisata ini juga berdekatan dengan beberapa destinasi wisata alam yang ada di Desa Carangwulung, maupun di desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Wonosalam. Seperti wisata Grojogan Selo Gonggo, wisata air Banyu Mili, serta Kampung Tirta dan wisata alam Bukit Pinus.

So, itu dia informasi terkait Kampung Adat Segunung di Jombang, Jawa Timur, bro. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya buat lo yang hendak berkunjung ke sana untuk pertama kali. Jangan lupa untuk selalu menjaga sikap toleransi dan tetap semangat mengeksplor Indonesia. Selamat berlibur, bro!

 

Referensi : https://travel.tribunnews.com/2020/03/13/kampung-adat-segunung-destinasi-untuk-nikmati-suasana-pedesaan-di-jombang
https://kabarjatim.com/warga-kampung-adat-segunung-gelar-acara-ngopi-gratis-2020-cangkir
https://kabarjatim.com/tag/kampung-adat-segunung/
https://faktualnews.co/2020/03/07/wow-warga-kampung-adat-segunung-jombang-gelar-ngopi-gratis-2020-cangkir/198887/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Rio Fernandez Tamba
Baru tau ada ini yahh
arief
Cocok buat yg pengin nikmatin suasana yg adem nyaman pedesaan, keren ifonya
Agung Sutrisno
warga setempat masih menjalankan aturan dan tradisi adat istiadat yang diwariskan nenek moyang mereka ratusan tahun silam, Luar biasa di jaman modernisasi sperti ini masih ada yg masih memegang tradisi nenek moyang. jempol.
Cecep Jajang
Wah,pengen banget kesana