Ingin Coba Surfing? Ini Peralatan Utama yang Harus Lo Kuasai!

Surfing atau berselancar populer di mata masyarakat luas sebagai olahraga extreme yang dapat membuat detak jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Di Indonesia, olahraga air ini telah berkembang pesat karena didukung dengan ketersediaan spot-spot surfing yang begitu indah dan beragam.

Ingin Coba Surfing? Ini Peralatan Utama yang Harus Lo Kuasai!

Sebagai salah satu olahraga extreme yang memacu adrenalin, surfing butuh persiapan khusus dan berbagai macam peralatan, bro. Jika lo ingin mencoba pertama kali olahraga air yang satu ini, sebaiknya ketahui beberapa jenis perlengkapan utama surfing berikut ini.

1. Papan Selancar (Board)

Ingin Coba Surfing? Ini Peralatan Utama yang Harus Lo Kuasai!

Alat ini merupakan nyawa dan pemeran utama dalam olahraga surfing. Tapi ternyata papan selancar terdiri dari beberapa tipe lho, bro. Ada tiga jenis papan selancar yang umum dikenal dan masing-masing memiliki besar, lebar, dan tinggi yang berbeda. Dari ketiga tipe papan selancar tersebut hanya dua yang cocok digunakan untuk peselancar dengan tingkatan pemula.

Untuk para pemula sebaiknya menggunakan papan yang berukuran lebih tinggi dari ukuran badan karena papan surfing yang berukuran besar akan memudahkan para peselancar pemula untuk melakukan teknik paddling atau mengayuh di antara ganasnya ombak lautan lepas.

Ukuran papan selancar untuk pemula harus memiliki panjang sekitar tujuh kaki dengan lebar 19 - 21 inci atau sekitar 48cm hingga 54 cm dan memiliki ketebalan 2 hingga 3 inci atau 5 cm hingga 8 cm. Kalau lo baru ingin mencoba dan belum mempunyai papan selancar, lo bisa menyewa di tempat-tempat yang biasanya menyediakan perlengkapan selancar.

2. Leash (Tali di Kaki)

Ingin Coba Surfing? Ini Peralatan Utama yang Harus Lo Kuasai!

Kalau lo sudah sering melihat tutorial atau atraksi hebat para peselancar, pasti nggak asing lagi dengan tali yang biasa menempel pada kaki para peselancar dengan papan surfing. Yap, tali yang menghubungkan kaki peselancar dengan papan selancarnya adalah leash. Tali ini pada dasarnya harus melingkar pada salah satu pergelangan kaki, karena disitulah salah satu komponen penting sebagai pengaman yang bisa menyelamatkan hidup para peselancar saat bermain surfing. Jangan sekali-kali bermain surfing tanpa melingkarkan tali tersebut pada pergelangan kaki, apalagi jika bermain di ombak yang ganas. Leash akan melindungi kita agar tidak terpisah terlalu jauh atau tenggelam ketika kontak dengan ombak atau gagal take off.

Tali ini umumnya memiliki panjang yang sama dengan panjang papan selancar. Hindari tali yang terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek karena bukannya jadi penyelamat malah akan membawa marabahaya.

Untuk papan tipe surfing panjang, usahakan jangan memakai tali pendek dan dianjurkan untuk memakai ukuran 8 inch atau 9 inch atau 22 cm ke atas sehingga lo bisa bergaya sambil berselancar. Sementara untuk shortboard disarankan untuk menggunakan leash ukuran 5 inci sampai 6 inci atau sekitar 12 cm hingga 15 cm.

3. Fins (Sirip)

Ingin Coba Surfing? Ini Peralatan Utama yang Harus Lo Kuasai!

Fins atau sirip papan selancar berguna untuk mengatur laju dan arah papan selancar. Ada berbagai macam jenis fins yang bisa digunakan. Lo bisa menyesuaikan berbagai macam tipe fins untuk dicocokan dengan tipe dan karakter ombak yang ingin dijajal.

Jika lo sudah mahir atau setidaknya sudah menguasai beberapa teknik-teknik dasar berselancar, lo busa bereksperimen dengan menggunakan berbagai fins di setiap sesi latihan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil dan kenyamanan saat berselancar, bro.

Wah bagaimana nih bro? Dari alat-alat surfing di atas, mana yang sudah lu punya? Jika budget belum cukup untuk membeli alat-alat di atas, lo bisa menyewa di galeri-galeri surfing kok, bro. Tetap semangat dan jangan menyerah!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/perlengkapan-surfing-109611
https://www.ripcurl.asia/id/mens/equipment/surf-hardware.html?r=list&c=510d2a37-5aa5-4d52-9e2f-e1f08cbdb26c&sort=8&p=2&s=12
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
mau belajar adalah kunci menjadi bisa
Yumna Aditya Prakoso
nice gan
Yuniarto ( Tato )
Wajib tau nih
Muhammad arifudin
Pengen sih
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat buat yg mau blajaar surfing
ditra nugraha
gak suka surfing hee
Ricko Pratama Putra
Gilee Serunyaaaa
Agung Sutrisno
Surfing atau berselancar adalah olahraga extreme yang dapat membuat detak jantung berdegup lebih kencang dari biasanya alias senam jantung
Yuniarto ( Tato )
Harus dan wajib bisa