Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Olahraga yang satu ini memang punya keistimewaan tersendiri. Selain menyehatkan, olahraga ini dapat dilakukan di tengah pantai-pantai yang mempesona dan memanjakan mata. Belum lagi keindahan alam bawah laut ditambah ombak ganas yang memacu adrenalin, sungguh olahraga extreme yang sangat spesial.

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Tak bisa dipungkiri di Indonesia, olahraga extreme memang belum banyak diminati. Tetapi pegiat berbagai olahraga yang menantang adrenalin tersebut tidak patah semangat dan terus berlatih bersama teman-teman di komunitas. Olahraga surfing salah satunya.

Beberapa masyarakat pecinta olahraga surfing, masih giat berlatih, menaklukkan ombak dengan berselancar di atasnya. Untuk dapat berselancar dengan apik, tentunya ada beberapa peralatan pendukung selain papan surfing, leash dan fins. Berikut perlengkapan pendukung untuk bermain surfing.

Rash Guard

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Rash yang berarti ruam dan guard yang berarti pelindung. Sesuai dengan namanya, rash guard berfungsi untuk melindungi kulit dari ruam, gatal-gatal, atau benjol akibat dari permainan olahraga air, yaitu surfing. Pakaian khusus surfing ini umumnya terbuat dari bahan spandex yang sangat fleksibel dan tidak menyerap air.

Mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya pakaian khusus surfing ini sangat berpengaruh terhadap permainan surfing lo, bro. Yap, dengan menggunakan rash guard otomatis lo akan menjadi lebih nyaman saat berselancar di tengah derasnya ombak lautan lepas. Kaos surfing ini juga akan melindungi kulit dari bahaya UV paparan sinar matahari.

Boardshort

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Image source: mauirippers.com

Sama halnya dengan rash guard atau kaos surfing, boardshort atau celana pendek khusus surfing ini jadi perlengkapan yang sebaiknya digunakan ketika bermain olahraga extreme ini. Boardshort biasanya didesain dengan motif yang kekinian. Selain itu, bahannya sangat ringan dan mudah kering sehingga nyaman saat digunakan berselancar.

Bahannya boardshort biasanya terbuat dari sejenis karet dan sangat fleksibel. Di Indonesia sendiri, kebanyakan peselancar lebih memilih mengenakan celana surfing dengan model street karena lebih nyaman dipakai dan membuat peselancar mudah bergerak.

Wax

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Image source: shakabay.com

Agar tidak terpeleset saat berselancar di atas papan surfing, maka lo membutuhkan wax. Wax adalah alat yang terbuat dari bahan sejenis lilin yang digunakan pada surfboard sebelum beraksi di tengah liarnya ombak lautan bebas.

Ada beberapa orang yang merasa sayang jika surfboard baru mereka diaplikasikan wax. Kenapa? karena wax dapat membuat surfboard seolah terlihat tidak bersih. Tapi jika saat surfing dan surfboard tidak digosok wax makan akan terasa sangat licin.

Wax Comb

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Image source: wavehousebali.com

Sesuai namanya, sisir ini biasa digunakan untuk meratakan kembali wax dan membuat wax lebih lama terangkat sehingga permukaan bisa menjadi kasar lebih lama. Alat ini sangat berguna bila kamu pergi berselancar tapi lupa membawa wax.

Fins Key

Perlengkapan Pendukung Surfing yang Bikin Lo Makin Nyaman

Perlengkapan ini diperlukan untuk membuka fins atau sirip. Benda ini tak boleh sampai tertinggal, terutama saat kamu melakukan perjalanan jauh untuk berburu ombak yang ganas. Untuk mengetahui cara pemakaiannya, kamu bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang bekerja di toko-toko surfing atau di komunitas surfing setempat. Biasanya mereka akan memberikan pilihan fins key yang cocok dengan tipe fin yang kamu inginkan.

Wah bagaimana nih bro? Dari peralatan pendukung surfing di atas, mana yang lo sudah punya? Jangan keluar rumah dulu ya, bro. Tunggu sampai kondisi kesehatan di Dunia mulai membaik dan lo bisa menjajal ombak yang menantang dengan papan surfing andalan lo. Tetap semangat dan jangan menyerah!

 

Referensi : https://blogs.itb.ac.id/olahraga/2017/08/15/peralatan-surfing-berikut-ini-wajib-dimiliki-oleh-anda-yang-hobi-berselancar/
https://review.bukalapak.com/travel/tips-berselancar-untuk-pemula-109610
Gear Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Rio Fernandez Tamba
Thanks infonya super
Hilman rusdiyanto
Infobagus
Muhammad arifudin
Olahraga air
dephy
BERTEMAN DENGAN OMBAK
Cecep Jajang
Olahraga air memang menantang
Yuniarto ( Tato )
Macam2 ya
Agung Sutrisno
Bisa menjajal ombak yang menantang dengan papan surfing