Cara Memilih Headlamp untuk Kegiatan Outdoor, Pilih yang Tepat Ya Bro!

Kalau kemarin sudah ngebahas soal pisau, sekarang mari kita ngomongin headlamp atau senter kepala yang sama-sama penting untuk dibawa ke kegiatan outdoor. Item ini wajib dibawa karena kepraktisannya.

Cara Memilih Headlamp untuk Kegiatan Outdoor, Pilih yang Tepat Ya Bro!

Kalau dibandingkan dengan senter biasa, headlamp justru lebih memudahkan mobilitas dalam petualangan. Karena kedua tangan kita bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Misalnya untuk memegang trackpole, kompas, atau pisau.

Nah, untuk mempermudah perjalanan agenda outdoor, pastiin dulu lo sudah pilih headlamp yang tepat dengan daya maksimal untuk penerangan. Selain itu, yang harus diperhatikan juga soal ukurannya, jangan sampai terlalu besar. 

Terus juga harus ringan dan yang pasti harganya terjangkau. Pokoknya, harus minimalis dan nggak boros tempat kalau disimpan di dalam tas. Atau, yang paling baik sih headlamp itu bisa muat ke saku celana lo. Simak ulasannya bro!

Headlamp Balok

Cara Memilih Headlamp untuk Kegiatan Outdoor, Pilih yang Tepat Ya Bro!

Headlamp balok itu ada dua macam. Pertama tipe wide atau pipih persis seperti balok, persegi panjang. Kemudian tipe bulat dengan satu titik fokus penyinaran.

Nah, untuk jenis headlamp tipe wide ini berguna untuk kegiatan umum petualangan, bisa juga dipakai buat membaca atau penerangan ketika perbaiki alat yang rusak. Lampu tipe ini biasanya nggak memancarkan cahaya jarak jauh. Dan hanya satu titik fokus cahaya.

Kemudian untuk tipe bulat tadi, dia bisa memancarkan sinar jarak jauh. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah pilihan yang lebih baik untuk menavigasi jejak dalam gelap.

Headlamp Lumens

Lumens adalah satuan ukuran yang mengukur jumlah total cahaya yang dipancarkan ke segala arah oleh sumber cahaya. Biasanya, lampu dengan jumlah lumens tinggi akan mengonsumsi energi pada tingkat yang lebih tinggi daripada lampu dengan jumlah lumens lebih rendah.

Jadi, semakin tinggi lumens kemungkinan semakin terang cahayanya. Seberapa baik pembuat headlamp memfokuskan dan mengarahkan cahaya itu dapat memengaruhi bagaimana lumens tersebut digunakan.

Headlamp Beam Distance

Senter ini diuji untuk menentukan seberapa jauh (dalam meter) mereka dapat memproyeksikan cahaya yang bisa digunakan. Pada umumnya, senter kepala ini bisa memancarkan cahaya sampai 80 meter.

Headlamp Run Time

Headlamp ini menarik karena durasi pencahayaannya berdasarkan waktu perjalanan. Misalnya, headlamp 350 lumen tertentu mungkin memiliki jangka waktu 40 jam. Di bawah standar, bagaimanapun, waktu menjalankan headlamp yang sama dapat diukur hanya dalam 2 jam.

Headlamp Berat

Sebagian besar senter kepala, termasuk baterai, beratnya kurang dari 7 ons dan memiliki ukuran yang sama. Beberapa di antaranya memiliki pengikat atas dan paket baterai eksternal yang menambah jumlah berat. Model semacam itu dimaksudkan untuk kebutuhan spesifik misalnya untuk pendakian gunung, daripada dipakai untuk petualangan rutin.

Headlamp Berdasarkan Tingkat Kecerahan

Kebanyakan senter kepala menawarkan lampu-lampu yang pencahayaannya bisa diatur dari tinggi dan rendah. Mode strobo salah satunya. Mode ini berfungsi sebagai lampu darurat. Beberapa model bahkan menawarkan pilihan kecepatan flash atau kedip cahaya lambat dan cepat.

Lalu ada juga pencahayaan rendah. Ini merupakan mode standar yang digunakan untuk sebagian besar traveler sepanjang trek mudah di malam hari. Kemudian pencahayaan sedang disediakan pada beberapa model hanya sebagai pilihan.

Lalu pencahayaan tinggi menjadi opsi yang baik untuk situasi di mana lo berhadapan dengan tempat yang lebih butuh banyak cahaya. Terus ada lagi Boost atau Zoom. Fitur ini memungkinkan sinar ekstra-kuat diproyeksikan untuk jangka waktu singkat, mungkin 10-20 detik.

 

Source: https://www.rei.com/blog/hike/how-to-choose-headlamps
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Rio Fernandez Tamba
Mantab infonya
Hilman rusdiyanto
Infobbagus
SRI YAYA ASTUTI
Kalau dibandingkan dengan senter biasa, headlamp justru lebih memudahkan mobilitas dalam petualangan
Resatya Oktafitullah SAV
Mantapsss
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
sangat membantu dalam melakukan sesuatu dimalam hari.
Agung Sutrisno
Pilihlah headlamp yang tepat dengan daya maksimal untuk penerangan. Selain itu, yang harus diperhatikan juga soal ukurannya, jangan sampai terlalu besar.
ditra nugraha
nice info
agung
tq info ya
Adam Gilang Fadhillah
Sangat bermanfaat, terimakasih